Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Kelas IV SDN 005 Samarinda Ulu

  • Dinawaty Samosir Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Erika Dea Fitria Rahayu Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Akhmad Akhmad Pendidikan Biologi, Universitas Mulawarman
  • Sri Supriatin SDN 005 Samarinda Ulu
Keywords: Analisis, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar IPAS di SD 005 Samarinda Ulu. Pendekatan penelitian kualitatif digunakan untuk memahami kompleksitas dan kedalaman pengalaman siswa dalam konteks pembelajaran. Metode pengumpulan data diambil dengan menyebar angket dengan 30 item pernyataan disertai dengan wawancara mendalam kepada siswa. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 29 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang signifikan dalam memengaruhi motivasi belajar siswa. Faktor-faktor tersebut mencakup aspek-aspek seperti relevansi materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa, metode pengajaran yang digunakan, dukungan keluarga, persepsi siswa terhadap kemampuan mereka, dan lingkungan sosial di sekolah. Temuan penelitian juga menyoroti perbedaan individu dalam cara siswa merespons faktor-faktor ini, menunjukkan kompleksitas dinamika motivasi belajar. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang berbagai faktor yang perlu diperhatikan oleh pendidik, orang tua, dan pengambil kebijakan pendidikan dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Implikasi praktis dari penelitian ini dapat digunakan untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan mendukung perkembangan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 005 Samarinda Ulu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djaali. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksar
Dimyati, Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineke Cipta
Firdaus, Daud. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol j19. No 2
Gan, Yongtao., & Sude Bilige. (2019). Parental Involvement in Home-Based Education and Children's Academic Achievement in China. Social Behavior and Personality: An International Journal 47,12.
Sari, R. P., Boleng, D. T., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Perkembangan Moral Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 3, pp. 75-81).
Selfia S. Rumbewas, Beatus M. Laka, Naftali Meokbun. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Saribi, 2(2), 201-212.
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Promosi Vol 3, No. 1. 73-82
Sifra, S., & Wijaya. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Ekstrinsik terhadap Hasil Belajar Psikomotorik pada Mata Pelajaran Agama Kristen Kelas V di SD Zion Makasar. Jurnal Jaffray Vol. 15. No.2
Uno, Hamzah. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Zarwan, F. U., Rosmawati, F. U., & Arsil, F. U. (2018). Motivasi Siswa Dalam Aktivitas Pengemangan Diri Bidang Kepramukaan di Gugus Depan SDN 22 Ulak Karang Utara Kota Padang. Jurnal MensSana,3(1), 1-9.
Published
2023-12-30
How to Cite
Samosir, D., Dea Fitria Rahayu, E., Akhmad, A., & Supriatin, S. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Kelas IV SDN 005 Samarinda Ulu. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 97-101. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3064
Section
Articles