Analisis Tingkat Keterampilan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik

  • Deby Uli Christmarry Sijabat Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Indah Angela Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Noviana Sari Simammora Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Mariatul Qibtiyah Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Rury Muslifar Pendidikan Bimbingan Konseling, Universitas Mulawarman
Keywords: Analisis, Komunikasi Interpersonal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara umum keterampilan komunikasi interpersonal belajar peserta didik. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-C SMA Negeri 2 Samarinda yang berjumlah 28 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat komunikasi  interpersonal peserta didik dengan persentase sebesar 42,9% masuk dalam kategori sedang, aspek sikap mendukung sebesar 42,9% masuk dalam kategori sedang, aspek sikap positif sebesar 39,3% masuk dalam kategori sedang dan aspek kesetaraan sebesar 50,0% masuk dalam kategori sedang. Oleh karena itu, tingkat komunikasi interpersonal pada peserta didik kelas X-C SMA Negeri 2 Samarinda berada pada kategori cukup.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Endah, N., Rohaeti, E. E., & Supriatna, E. (2021). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Margaasih Kabupaten Bandung.
Kusasi, M. (2014). Hubungan Empati dan Komunikasi Interpersonal Dengan Kualitas Hidup. Jurnal Psikostudia Universitas Mulawarman. Vol 3, 37- 49.
Mulyana, Deddy. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Rosdakarya
Oktaviani. (2018). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Dengan Layanan Bimbingan Kelompok : Jurnal Online Published: Januari
Saparudin. (2019). Identifikasi Komunikasi Interpersonal pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling.
Sari, R. P., Boleng, D. T., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Perkembangan Moral Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 3, pp. 75-81).
Setianingsih. (2014). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Teknik Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Universitas Negeri Semarang. Vol 3, 77-79.
Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Jurnal Pendidikan (JPManper), 3(2), 190-198.
Widodo, H., Sari, D. P., Wanhar, F. A., & Julianto, J. (2021). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2168-2175.
Published
2023-12-30
How to Cite
Uli Christmarry Sijabat, D., Angela, I., Sari Simammora, N., Qibtiyah, M., & Muslifar, R. (2023). Analisis Tingkat Keterampilan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 92-96. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3061
Section
Articles