Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II di SDN 005 Samarinda Ulu
Abstract
Siswa dengan kesulitan belajar matematika kerap kali beranggapan bahwa pembelajaran matematika tidaklah mudah. Kesulitan belajar yang sering dialami oleh siswa kelas II SD yaitu kebingungan saat mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan dan penguran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa kesulitan belajar matematika yang dialami siswa dan faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar tersebut serta upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar matematika di kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif metode deskriptif. Subyek penelitian yaitu siswa kelas IIA sebanyak 10 orang dan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan wawancara secara langsung dengan subjek. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IIA yang berjumlah 10 siswa, 9 siswa diantaranya mengalami kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal operasi hitung penjumlahan dan pengurangan yang dinilai berdasarkan 3 aspek yaitu kesulitan belajar matematika, faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika, upaya pemecahan kesulitan belajar matematika.
Downloads
References
Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325-330.
Permatasari, A. cahyani, Sari, J. A., Winanda, T., Saputra, R. I., Silvi, Annisa, P., & Fitriani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 421–423. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.845
Prasetya, C. Y. A., Tindangen, M., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Samarinda. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 3, pp. 61-64).