Analisis Minat Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Berbasis Video

  • Abdi Nur Ihsan Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Aisyah Fitriani Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Muhammad Amir Masruhim Pendidikan Kimia, Universitas Mulawarman
  • Yuliana Yuliana SMP Negeri 4 Samarinda
Keywords: Analisis, Minat Belajar, Pembelajaran Matematika, Media Youtube

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan gambaran secara lengkap mengenai suatu kejadian atau dimaksudkan untuk mengekspos dan mengklarifikasi suatu fenomena yang terjadi. Dalam penelitian ini peneliti ingin melihat gambaran secara lengkap respon peserta didik pada penggunaan media pembelajaran berbasis video. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 4 Samarinda yang berjumlah 4 siswa. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi, angket, dan wawancara, setelah itu data dianalisis secara kualitatif deskriptif untuk mengetahui kebenaran yang terdapat pada lokasi penelitian. Berdasarkan hasil keseluruhan, minat belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika melalui video pembelajaran menunjukkan respon yang positif sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar dan hasil belajar yang tinggi. Pencapaian peserta didik dalam suatu mata pelajaran dipengaruhi oleh minat mereka. Peserta didik yang tertarik pada media pembelajaran berbasis video cenderung memberikan perhatian yang lebih besar pada proses pembelajaran. Oleh karena itu dapat kita simpulkan bahwa Pembelajaran menggunakan media berbasis video membantu membangkitkan motivasi belajar peserta didik, mampu merangsang partisipasi aktif peserta didik dan membangkitkan minat peserta didik dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alam, Y. (2018). Dampak minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada SMK PGRI 1 Palembang. MOTIVASI: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 537–591.
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 47.
Darwis, N. A., Ali, S., & Helmi, H. (2020). Kemampuan berpikir kritis ditinjau dari minat belajar fisika, kepercayaan diri, dan kecerdasan emosional peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM, 2, 120–123.
Fatriansyah, Nadiyah. (2023). Analisis Minat belajar Siswa SMP kelas VII Dalam Pembelajaran Matematika melalui Video Pembelajaran. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 5(2),7-8.
Fendiyanto, P., Safrudiannur, S., & Kurniawan, K. (2023). Pelatihan Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Bagi Guru Matematika SMP Kota Samarinda. Madaniya, 4(4), 1773-1780.
Marga Retta, A., & Fitriasari, P. (2022). Pengembangan video pembelajaran pada materi barisan dan deret untuk peserta didik kelas X SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 8(1), 63–72.
Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(1), 539–546.
Nguluwiyah, Stinangatul. Rokmanah, Siti., & Anita (2022). Implementasi Pembelajaran IPA berbasis Video Animasi Untuk Meningkatan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 938-946.
Tambunan, S. J., Sitinjak, D. S., & Tamba, K. P. (2019). Pendekatan matematika realistik untuk membangun kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI ips pada materi peluang. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 119.
Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berorientasi Kebudayaan Lokal Pada Sekolah Dasar. Sebatik, 25(2), 590–597.
Sardiman. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140.
Published
2023-12-30
How to Cite
Nur Ihsan, A., Fitriani, A., Amir Masruhim, M., & Yuliana, Y. (2023). Analisis Minat Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Berbasis Video. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 85-88. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3058
Section
Articles