Kemampuan Literasi Dan Numerasi Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Yotube Pada Materi Pencemaran Lingkungan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara umum meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik dengan media pembelajaran digital youtube. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X-I Farmasi SMK Gerbang raja Tenggarong yang berjumlah 23 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan hasil analisis data evaluasi berupa asesmen formatif post test dari siklus 1 dan siklus 2. Berdasarkan hasil analisis data evaluasi PPL siklus 1 bahwa 86% peserta didik mencapai KKTP sedangkan pada hasil analisis evaluasi siklus 2 sebanyak 95% peserta didik yang sudah mencapai KKTP hal ini menunjukkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik mengalami peningkatan dengan menggunakan media pembelajaran digital youtube.
Downloads
References
Ate, D., & Lede, K. Y. (2022) Analisis Kemampuan peserta didik vii dalam matematika literasi numerasi. Jurnal cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472, 483.
Ahmad Baihaqi, H. P. Widayat, A. M. Muslih, S. Subhan, R. Romano, F. A. Baihaqi Jurnal: EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam - STAINIM Journal Official Volume: 5 Nomor: 2 Tahun: 2020 Halaman: 19-26
Ekowati, D.W., Astuti, Y.P., Utami, I, W. P., Mukhlisina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal
Kemendikbud. (2021). Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. KEMENDIKBUD:Jakarta
Magdalena, I. D., Hifziyah, M., Aeni, V. N., Rahayu, P., & Hilmaniyah, N. A (2020). Analisis Perbedaan antara Kurikulum KTSP dengan Kurikulum 2013 di SD Negeri Sampora II BINTANG 2(1), Article 1 https://doi.org/10.30998/sap.v3i2.3033
Muhtadin, A., Rizki, N. A., & Fendiyanto, P. (2023). Pendampingan Mendesain Soal Literasi Matematika Model PISA Dengan Pendekatan Etnomatematika (Konteks Sosial Budaya Masyarakat Kutai). Al-Khidmat, 6(1), 18-25.
Rangga Mahendra, Mochamad (2020). Youtube Sebagai Media Pembelajaran, Universitas Negeri Jakarta. Jakarta
Soenarko, D., Santoso, A., & Irawan, A. (2018). Pengembangan model klasifikasi teks berbasis machine learning untuk pendeteksian hoaks. Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, 6(1), 1-10.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. J Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.