Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Peserta Didik Dengan Menggunakan Adaptasi Model Project Base Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL), Kooperatif, Dan Soal Hots Pada Materi Virus

  • Aprilia Puspita Ningrum Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Makrina Tindangen Pendidikan Biologi, Universitas Mulawarman
  • Djumroh Rosifah SMA Negeri 3 Samarinda
Keywords: Adaptasi, Literasi, Project Based Learning, Problem Based Learning, Soal Hots

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi terkait konsep virus  kelas X SMA Negeri Khusus Olahragawan (SKOI) Kaltim. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri Khusus Olahragawan yang berjumlah 21 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan asesmen formatif proses lembar observasi untuk penilain dalam proses pembelajaran terkait literasi. Penilaian hasil menggunakan assemen formatif essay yang berisi soal HOTS yang terkait dengan kemampuan literasi. Pada siklus ke-1 peserta didik sudah mencapai nilai rata-rata 83 dengan ketuntasan belajar 86,7 % dari hasil asesmen yang berbasis literasi, sedangkan pada pembelajaran yang dilakukan pada siklus ke-2 peserta didik mengalami peningkatan dari siklus ke-1 dimana pencapaian yang diperoleh pada siklus ke-2 yaitu rata-rata nilai 88 dengan ketuntasan belajar 100 %  sesuai dengan yang pendidik harapkan. Pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan model adaptasi PjBL, PBL,Kooperatif dengan soal HOTS dalam kemampuan literasi peserta didik sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran dimana peserta didik diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada pada LKPD yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Martin, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo. Jurnal Kependidikan Islam,
Bariyah, I. L. N., & Sugandi, M. K. (2022). Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Konsep Ekosistem. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 4, 135-144. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/791
Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325-330.
Hadi, S, (2022). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka, Jakarta : CV. Bayfa Cendekia, 2022) 100. 6 .
Hasanah,Zairatun. 2021. Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Peserta Didik. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna. Jurnal Studi Kemahasiswaan. Vol. 1, No. 1
Mubarak, Z. (2022). Desain Kurikulum Merdeka Era Revolusi 4.0. Jakarta: Aksara.
Rohman,abdul. 2022. Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Era Disrupsi. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/eunoia/index. Vol.2, No.1
Situmorang, R. (2022). Menumbuhkan Gerakan Literasi di Sekolah. Jakarta Timur : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan Teknologi. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/734/menumbuhkan-gerakan-literasi-di-sekolah
Published
2023-12-30
How to Cite
Puspita Ningrum, A., Tindangen, M., & Rosifah, D. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Peserta Didik Dengan Menggunakan Adaptasi Model Project Base Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL), Kooperatif, Dan Soal Hots Pada Materi Virus. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 73-80. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3055
Section
Articles