Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Adaptasi Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL), Dan Kooperatif

  • Rudiawan Rudiawan Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Makrina Tindangen Pendidikan Biologi, Universitas Mulawarman
  • Djumroh Rosifah SMA Negeri 3 Samarinda
  • Petrus Fendiyanto Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
Keywords: Kooperatif, Literasi, Numerasi, Project Based Learning, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi dan numerasi peserta didik secara umum terhadap pengembangan model pembelajaran. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan metode pengembangan yang dilakukan adaptasi pada model pembelajaran Project Based Learning (PBjL), Problem Based Learning (PBL), dan kooperatif dengan Model pembelajaran diturunkan dari teori kognitif, humanisme dan behaviorisme, di mana siswa aktif terlibat dalam menemukan atau menemukan konsep, fakta, dan prinsip-prinsip baru melalui eksplorasi secara kolaborasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X Agribisnis Tanaman SMK Negeri 7 Majene yang berjumlah 28 peserta didik. berdasarkan asesmen nasional tahun 2022 tingkat Sekolah Menengah kejuruan yang telah diolah menjadi rapor pendidikan Indonesia secara umum kemampuan literasi dan numerasi masih dibawah nilai minimum. Upaya yang dapat dilakukan dan sebagai kesimpulan tulisan ini bahwa untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik adalah dengan menerapkan model ajar adaptasi PJBL, PBL, dan Kooperatif. Keberhasilan pembelajaran dapat ditunjukkan jika Peserta didik dapat memahami apa yang telah dipelajari serta bisa mengaplikasikannya dalam menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darwanto dkk, 2020. Penguatan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran Di Sekolah.universitas Muhammadiyah .Kotabumi. https://media.neliti.com/media/publications/384693-none-eaf0c2b8.pdf
Dewi, DKK.(2020). “Pengaruh Kondisi Ekonomi keluarga terhadap hasil belajar Mahasiswa prodi Ekonomi
Fadlan. (2022). Pengaruh Latar belakang Ekonomi Keluarga dan Biaya Pendidikan terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMAN 1 Linggabayu,
Muliati, (2022). Peran Orang Tua dalam Mendorong Motivasi Belajar Anak selama Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran PPKn(Studi di Lingkungan Tolotongga
Novi Andri Nurcahyono dkk, 2023. Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Model Pembelajaran. Universitas Muhamadiyah Sukabumi. https://jurnal.ut.ac.id/index.php/hexagon_jipm/article/view/4924/1419
Prasetya, C. Y. A., Tindangen, M., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Samarinda. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 3, pp. 61-64).
Published
2023-12-30
How to Cite
Rudiawan, R., Tindangen, M., Rosifah, D., & Fendiyanto, P. (2023). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Adaptasi Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL), Dan Kooperatif. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 67-72. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3054
Section
Articles