Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

  • Sulis Setiawati Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Irsya Faradisa Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Mudhofar Mudhofar SMA Negeri 2 Samarinda
  • Zainuddin Untu Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
Keywords: Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran, Problem Based Learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan sampel penelitian siswa kelas XII IPA 4 SMA Negeri 2 Samarinda yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes akhir siklus. Berdasarkan hasil tes akhir siklus I didapat nilai rata-rata hasil belajar matematika yaitu 70 yang tergolong dalam kriteria kurang dengan presentase ketuntasan sebanyak 37%. Nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa di siklus II yaitu 79 yang tergolong dalam kriteria cukup dengan presentase ketuntasan sebanyak 87%. Pada siklus I, hasil observasi kegiatan siswa tergolong kurang dan pada siklus II tergolong amat baik. Kesimpulan dari penelitian ini ialah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230.
Kurniawati, D. (2021). Literature Study of Problem-Based Learning Models on Mathematics Learning. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 4, No. 6, pp. 26-32).
Kusnawan, H. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Siswa Kelas IX melalui Model Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 1(1), 7- 12. https://doi.org/10.53889/jpig.v1i1.18.
Mulyono, M. T. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Perbandingan Melalui Penerapan Mathematic Realistic Tugas Pembuatan Miniatur Pada Siswa Kelas VI SDN Bulukerto 01 Kota Batu Tahun 2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(4), 1815-1838.
Nurleni, N. (2022). Efektivitas Model PBL Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik SMAN 3 Oku. Jurnal Lentera Pedagogi, 6(1), 60-65.
Nurrokhmah, S. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas XI-1 IPA SMA Negeri I Penajam Paser Utara. Khazanah Pendidikan, 17(1), 337-348. http://dx.doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16622.
Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016-2024. Sari, M. P., & Sunata, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Skripsi. Bandung: Universitas Pasundan. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64297.
Prasetya, C. Y. A., Tindangen, M., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Samarinda. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 3, pp. 61-64).
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Malang: Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Wardani, R. K. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Penjumahan Bilangan Cacah Pada Siswa Kelas III SD Negeri 02 Gayamsari Kota Semarang. Manalisih: Jurnal Penelitian, Sosial, dan Humaniora, 1(1), 34-43.
Published
2023-12-30
How to Cite
Setiawati, S., Faradisa, I., Mudhofar, M., & Untu, Z. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika . Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 62-66. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3052
Section
Articles