Analisis Penerapan Model Make A Match Pada Siswa Kelas II SDN 007 Samarinda Kota
DOI:
https://doi.org/10.30872/semnasppg.v4.3051Keywords:
Analisis Penerapan, Model Pembelajaran, Make A MatchAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran make a match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Model Pembelajaran Make a Match Oleh Guru kelas II B SD Negeri 007 Samarinda Kota. Jenis pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah Guru Kelas II B, Kepala Sekolah dan Peserta didik Kelas II B. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model make a match tidak berlangsung efektif dan belum sesuai dengan standar make a match berdasarkan teori. Yang mencakup model pembelajaran make a match yang bisa digunakan adalah pemahaman model make a match, pemanfaatan model make a match, jenis model make a match dan ciri-ciri model make a match. Penerapan model pembelajaran make a match dilakukan sesuai dengan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match oleh guru kelas II B SD Negeri 007 Samarinda Kota belum memenuhi standar yang ditetapkan oleh permendikbud.
Downloads
References
Komar, E. (2021). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. PT Refika Aditama.
Kurniasih, & Sani. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Kata Pena.
Mulyasa. (2029). Model Persiapan Mengajar ( Model Ropers Dan Model Satuan Mengajar). Online, Diakses Tanggal 23 Mei 2018.
Shoimin. (2022). Fungsi Model Pembelajaran. Sinar Baru Aglesindo.
Siregar, N., & Nara, H. (2019). Belajar dan pembelajaran. Penerbit Ghalia Indonesia
Soleh Muhamad. (2021). Teori Belajar Dan Pembelajaran Menciptakan Pembelajaran yang kreatif dan Efektif. Kencana.