Analisis Penerapan Model Make A Match Pada Siswa Kelas II SDN 007 Samarinda Kota

  • Atikah Atikah Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Rizky Firmansyah Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Muhammad Siddik Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Mulawarman
  • Petrus Fendiyanto Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
  • Suhariah Suhariah SDN 007 Samarinda Utara
Keywords: Analisis Penerapan, Model Pembelajaran, Make A Match

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran make a match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Model Pembelajaran Make a Match Oleh Guru kelas II B SD Negeri 007 Samarinda Kota. Jenis pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah Guru Kelas II B, Kepala Sekolah dan Peserta didik Kelas II B. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model make a match tidak berlangsung efektif dan belum sesuai dengan standar make a match berdasarkan teori. Yang mencakup model pembelajaran make a match yang bisa digunakan adalah pemahaman model make a match, pemanfaatan model make a match, jenis model make a match dan ciri-ciri model make a match. Penerapan model pembelajaran make a match dilakukan sesuai dengan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match oleh guru kelas II B SD Negeri 007 Samarinda Kota belum memenuhi standar yang ditetapkan oleh permendikbud.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fendiyanto, P., Safrudiannur, S., & Kurniawan, K. (2023). Pelatihan Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Bagi Guru Matematika SMP Kota Samarinda. Madaniya, 4(4), 1773-1780.
Komar, E. (2021). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. PT Refika Aditama.
Kurniasih, & Sani. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Kata Pena.
Mulyasa. (2029). Model Persiapan Mengajar ( Model Ropers Dan Model Satuan Mengajar). Online, Diakses Tanggal 23 Mei 2018.
Shoimin. (2022). Fungsi Model Pembelajaran. Sinar Baru Aglesindo.
Siregar, N., & Nara, H. (2019). Belajar dan pembelajaran. Penerbit Ghalia Indonesia
Soleh Muhamad. (2021). Teori Belajar Dan Pembelajaran Menciptakan Pembelajaran yang kreatif dan Efektif. Kencana.
Published
2023-12-30
How to Cite
Atikah, A., Firmansyah, R., Siddik, M., Fendiyanto, P., & Suhariah, S. (2023). Analisis Penerapan Model Make A Match Pada Siswa Kelas II SDN 007 Samarinda Kota. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 58-61. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3051
Section
Articles