Internalisasi Potensi Student Leadership Melalui Inovasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tounament (TGT) Pada Pembelajaran PPKN

  • Vivin Nur Kholivah Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Salda Yanti Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Noor Ellyawati Pendidikan Ekonomi, Universitas Mulawarman
  • Siti Lailin SMA Negeri 3 Samarinda
Keywords: Internalisasi Potensi, Student Leadership, Cooperative, Teams Games Tournament

Abstract

Penerapan pembelajaran yang terinspirasi dari sebuah pembelajaran Games menggunakan tipe teams games learning untuk menginternalisasikan potensi Student Leadership yang secara internal telah dimiliki oleh setiap peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pembelajaran dan permasalahan, optimalisasi pembelajaran serta tantangan dan potensi masa depan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini kelas X-D di SMA Negeri 3 Samarinda yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat komponen kegiatan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi dan Wawancara.  Melalui rangakian penelitian yang dilakukan dalam siklus 1 dan 2 serta kegiatan refleksi dan perbaikan didapatkan hasil bahwa terdapat kemajuan dan pemahaman serta perkembangan peserta didik setelah melalui proses pembelajaran secara berkemlompok menggunakan tipe Teams Games Tournament dengan 3 Indikator berupa sikap tanggung Jawab, bekerja sama serta kemampuan untuk menyusun strategi dalam kelompok. Dengan hasil tersebut tipe pembelajaran Teams Games Tournament dapat dikombinasikan dengan model pembelajaran lain seperti Problem Based Learning yang dioptimalkan melalui kerja secara berkelompok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, D. A. N. (2020). Implementasi kurikulum bela negara dan kemaritiman dalam meningkatkan kemampuan kepemimpinan peserta didik di SMAN Taruna Nala Jawa Timur (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Aisyah, N. H., & Aini, R. (2023). Kepemimpinan Peserta Didik Perempuan dalam Pandangan Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Siwalan. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak, 5(1), 67-77.
Arikunto, S., Suhardjono, Supardi (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.
Catur Desri Anita, Kemdikbud, (2022). Rencana Tindak Lanjut Pembelajaran, https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/rencana-tindak-lanjut-rtl-ppg- daljab-kategori-1-tahun-2022-unesa/
Febryananda, I. P. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Sosiodrama terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI OTKP pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pelayanan Prima kepada Pelanggan di SMKN 2 Kediri. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 07(04), 170-174.
Haluti, F., Ali, N., Jumahir, J., & Saleh, S. K. (2023). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Modernisasi. Jurnal Pendidikan Glasser, 7(1), 211-216.
Kurniasari, W., Murtono, M., & Setiawan, D. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Blended Learning Berbasis Pada Google Classroom. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(1), 141-148.
Pramasanti, R., Bramasta, D., & Anggoro, S. (2020). Implementasi pendidikan karakter tanggung jawab dan kerja sama dalam pembelajaran tematik kurikulum 2013 di sd negeri 2 berkoh. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 43-48.
Prasetya, C. Y. A., Tindangen, M., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Samarinda. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 3, pp. 61-64).
Ramadhan, M. F., Husen, A., & Raharjo, R. (2021). Pengembangan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di SMA Negeri 43 Jakarta. Pelita: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 26-31.
Ratnasari, Y. T. (2019). Profesionalisme Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Revitalisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Era Revolusi Industri 4.0.
Robiyanto, A. (2021). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 114-121.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.
Published
2023-12-30
How to Cite
Nur Kholivah, V., Yanti, S., Ellyawati, N., & Lailin, S. (2023). Internalisasi Potensi Student Leadership Melalui Inovasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tounament (TGT) Pada Pembelajaran PPKN. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 50-57. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3050
Section
Articles