Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Leraning Terhadap Hasil Belajar IPAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar IPAS kelas IV SD Negeri 008 Samarinda Ulu. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek dari penelitian ini yaitu, peserta didik di kelas 4 SDN 008 Samarinda Ulu yang berjumlah sebanyak 31 peserta didik, terdiri dari 20 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Pengumpulan data menggunakan in dept interview dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa 81% peserta didik memperoleh nilai mencapai KKM (70).
Downloads
References
Dewi, DKK.(2020). Pengaruh Kondisi Ekonomi keluarga terhadap hasil belajar Mahasiswa prodi Ekonomi
Fadlan. (2022). Pengaruh Latar belakang Ekonomi Keluarga dan Biaya Pendidikan terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMAN 1 Linggabayu,
Hariant. (2016). Pola asuh Orangtua dan Lingkungan Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa
Lesi, A (2019). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik kelas X Program Lintas Minat pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 16 Palembang
Muliati, (2022). Peran Orang Tua dalam Mendorong Motivasi Belajar Anak selama Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran PPKn (Studi di Lingkungan Tolotongga
Prasetya, C. Y. A., Tindangen, M., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Samarinda. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 3, pp. 61-64).
Rizkiana, (2014). Pengaruh Status Sosial ekonomi Orangtua, Motivasi Belajar, Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Siswa SMK Barunawati Surabaya, 2014
Samrin, dkk. (2020)“Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi terhadap Motivasi Belajar Siswa, shautut Tarbiyah
Suyono, (2019). Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar yang Dimediasi oleh Fasilitas Belajar
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.