Pengaruh Model Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekologi Dan Keanekaragaman Hayati Indonesia

  • Novia Rahmawati Ananda Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Petrus Fendiyanto Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
Keywords: Ekologi, Keanekaragaman Hayati, Media Poster, Think Pair Share (TPS)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan media poster pada materi Biologi di kelas VII SMP Negeri 11 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian Pretest-Posttest Control Group. Sampel penelitian adalah kelas VII D berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen berjumlah 29 siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan media poster efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 11 Samarinda tahun pelajaran 2023/2024, dengan taraf signifikansi 0,000, dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 68,3 sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 63,2.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Rukmini. (2020). Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dalam Pembelajaran Pkn SD. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(3), 10–27.
Ahmad, & Rahmi. (2017). Korelasi Motivasi Belajar Menggunakan Media Berbasis Video Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Gejala Alam Di Kelas V Sd Negeri 1 Peusangan. Jurnal Pendidikan Almuslim, 5(Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Almuslim). http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupa/article/view/208
Dakhi, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33
Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://doi.org/10.26740/JPAP.V9N2.P321-334
Kurniasih, D. (2018). Peningkatan minat dan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran think pair share. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 7–11. https://doi.org/10.30738/NATURAL.V5I1.2539
Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2017). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156–162. https://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/view/9627
Maduratna, T. P., & Setyawan, A. (2020). Analisis Faktor Pengaruh Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN Banyuajuh 6 Kamal. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 352. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1059
Sari, R. P., Boleng, D. T., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Perkembangan Moral Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 3, pp. 75-81).
Wijaya, H. (2021). Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Pendidikan Karakter (Issue December). Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. https://doi.org/10.31219/osf.io/xn4dw
Published
2023-12-30
How to Cite
Rahmawati Ananda, N., & Fendiyanto, P. (2023). Pengaruh Model Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekologi Dan Keanekaragaman Hayati Indonesia. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 42-46. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3045
Section
Articles