Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Pada Pembelajaran IPA

  • Wina Lai' Mandi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Ike Yuli Kurniawati Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Muhammad Ilyas Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Mulawarman
  • Sarniaty Sarniaty SDN 008 Samarinda Kota
Keywords: Media Pembelajaran, Wordwall, Pembelajaran IPA

Abstract

Penggunaan media pembelajaran dan integrasi teknologi dalam guruan Revolusi Industri 4.0 memberikan keuntungan signifikan. Media interaktif dan teknologi membuat pembelajaran lebih menarik, memberikan akses luas terhadap informasi, dan mengembangkan keterampilan digital. Fleksibilitas belajar, pemahaman yang mendalam melalui visualisasi, dan kemungkinan kolaborasi memperkaya pengalaman belajar. Teknologi juga mendukung penilaian yang lebih baik dan membantu guru dan peserta didik tetap terhubung dengan perkembangan terkini. Oleh karena itu, guru perlu menguasai keterampilan ini untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebermanfaatan penggunaan media pembelajaran wordwall pada pembelajaran IPA di SDN 008 Samarinda Kota. Pada penelitian ini menggunakan variabel tunggal, yaitu penggunaan media pembelajaran wordwall. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas V dan guru kelas V. Temuan penelitian ini penggunaan platform wordwall dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V SDN 008 Samarinda Kota sangat bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran, membantu peserta didik untuk memahami dan mengingat konsep-konsep IPA dengan lebih baik dan memotivasi peserta didik dalam pembelajaran yang ditunjukkan dalam keaktifan merespon pertanyaan dan  menyelesaikan teka-teki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aidah, N., & Nurafni, N. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran IPA Kelas IV di SDN Ciracas 05 Pagi. Pionir: Jurnal Guruan, 11(2), 161–174.
Aini, N. and Asror, M. (2022) ‘Implementasi Penguatan Guruan Karakter Di Masa Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Pada Jenjang SD/MI’, Jurnal Review Guruan Dasar: Jurnal Kajian Guruan Dan Hasil Penelitian, 8(1), pp. 16–24.
Anugrah, A., Istiningsih, S., & Mataram, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Game Edukasi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI SDN 48 Cakranegara.
Aprillia, M. et al. (2023) ‘Penggunaan Video Animasi Powtoon Untuk Menteladani SHATAFAT (sidiq, amanah, tabligh, fathonah) Bagi Peserta didik SD’, Jurnal Guruan dan Teknologi Indonesia, 3(4), pp. 141–149.
Ar-Rahmah, Ainun Nuzula. Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Game Edukati Menggunakan Platform Wordwall.Net Pada Peserta didik Kelas V SDIT AL-Mishbah Sumobito Jombang. Skripsi, 2021, 42.
Arsyad, A.2011.Media Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.
Bachry, H., Yuwono, J., Pd, M., Utami, Y. T., & Pd, M. (N.D.). Penggunaan media wordwall untuk meningkatkan kemampuan menulis tegak Bersambung (Studi Single Subject Research Pada Peserta didik Tunarungu Kelas III Di Skh Negeri 02 Kota Serang Banten). 15.
Fendiyanto, P., Safrudiannur, S., & Kurniawan, K. (2023). Pelatihan Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Bagi Guru Matematika SMP Kota Samarinda. Madaniya, 4(4), 1773-1780. https://doi.org/10.53696/27214834.630
Imron Rosidi. 2011. Karya Tulis Ilmiah. Surabaya: Alfina Primatama
Jamun, Y. M. 2018. Jurnal Guruan Dan Kebudayaan Missio. Dampak Teknologi Terhadap Guruan.
Jauhar, Sitti. 2022. Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis TPACK pada Pembelajaran IPS Peserta didik Kelas V SDS IT Rabbani Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Indonesia: Sains Global Institut
Khairunnisa. 2023. Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis TPACK pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Peserta Didik Kelas IV SDN Kaloy Kecamatan Tamiang Hulu Kabupaten Aceh Tamiang
Maghfiroh, K. 2018. Penggunaan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta didik Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jurnal Profesi Keguruan, 4(1), 65.
Nunuk, Achmad, Aditin.2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prasetya, C. Y. A., Tindangen, M., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Samarinda. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 3, pp. 61-64).
Rachmadtullah, R. 2018. Kemampuan Berpikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Guruan Kewarganegaraan Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Universitas Terbuka Jakarta.
Sanaky, H.A. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. 4(April), 195–199.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tanama, J., Degeng, I. N. S. and Sitompul, N. C. (2023). Pengembangan E-Modul Sejarah Indonesia dengan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Semangat Belajar Peserta didik Kelas XI SMA. Jurnal Teknologi Guruan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), pp. 71–83.
Published
2023-12-30
How to Cite
Lai’ Mandi, W., Yuli Kurniawati, I., Ilyas, M., & Sarniaty, S. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Pada Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 34-41. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3044
Section
Articles