Persepsi Peserta Didik Terhadap Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Pada Pembelajaran Matematika

  • Agus Basriannor Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Ellyta Nuriawati Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Siti Wahyuni Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Lambang Subagiyo Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman
  • Irnawati Irnawati SMP Negeri 5 Samarinda
Keywords: Geogebra, Media Pembelajaran, Persepsi Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap implementasi media pembelajaran berbasis Geogebra pada pembelajaran matematika di SMP Negeri 5 Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan memberikan angket melalui google form yang terdiri dari 12 pernyataan dengan tiga indikator yaitu, pemahaman, ketertarikan, dan kesenangan peserta didik terhadap implementasi media pembelajaran berbasis Geogebra pada pembelajaran. Berdasarkan perolehan dari hasil analisis angket peserta didik mendapat persentase rata-rata sebesar 82% dengan demikian berdasarkan persepsi peserta didik terhadap implementasi media pembelajaran berbasis geogebra pada pembelajaran matematika termasuk kriteria baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jabnabillah, F., & Reza, W. (2022). Pengaruh penggunaan aplikasi geogebra terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 5(2), 94-100.
Fendiyanto, P., Safrudiannur, S., & Kurniawan, K. (2023). Pelatihan Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Bagi Guru Matematika SMP Kota Samarinda. Madaniya, 4(4), 1773-1780. https://doi.org/10.53696/27214834.630
Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12-19.
Musa’ad, F., Setyo, A. A., Sundari, S., & Trisnawati, N. F. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Geogebra untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 278-286.
Nuriawati, E., Safrudiannur, S., & Asyril, A. (2023, May). Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Modul Digital Dan Persepsi Siswa Tentang Belajar Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura (pp. 7-12).
Nurul, Munzayanah. (2021). Analisis Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika secara Daring pada Masa pandemic Covid-19. Semarang: Universitas Islam Negeri Wali Songo.
Putra, B. P., Purwanto, A., & Risdianto, E. (2022). Respon Peserta Didik Terhadap Keterbacaan E-Modul Berbasis Sscs (Search, Solve, Create, Share) Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Gelombang Di Sma. Amplitudo: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 75-82.
Rahmah, H. (2021). Pengaruh Persepsi Siswa Pada Penggunaan Geogebra Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Viii Di Smpn 2 Kecamatan Gunuang Omeh. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2).
Rosiyanti, H., Adriansyah, A. F., Widiyasari, R., & Dewi, N. S. (2020, December). Analisis persepsi peserta didik terhadap video pembelajaran matematika kelas VIII pada masa pandemi. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1, pp. 1-11). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.
Suhaifi, A., Rufii, R., & Karyono, H. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi GeoGebra terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 220-230.
Tanzimah. (2019). Pemanfaatan Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Palembang: Universitas PGRI.
Vera, D.K.O. (2022). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya di SMP Negeri 1 Paranginan. Medan: Universitas Quality Medan.
Yuliani, R. E., Heru, H., & Sari, E. L. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra Berbasis Tpack Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Di Sma Negeri 19 Palembang. Publikasi Penelitian Terapan dan Kebijakan, 4(1), 12-17.
Wahyuni, S & Rahmadhani, E. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 605-614.
Wati, W.R.A. (2022). Analisis Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Bangun Ruang di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Sarjanawisata Tamansiswa.
Published
2023-12-30
How to Cite
Basriannor, A., Nuriawati, E., Wahyuni, S., Subagiyo, L., & Irnawati, I. (2023). Persepsi Peserta Didik Terhadap Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Pada Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 27-33. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3043
Section
Articles