Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Peserta Didik Dengan Media Pembelajaran Digital Canva Pada Materi Pencemaran Lingkungan

  • Novia Wulandari Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Makrina Tindangen Pendidikan Biologi, Universitas Mulawarman
  • Petrus Fendiyanto Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
  • Djumroh Rosifah SMA Negeri 3 Samarinda
Keywords: Canva, Literasi, Numerasi, Media Digital, Pencemaran Lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi dan numerasi terkait konsep pencemaran lingkungan dengan menggunakan media pembelajaran digital canva. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Kurt Lewin yang terdiri dari 4 langkah, yaitu perencanaan (planning), aksi atau tindakan (acting), observasi (observing), refleksi (reflecting). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X Bisnis Manajemen Akuntansi SMK Duta Bangsa Samboja yang berjumlah 19 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan hasil analisis data evaluasi berupa assessment formatif post test. Berdasarkan hasil analisis data evaluasi pada PPL siklus 1, hanya sebesar 79% peserta didik yang telah mencapai KKTP sedangkan pada hasil analisis evaluasi siklus 2 sebesar 95% peserta didik yang telah mencapai KKTP. Berdasarkan data tersebut, menunjukan bahwa kemampuan literasi dan numerasi peserta didik meningkat dengan menggunakan  media pembelajaran digital canva.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Marisyah, & Firman, R. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan. 3, 2–3.
Afni, N., Wahid, A., Hastati, S., Jumrah, A. M., & Mursidin, M. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Abad 21 Di SD Negeri 126 Borong Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Madaniya, 2(2), 137– 142. Https://Doi.Org/10.53696/27214834.66
Andikayana, N. Dantes, & I.W. Kertih. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Membaca Level 2 Untuk Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(2), 81–92. https://doi.org/10.23887/jpepi.v11i2.622
Anwar Prabu Mangkunegara. (2015). SumberDaya Manusia Perusahaan. Bandung: Cetakan kedua belas. Remaja Rosdakarya.
Danish, J. A., Johnson, H., Nicholas, C., Cross Francis, D., Hmelo-Silver, C. E.,Park Rogers, M., Askew, R., Gerber, A., & Enyedy, N. (2021). Situating Video As Context For Teacher Learning. Learning, Culture And Social Interaction, 30(PA), 100542. Https://Doi.Org/10.1016/J.Lcsi.2021.100542.
Dian, A., & Prayoga,B. Jurnal Riset Dan Konseptual 4 (4), 548-558 Pembudayaan literasi numerasi untuk asesmen kompetensi minimum dalam kegiatan kurikuler pada sekolah dasar muhammadiyah. WD Patriana, S Sutama, MD Wulandari Jurnal Basicedu, 2021
Ekowati, D.W., Astuti, Y.P., Utami, I, W. P., Mukhlisina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Kemendikbud RI.
Fendiyanto, P., Safrudiannur, S., & Kurniawan, K. (2023). Pelatihan Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Bagi Guru Matematika SMP Kota Samarinda. Madaniya, 4(4), 1773-1780. https://doi.org/10.53696/27214834.630
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 14–25. https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690
Kemendikbudristek. (2021). Kemendikbudristek Gelar Bimbingan Teknis Literasi dan Numerasi.
Mahmud, M. R., Pratiwi, I. M., Islam, U., Sunan, N., Djati, G., Islam, U., Sunan, N., & Djati, G. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. 4(1), 69.
Pelangi, Garris. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jurnal Sasindo Unpam, Vol 8, No 2, Desember 2020 Pemanfaatan, 8(2), 79–96. Https://Doi.Org/10.32493/Sasindo.V8i2.79-96.
Patriana, S Sutama, MD Wulandari - Jurnal Basicedu, 2021 - jbasic.org. Literasi numerasi sebagai prasyarat kecakapan abad ke-21 melalui pendidikan yang terintegrasi dari keluarga, sekolah, dan masyarakat.
Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Risetdan Teknologi Tentang Standar Prose Pada Pendidikan Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah No. 16 Tahun 2022.
Salam, M. Y., & Mudinillah, A. (2021). Canva Application Development For Distance Learning On Arabic Language Learning In MTS Thawalib Tanjung Limau Tanah Datar. 23(2), 101–111. Https://Doi.Org/10.21009/Jtp.V23i2.20650
Triningsih, Diah Erna. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents, 15 15 (1), 128–144. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Kemendikbud, R.
Published
2023-12-30
How to Cite
Wulandari, N., Tindangen, M., Fendiyanto, P., & Rosifah, D. (2023). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Peserta Didik Dengan Media Pembelajaran Digital Canva Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 21-26. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3038
Section
Articles