Analisis Penggunaan Mentimeter Pada Kegiatan Refleksi Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.30872/semnasppg.v4.3037Keywords:
Mentimeter, Pembelajaran Matematika, Refleksi PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan aplikasi Mentimeter pada kegiatan refleksi pembelajaran secara umum. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 4 Samarinda. Objek pada penelitian ini adalah penggunaan Mentimeter pada kegiatan refleksi pembelajaran matematika. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam (depth interview), observasi dan dokumentasi. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa aplikasi Mentimeter menjadi salah satu inovasi dalam melakukan kegiatan refleksi pembelajaran. Adapun beberapa kelebihan dari penggunaan Mentimeter, antara lain (1) Kegiatan refleksi terasa lebih interaktif karena seluruh peserta didik dapat mengetahui apa saja jawaban dari refleksi pembelajaran yang dilakukannya dan (2) Peserta didik tidak merasa terintimidasi karena pengerjaan refleksi tidak mencantumkan identitas. Sedangkan kelemahan penggunaan aplikasi Mentimeter diantaranya, (1) Memerlukan waktu yang cukup banyak karena aplikasi mentimeter harus digunakan secara real time, (2) Pada pertanyaan pertama peserta didik dapat mengisi berkali-kali sehingga jawaban yang muncul tidak sesuai dengan jumlah peserta didik, (3) Jawaban peserta didik dapat keluar konteks dari pertanyaan.
Downloads
References
Fendiyanto, P., Safrudiannur, S., & Kurniawan, K. (2023). Pelatihan Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Bagi Guru Matematika SMP Kota Samarinda. Madaniya, 4(4), 1773-1780. https://doi.org/10.53696/27214834.630
Hasyyati, & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Evaluasi Menggunakan Mentimeter untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 5(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1246
Herlawati, Khasanah, F. N., & Sari, R. (2021). Pelatihan Mentimeter Sebagai Media Interaksi Dalam Pembelajaran Daring Pada SMAN 14 Bekasi. Journals Journal of Computer Science Contributions, 1(1), 42–52.
Marditisol, Desmi dan Subaryanta. 2023. Pembelajaran Matematika Menuju Student Well Being. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Mersin, N., & Akkaş, E. N. (2022). Experiences of Pre-Service Mathematics Teachers on the Use of Mentimeter in Distance Learning. Shanlax International Journal of Education, 11(1), 11–22. https://doi.org/10.34293/education.v11is1-dec.5105
Mohin, M., Kunzwa, L., & Patel, S. (2022). Using mentimeter to enhance learning and teaching in a large class. International Journal of Educational Policy Research and Review, 9(2), 48–57. https://doi.org/10.15739/ijeprr.22.005
Moorhouse, B. L., & Kohnke, L. (2020). Using Mentimeter to Elicit Student Responses in the EAP/ESP Classroom. RELC Journal, 51(1), 198–204. https://doi.org/10.1177/0033688219890350
Suardi, Maya Sari Wahyuni, & Harianto. (2022). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Aplikasi Mentimeter.com dalam Pembelajaran Daring Model Discovery Learning pada Siswa Kelas X Jurusan OTKP SMKN 2 Simpang Empat Tanah Bumbu Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal MediaTIK : Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, 5(1), 28–34. www.menti.com
Skoyles, A., & Bloxsidge, E. (2017). Have You Voted? Teaching OSCOLA with Mentimeter. Legal Information Management, 17. https://heinonline.org/HOL/Page?handle=hein.journals/leginfom17&id=254&div=&collection=
Yuliyanto, E., Fatichatul Hidayah, F., Perdana Istyastono, E., & Wijoyo, Y. (2018). Analisis Refleksi Pada Pembelajaran: Review Reasearch. Seminar Nasional Edusainstek, 30–36.