Analisis Media Pembelajaran Papan Jurang (Panjurang) Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Peserta Didik Kelas 1 SD Negeri 007 Sungai Pinang
DOI:
https://doi.org/10.30872/semnasppg.v4.3036Keywords:
Media Pembelajaran, Papan Jurang, Penjumlahan, PenguranganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara umum pengunaan media pembelajaran di kelas 1. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel penelitian ini adalah Peserta didik kelas 1 SD Negeri 007 Sungai Pinang yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Berdasarkan hasil angket dan observasi menunjukkan bahwa bahwa 20 (66,7%) peserta didik yang memiliki kesulitan belajar. Berdasarkan hasil observasi setelah menggunakan media papan jurang ditemukan hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 21 (70%) dan 9 (30%) peserta didik yang masih memiliki kesulitan belajar.
Downloads
References
Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325-330.
Maulidatul Zahara, H. (2019). Pengaruh Media Papan Penjumlahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Peserta didik Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2941–2950.
Melati, P. E., Oktavianus, R., Agustina, S., Widiyastuti, I., Matematika, P., Sd, K., & Kidul, P. (N.D.). 3) 4) 5). 579–586.
Pratama, A. B. (2019). Pengembangan Media Papan Flanel Penjumlahan Dan Pengurangan. Jurnal Pendidikan Guru Seolah Dasar, 8(7), 667–676.