Analisis Media Pembelajaran Papan Jurang (Panjurang) Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Peserta Didik Kelas 1 SD Negeri 007 Sungai Pinang

Authors

  • Nurmilawati Nurmilawati Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Yunda Hardiati Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Petrus Fendiyanto Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/semnasppg.v4.3036

Keywords:

Media Pembelajaran, Papan Jurang, Penjumlahan, Pengurangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara umum pengunaan media pembelajaran di kelas 1. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel penelitian ini adalah Peserta didik  kelas 1 SD Negeri 007 Sungai Pinang yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Berdasarkan hasil angket dan observasi menunjukkan bahwa bahwa 20 (66,7%) peserta didik yang memiliki kesulitan belajar. Berdasarkan hasil observasi setelah menggunakan media papan jurang ditemukan hasil belajar peserta didik meningkat  menjadi 21 (70%) dan 9 (30%) peserta didik yang masih memiliki kesulitan belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadilla, R. N. (2019). Penggunaan Media Papan Flanel Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Verbal Anak Autis Dasar Iii Di Slbn Somba Opu Kab. Gowa. Proceedings Of The Institution Of Mechanical Engineers, Part J: Journal Of Engineering Tribology, 224(11), 122–130.
Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325-330.
Maulidatul Zahara, H. (2019). Pengaruh Media Papan Penjumlahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Peserta didik Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2941–2950.
Melati, P. E., Oktavianus, R., Agustina, S., Widiyastuti, I., Matematika, P., Sd, K., & Kidul, P. (N.D.). 3) 4) 5). 579–586.
Pratama, A. B. (2019). Pengembangan Media Papan Flanel Penjumlahan Dan Pengurangan. Jurnal Pendidikan Guru Seolah Dasar, 8(7), 667–676.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Nurmilawati, N., Hardiati, Y., & Fendiyanto, P. (2023). Analisis Media Pembelajaran Papan Jurang (Panjurang) Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Peserta Didik Kelas 1 SD Negeri 007 Sungai Pinang. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 13–15. https://doi.org/10.30872/semnasppg.v4.3036