Implementasi Media Wordwall Dan Partisipasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran PKN

  • Atika Yuliana Ichsani Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Asriyani Adelia Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Restriari Restriari Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Aloysius Hardoko Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman
  • Hatta Hatta SMP Negeri 1 Samarinda
Keywords: Media Wordwall, Partisipasi Peserta Didik, Pembelajaran PKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi peserta didik kelas IX-B dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) di SMP Negeri 1 Samarinda melalui penerapan strategi efektif menggunakan media pembelajaran WordWall. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas(ptk) dengan 2 siklus. Fokus penelitian adalah penerapan media pembelajaran WordWall sebagai alat pendidikan interaktif untuk menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik dan partisipatif. Konteks penelitian ini adalah kebutuhan akan inovasi dalam pendekatan pembelajaran, khususnya dalam mengatasi tantangan rendahnya partisipasi peserta didik dalam pembelajaran PKn di tingkat tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan melibatkan peserta didik kelas IX-B yang berjumlah 30 peserta didik sebagai subjek penelitian di SMP Negeri 1 Samarinda. Prosedur pengumpulan data dengan  observasi dan wawancara dengan cara membuat pedoman observasi dan daftar pertanyaan wawancara untuk guru dan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pemahaman terhadap potensi Wordwall sebagai media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan partisipasi peserta didik kelas IX-B. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan masukan konkrit bagi guru-guru PKn di SMP Negeri 1 Samarinda dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih menarik dan berorientasi pada peserta didik. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat terbentuk landasan konseptual untuk pengembangan pembelajaran PPKn yang lebih dinamis dan relevan dengan perkembangan zaman di tingkat sekolah tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aidah, N., & Nurafni, N. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Di Sdn Ciracas 05 Pagi. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2).
Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta didik MTS Iskandar Muda Batam. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2). https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.966
Darodjat, D., & M, W. (2015). Model Evaluasi Program. Islamadina, Volume XIV(1).
Fendiyanto, P., Safrudiannur, S., & Kurniawan, K. (2023). Pelatihan Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Bagi Guru Matematika SMP Kota Samarinda. Madaniya, 4(4), 1773-1780. https://doi.org/10.53696/27214834.630
Hamdani, B. (2020). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Cerita Bergambardi Sekolah Dasar Zaha (Zainul Hasan). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1). https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.585
Hendrizal, H., Puspita, V., & Zein, R. (2021). Efektifitas Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar peserta didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Usia 7-8 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1280
Hermawan, A. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran Menurut Al-Ghazali. Jurnal Qathruna, 1(1).
Irawan, I. (2020). Pembelajaran Inovatif Berbasis Media Pendidikan. ISLAMIKA, 11(2). https://doi.org/10.33592/islamika.v11i2.429
Istiqlal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2).
Khairunisa, Y. (2021). Pemanfaatan Fitur Gamifikasi Daring Maze Chase–Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Statistika dan Probabilitas. MEDIASI, 2(1). https://doi.org/10.46961/mediasi.v2i1.254
Malewa, E. S., & Al Amin, M. (2023). Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Zakat Di Uptd Sd Negeri 65 Barru. Educandum.
Hattie, J., & Timperley, H. (2007). "The Power of Feedback." Review of Educational Research, 77(1), 81-112.
Marzano, R. J. (2007). The Art and Science of Teaching: A Comprehensive Framework for Effective Instruction. ASCD.
Published
2023-12-30
How to Cite
Yuliana Ichsani, A., Adelia, A., Restriari, R., Hardoko, A., & Hatta, H. (2023). Implementasi Media Wordwall Dan Partisipasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran PKN . Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 6-12. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3034
Section
Articles