Analisis Penerapan Permainan Go Domino Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPAS

  • Ananda Pitaloka Oktaviani Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Siwi Sri Setiani Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Muhammad Siddik Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Mulawarman
  • Suharsih Suharsih SDN 007 Samarinda Kota
Keywords: Media Pembelajaran, Go Domino, Hasil Belajar, IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas permainan Go Domino terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPAS pada siswa kelas 4 SDN 007 Samarinda Kota. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam (depth interview), observasi dan dokumentasi dengan fokus penelitian mengenai peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPAS pada materi perubahan wujud benda pada kelas 4 tahun ajaran 2023/2023 di SDN 007 Samarinda. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 4 B yang berjumlah 18 orang. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, mengolah data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Go Domino dapat dijadikan sebagai media pembelajaran alternatif yang efektif yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.
Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325-330.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M. & Indra, I. (2021). Media pembelajaran.
Malaya, H. (2019). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pemerintahan Kabupaten Dan Kotamelalui Model Time Token Menggunakan Media Domino Di Kelas Iv Sdn Lumbang. Jurnal Langsat, 3(2).
Pr, S. P. (2022). Filosofi Pendidikan Indonesia Cetakan 1: Direktorat Pendidikan Profesi Guru Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Soleh Muhamad. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran Menciptakan Pembelajaran yang kreatif dan Efektif. Kencana.
Siregar, N., & Nara, H. (2019). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Suprapti, S. (2021). Meningkatan Hasil Belajar IPA Materi Energi dan Perubahannya Melalui Metode Proyek. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(2), 265-274.
Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika pemanfaatan media pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107-112.
Published
2023-12-30
How to Cite
Pitaloka Oktaviani, A., Sri Setiani, S., Siddik, M., & Suharsih, S. (2023). Analisis Penerapan Permainan Go Domino Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPAS . Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 1-5. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3030
Section
Articles