Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa pada Pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) Berbantuan Software Geogebra

Authors

  • Mun Yatun Najizah Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah
  • Hery Sutarto Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah

Keywords:

Berpikir Kritis Matematis, Challenge Based Learning, Geogebra, Self-Efficacy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis penting dimiliki siswa untuk menghadapi tantangan abad 21, namun hasil PISA 2022 menunjukkan siswa Indonesia masih lemah dalam hal ini. Berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada studi pendahuluan di kelas VIII B MTs Sunan Prawoto yang melibatkan 24 siswa diperoleh rata-rata nilai sebesar 33,6. Adapun nilai terendah yang dicapai adalah 19,75, sementara nilai tertinggi mencapai 46,88. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) berbantuan software geogebra dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis serta mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan self-efficacy siswa. Penelitian ini menggunakan metode campuran jenis sequential explanatory design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Mts Sunan Prawoto dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Challenge Based Learning berbantuan software geogebra efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, Selain itu, terdapat keberagaman kemampuan berpikir kritis matematis pada setiap kategori self-efficacy siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, A. S. (2023). Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Challenge Based Learning Terintegrasi STEM. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 3, 344–355.

Ardiansyah, A. S., Agung, G. H., Cahya, N. D., & Dinasari, A. (2022). Upaya mengembangkan keterampilan 4C melalui challenge based learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 627–637.

Bandura, A. (2006). Article of guide for Contructing Self Efficacy Scales. by Information Age Publishing.

Facione, P. A. (2011). Critical thinking: What it is and why it counts. Insight Assessment, 1(1), 1–23.

Fajar, P., & Aviani, Y. I. (2022). Hubungan Self-Efficacy dengan Penyesuaian Diri: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2186–2194.

Gunawan, G., Putri, I. S., Subekti, F. E., & Kusuma, J. W. (2025). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Self-Efficacy. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 6(1), 201–213.

Hari, L. V., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh self efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis matematik siswa smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 435–444.

Hidayat, R. A., & Noer, S. H. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari self efficacy siswa dalam pembelajaran daring. Media Pendidikan Matematika, 9(2), 1–15.

Indriani, R., & Sritresna, T. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Self Efficacy Siswa SMP pada Materi Pola Bilangan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 121–130.

Jacob, S. M., & Sam, H. K. (2008). Measuring critical thinking in problem solving through online discussion forums in first year university mathematics. Proceedings of the Internationals MultiConference of Engineers and Computer Scientists (IMECS), Hong Kong.

Lestari, E. P., & Ardiansyah, A. S. (2023). Peran Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Challenge Based Learning Bernuansa STEM Berbantuan Quiziz terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Statistika, 3(01), 52–61.

Noor, A. M., & Amidi, A. (2024). Studi Literatur: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Self Efficacy dalam Model Team Assisted Individualization. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 137–149.

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. PISA, OECD Publishing, Paris.

Pane, I., Hadju, V. A., Maghfuroh, L., Akbar, H., Simamora, R. S., Lestari, Z. W., Galih, A. P., Wijayanto, P. W., Waluyo, U., & Aulia, U. (2021). Desain penelitian mixed method. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zani.

Patras, Y. E., Yolanita, C., Wildan, D. A., & Fajrudin, L. (2024). Pembelajaran Berbasis STEM di Sekolah Dasar Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Rangka Menyongsong Pencapaian Kompetensi Siswa Abad 21. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2), 857–867.

Pérez-Sánchez, E. O., Chavarro-Miranda, F., & Riano-Cruz, J. D. (2023). Challenge-based learning: A ‘entrepreneurship-oriented’teaching experience. Management in Education, 37(3), 119–126.

Prajono, R., Gunarti, D. Y., & Anggo, M. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik smp ditinjau dari self efficacy. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 143–154.

Pulungan, S. A., & Pandapotan, R. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Software Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 2834–2842.

Putri, R. R., & Ardiansyah, A. S. (2023). Telaah Bahan Ajar Berbasis Challenge Based Learning Terintegrasi Stem Berbantuan Nearpod Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 1, 79–89.

Ratuanik, M., & Feninlambir, S. (2022). Pemanfaatan Software Geogebra pada Materi Lingkaran dengan Menggunakan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanimbar Utara. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1105–1119.

Simanjuntak, S. D. (2019). Panduan penggunaan GeoGebra untuk guru sekolah dasar. Jakad Media Publishing.

Sitompul, N. N. S. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp kelas ix. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 45–54.

Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking. Suryacahya.

Wulansari, N., Raditya, A., & Sukmawati, R. (2022a). Penerapan Penggunaan Media Aplikasi Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Seminar & Conference Proceedings of UMT, 77–84.

Wulansari, N., Raditya, A., & Sukmawati, R. (2022b). Penerapan Penggunaan Media Aplikasi Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Seminar & Conference Proceedings of UMT, 77–84.

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Najizah, M. Y., & Sutarto, H. (2025). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa pada Pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) Berbantuan Software Geogebra. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 5, 124–132. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/5535