Eksplorasi Etnomatematika Pada Bangunan Masjid Darussalam Blokagung
Keywords:
Etnomatematika, Arsitektur Masjid, Budaya Lokal, Pembelajaran Matematika, Masjid Darussalam BlokagungAbstract
Matematika adalah bidang ilmu yang bersifat konseptual dan terus berkembang. Dalam proses belajar matematika, sering kali dibahas masalah yang muncul dalam kehidupan sehari-hari. Sementara itu, budaya muncul dari kebiasaan manusia dalam menjalani kehidupan. Berdasarkan hal ini, budaya memiliki hubungan yang kuat dengan matematika, sehingga menciptakan sebuah pembelajaran yang menitikberatkan pada kedua hal tersebut. Hal ini dikenal sebagai etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk menjelajahi elemen-elemen etnomatematika yang ada dalam arsitektur Masjid Darussalam Blokagung di Banyuwangi, Jawa Timur. Pendekatan etnomatematika dimanfaatkan untuk menghubungkan gagasan-gagasan matematika dengan kebudayaan lokal melalui analisis arsitektur masjid, sebagai usaha untuk memperkaya pembelajaran matematika yang berbasis konteks dan kearifan lokal. Dengan menggunakan metode kualitatif berupa studi etnografi, data diperoleh melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan pengumpulan dokumentasi visual, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masjid Darussalam blokagung terdapat unsur etnomatematika berupa bangun datar dan bangun ruang. Sehingga konsep konsep matematikanya dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan dan memahami dengan melalui budaya lokal.
Downloads
References
Amalia Soleha, Deswita Khofipah Saputri, Lena Saputri, & Djuita Hidayati. (2024). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika SD/MI. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(6), 352–361. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i6.1361
Delviana, R., & Putra, A. (2022). Systematic Literature Review: Eksplorasi Etnomatematika pada Ornamen. Leibniz: Jurnal Matematika, 2(1), 48–58. https://doi.org/10.59632/leibniz.v2i1.143
Fajriyah, E. (n.d.). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Faruq, U. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Masjid Jami’ Sultan Syarif Abdurrahman Kota Pontianak. Juwara Jurnal Wawasan Dan Aksara, 3(1), 30–42. https://doi.org/10.58740/juwara.v3i1.49
Faturrahman, M., & Soro, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Masjid Al-Alam Marunda Ditinjau dari Segi Geometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1955–1964. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.734
Maure, O. P., & Ningsi, G. P. (2018). Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia Ekplorasi Etnomatematika Pada Tarian Caci Masyarakat Manggarai Nusa Tenggara Timur. 340–347.
Norhikmah, L., Hariati, A., Kalminan, R., Sabirin, M., Matematika, P., & Islam Negeri Antasari Banjarmasin, U. (2024). Eksplorasi etnomatematika pada bangunan masjid agung al-munawarah banjarbaru. In elips: jurnal pendidikan matematika (Vol. 5, Issue 2). http://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS
Orey, C., & Rosa, M. (2011). Etnomatematika : aspek budaya matematika Etnomatemática : os aspek budaya dan matemática. 4, 32–54.
Rofiq, A., Damayanti, R., Janan, T., Sitaresmi, P. D. W., & Nuryami, N. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Agung Kota Probolinggo. AL JABAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.46773/aljabar.v1i1.284
Saviraningrum, W., & Wahidin, W. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Agung Kota Tasikmalaya. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), 748–763. https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.281
Soviawati, E. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 154–163.
Tuhfatul Janan, Pratiwi Dwi Warih Sitaresmi, Nuryami, Ratna Damayanti, & Nurhidayati. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Al-Akbar Surabaya. AL JABAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 93–101. https://doi.org/10.46773/aljabar.v2i2.783
Yudianto, E., Sunardi, Sugiarti, T., Susanto, Suharto, & Trapsilasiwi, D. (2018). The identification of van Hiele level students on the topic of space analytic geometry. Journal of Physics: Conference Series, 983(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012078
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Nur Azizah, M. Mahrus Asrori, M. Arif Juliantoro, Darma Tazianto, Mohammad Irkham

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

