Penggunaan Symbolab Dalam Menyelesaikan Masalah SPLTV kelas X SMA Negeri 2 Indralaya Utara
Keywords:
Kelancaran, Prosedural, Symbolab, SPLTVAbstract
Penggunaan teknologi seperti symbolab dalam proses pembelajaran sejalan dengan perkembangan era digital. Symbolab sebagai salah satu aplikasi yang menyediakan solusi matematika yang membantu siswa memahami langkah-langkah penyelesaian SPLTV secara bertahap. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi symbolab dalam membantu siswa kelas X SMA Negeri 2 Indralaya Utara menyelesaikan masalah SPLTV. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tes tertulis berupa 2 soal uraian yang dirancang untuk mengukur kelancaran prosedural matematis siswa dalam menyelesaikan masalah mengenai SPLTV dengan bantuan aplikasi symbolab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kelancaran prosedural siswa memiliki kategori sedang dengan persentase sebanyak 46,7%. Hasil tes kelancaran prosedural siswa terbagi menjadi 3 kategori yaitu 16,7% berkategori tinggi dengan jumlah siswa sebanyak 5 orang, 46,7% berkategori sedang dengan jumlah siswa sebanyak 14 orang, dan 36,7% berkategori rendah dengan jumlah siswa sebanyak 11 orang. Dengan demikian, aplikasi symbolab efektif dalam meningkatkan kelancaran prosedural matematis siswa sehingga memudahkan siswa dalam menyelesaikan masalah SPLTV.
Downloads
References
Afianti, N., Sugilar, H., & Susilawati, W. (2022). Improving Students’ Procedural Mathematics Fluency Skills through Microsoft Mathematics Peningkatan Kemampuan Kelancaran Prosedural Matematika Siswa melalui Microsoft Mathematics. 10(2), 85–94.
Ahmar, D. S., Poba, D., & Azzajjad, M. F. (2023). Gamification Learning integrated with Local Wisdom based on Character Education, is There an Effect on Problem Solving Ability? 9(9), 7614–7620.
Anifarka, A., & Rosnawati, R. (2023). Analisis Buku Teks Matematika SMP Berdasarkan Tingkat Kognitif pada Taksonomi Bloom Revisi dan Numerasi pada AKM. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2151–2166.
Dany, A., Rifan, H., & Suryandari, M. (2024). Peran Media Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Modern. Cendekia Pendidikan, 4(1), 91–100.
Fendiyanto, P., Basir, A., Asyril, A., & Kurniawan, K. (2024). Pendampingan Pembuatan Media Alat Peraga Berbasis Permainan Pada Materi Bentuk Aljabar. Madaniya, 5(4), 1719-1728. https://doi.org/10.53696/27214834.987
Jeremy Kilpatrick, Jane Swafford, B. F. (2001). Adding It Up Helping Children Learn Mathematics. Maharani, I., Lubis, A., Syahrani, A., Rafidah, R., & Mulianingtias, R. (2024). Penggunaan Aplikasi Symbolab Dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri (Jumlah dan Selisih Sudut). OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3(1), 20–28.
Naz Makhdum, F., Sandhu, R. H., Batool, T., Khan, S., Faisal, F., & Younas, A. (2023). Effect of Using Symbolab Calculator in Teaching Simultaneous Equations on Students’ Conceptual Understanding at The Elementary Level in Pakistan: Mathematics Attitude in Technological Corners. Journal of Positive School Psychology, 2023(1), 117–124.
Niza Tadzkiratun Nafisah, Futri Maria, M. Ridho Amanatullah, & Tata Sutabri. (2024). Penggunaan Teknologi Artificial Intelligence Untuk Peningkatan Pembelajaran Pada SMA Nurul Iman Palembang Menggunakan ITIL V3. Nuansa Informatika, 18(1), 34–40.
Nur, L., Putriyannah, I., Ratnaningsih, N., & Nurhayati, E. (2022). Analisis Kelancaran Prosedural Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Gaya Belajar Silver Dan Hanson. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(1), 30–45.
Nurkhasanah, I., & Ruli, R. M. (2023). Kelancaran Prosedural Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Persamaan Kuadrat. Didactical Mathematics, 5(2), 273–281.
Paulin, M., & Jean Baptiste, N. (2024). Effectiveness of the Symbolab Calculator in Improving Second Year Science and Mathematics Students Ability to Solve Trigonometric Equations. East African Journal of Education and Social Sciences, 4(6), 29–38.
Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tentang Standar Nasional Pendidikan. (2022). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2022, 1–16.
Pratiwi, R., & Hidayati, N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMK Berdasarkan Tahapan Polya. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 256–263.
Qurohman, M. T., Romadhon, S. A., & Rokhmah, N. (2024). Peningkatan pemahaman peserta didik tingkat smk terhadap aljabar matematika berbantuan symbolab. 8(4), 3851–3859.
Rahman, I. F., Pomalato, S., & Mohidin, A. D. (2018). Analisis Pemahaman Konseptual dan Kemampuan Prosedural Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Siswa Di SMP Negeri 1 Pinogaluman. JPs: Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 3(1), 7–12.
Rohyati, S., Putri, D. P., & Nasir, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kelancaran Prosedural Matematis. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 5(1), 79–88.
Safitri, A., & Lestari, K. E. (2022). Analisis Kelancaran Prosedural Matematis Siswa Berdasarkan Kemandirian Belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 444–452
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahma Rezkia, Indaryanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

