Efektivitas Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Sisi Datar
Keywords:
Matematika, Augmented Reality, Bangun Ruang Sisi DatarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pengembangan Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran Matematika materi Bangun Ruang Sisi Datar (BRSD). Pengembangan AR ini diimplementasikan melalui filter Instagram dan TikTok yang dirancang sebagai kuis tebak rumus. Studi ini dilakukan di SMP Negeri 9 Kota Bogor dengan melibatkan 59 siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dan metode kuasi-eksperimen dengan desain pre-test dan post-test pada kelompok. Data dikumpulkan melalui hasil pre-test dan post-test, angket respons siswa, serta penilaian dari ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran dan guru matematika. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa di kelompok eksperimen yang menggunakan filter AR dengan hasil N-Gain sebesar 0,637658058 dalam kategori sedang. Penilaian ahli materi menunjukkan 96%, penilaian ahli media sebesar 96%, penilaian ahli pembelajaran sebesar 93% dan penilai guru matematika sebesar 91%. Hal ini mengindikasikan bahwa pengembangan AR melalui filter Instagram dan TikTok sebagai kuis tebak rumus BRSD efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa, serta memberikan pengalaman pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.
Downloads
References
Amir, A. (2014). Pembelajaran matematika SD dengan menggunakan media manipulatif. In Forum Paedagogik (Vol. 6, No. 01). Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Amrina, Z., Sari, S. G., Alfino, J., & Mahdiansyah, M. (2023). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis augmented reality untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 380-391.
Arifin, A. M., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59-73.
As'ari, A., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., Taufiq., I. (2017). Matematika: buku guru SMP/MTs Kelas VII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. ISBN 9786022829911
Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82-93.
Elvarita, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2020). Pengembangan bahan ajar mekanika tanah berbasis e-modul pada program studi pendidikan teknik bangunan, Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 1-7.
Fitria, R., Nuraini, N. L. S., & Winahyu, S. E. (2020). Development of Digital Plane Shape Houses Media for Class IV Elementary Schools. In 2nd Early Childhood and Primary Childhood Education (ECPE 2020) (pp. 179-185). Atlantis Press.
Fendiyanto, P., Basir, A., Asyril, A., & Kurniawan, K. (2024). Pendampingan Pembuatan Media Alat Peraga Berbasis Permainan Pada Materi Bentuk Aljabar. Madaniya, 5(4), 1719-1728. https://doi.org/10.53696/27214834.987
Ilma, M. F. M., Roebyanto, G., & Ahdhianto, E. (2022). Pengembangan Media Kartu Baruang (Belajar Bangun Ruang) Berbasis Augmented Reality untuk Kelas VI SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(1), 36.
Istiqomah, J. Y. N., & Indarini, E. (2021). Meta analisis efektivitas model problem based learning dan problem posing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 670-681.
Listiawan, T., & Antoni, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis augmented reality (AR) pada materi transformasi geometri. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 7(1), 43-52.
Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan augmented reality sebagai media pembelajaran pengenalan komponen pneumatik di SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2).
Nurlaela, E., & Imami, A. I. (2022). Peningkatan kemampuan literasi matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning di kelas VII SMPIT Insan Harapan. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 33-38.
Rampolla, J., & Kipper, G. (2013). Augmented reality: An emerging technologies guide to AR. Elsevier.
Rozi, F., Kurniawan, R. R., & Sukmana, F. (2021). Pengembangan media pembelajaran pengenalan bangun ruang berbasis augmented reality pada mata pelajaran matematika. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 6(2), 436-447.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sulviana, N., Fitria, H., & Wahidy, A. (2021). Manajemen guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Jambura Journal of Educational Management, 15-31.
Sunardi, D., Sahputra, E., & Hidayah, A. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi guru SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. JPMTT (Jurnal pengabdian masyarakat teknologi terbarukan), 1(1), 29-34.
Sungkono, S., Apiati, V., & Santika, S. (2022). Media pembelajaran berbasis teknologi augmented reality. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 459-470.
Waruwu, M. (2024). Metode penelitian dan pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan Dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220-1230.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jihan Kristal Yasmin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

