Efektivitas Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
Keywords:
Efektivitas, Hasil Belajar, Kecerdasan Buatan (AI), Matematika, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SMP Adhyaksa Medan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika, serta perkembangan teknologi yang semakin pesat sehingga membuka peluang untuk memanfaatkan AI sebagai media pendukung dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini terdiri dari 21 siswa kelas IX-A SMP Adhyaksa Medan. Pembelajaran matematika dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi berbasis AI untuk mendukung pemahaman materi kubus dan balok. Data dikumpulkan melalui tes awal (pretest), tes akhir (posttest), dan angket motivasi belajar. Hasil analisis menunjukkan skor N-gain antara data pretest dan posttest adalah 0,7537 (75,37%) yang menunjukkan kategori tinggi atau berada dalam kategori sangat efektif. Hasil uji-t dengan bantuan SPSS menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Selain itu, hasil angket motivasi belajar menunjukkan 79,3% siswa memberikan respon positif, yang termasuk dalam kategori kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan AI dalam pembelajaran matematika efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Andreani, F. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal PISA Matematika Berdasarkan Mathematization Terhadap Materi Aljabar di SMPN 97 Jakarta. JRPMS (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah). 6 (2). 51 – 60.
Arikunto, S. (1999). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Bumi Aksara.
Bernard, M & Arif, S. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa MTs Dalam Pembelajaran Matematika Materi Segitiga dengan Berbantuan Media Javascript Geogebra. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1): 134-143.
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. 8(1): 31-43.
Chandra, A. A., Nathaniel, V., Satura, F. R., & Adhinata, F. D. (2022). Pengembangan Chatbot Informasi siswa Berbasis Telegramdengan Metode Natural Language Processing. Journal ICTEE. 3(1): 20-27.
Fendiyanto, P., Tindangen, M., & Rizki, N. A. (2025). Pendampingan dan Pengenalan Artificial Intelligence untuk Penulisan Publikasi Ilmiah. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 8(3), 280–285. https://doi.org/10.29303/jppm.v8i2.9260
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics. 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809
Kujala, T., & Saariluoma, P. (2018). Cognitive Mimetics for Designing Intelligent Technologies. Advances in Human‐Computer Interaction. (1). 1-9.
Leuwol, F. S. (2023). Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi. 10 (3):. 988 – 999.
Mahluddin., dkk. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Adab Sholat dan Zikir Melalui Model Problem Based Learning di Kelas VII SMPN 33 Batanghari. Journal Of Indonesian Professional Teacher. 12-23.
Nufus, Hayatun. (2024). Pengaruh Penggunaan ChatGPT Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa STMIK Antar Bangsa. Jurnal Teknik Informatika STMIK Antar Bangsa. 10 (1): 28-31.
Ornawati, V., & dkk. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.11(1). 45 – 56.
Purnamasari, M., Isman, J., Damayanti, A., & Ismah, I. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Terhadap Konsep Bangun Ruang Materi Luas dan Volume Balok dan Kubus Menggunakan Metode Drill Sekolah SMP Islam Al-Ghazali Kelas VIII. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 3(1), 45-52.
Retnowati. P dan Ekayanti. A. (2020). Think Talk Write Sebagai Upaya Peningkatan Komunikasi Matematis. SIGMA : Kajian Ilmu Pendidikan Matematika. 6(1), 17-25.
Rosa, N. N. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. TANJAK: Journal of Education and Teaching. 1(2). 147–153.
Salay, R. (2019). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa yang Mendapatkan Teacher Centered Learning (TCL) Dengan Student Centered Learning (SCL). Education. 1(1): 1–12.
Uno, B. H. (2008). Model Pembelajaran. Jakarta: Bina Aksara.
Yasir, M & Saharuna. (2024). Pengaruh Artificial Intelligence (AI) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa yang Dimediasi oleh Motivasi Belajar dan Kreativitas. Jambura Journal of Educational Management. 5(1). 45-54.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Febry Azmiana Siregar, Cornelia Valent Christin Sitanggang, Feby Armelia Rosi, Hanna Novita Sihombing

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

