Eksplorasi Etnomatematika Konsep Geometri Pada Kue Tradisional Khas Banyuwangi

Authors

  • Muhammad Hasan Asnawi Program Studi Tadris Matematika, Universitas KH. Mukhtar Syafaat Banyuwangi, Jawa Timur
  • Azijatul Fitria Program Studi Tadris Matematika, Universitas KH. Mukhtar Syafaat Banyuwangi, Jawa Timur
  • Siti Maysaroh Program Studi Tadris Matematika, Universitas KH. Mukhtar Syafaat Banyuwangi, Jawa Timur
  • Felisa Asnawi Program Studi Tadris Matematika, Universitas KH. Mukhtar Syafaat Banyuwangi, Jawa Timur
  • Anissa Ika Nurrohmah Program Studi Tadris Matematika, Universitas KH. Mukhtar Syafaat Banyuwangi, Jawa Timur

Keywords:

Etnomatematika, Geometri, Kue Tradisional Banyuwangi., Pembelajaran Kontekstual, Budaya Lokal

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki ide-ide geometri yang terkandung dalam kue tradisional Banyuwangi. Metode dengan yang dipilih adalah metode kualitatif etnografi. Etnomatematika adalah pendekatan yang melihat matematika sebagai konstruksi budaya yang berasal dari aktivitas sehari-hari masyarakat, seperti kue khas tradisional. Pendekatan etnografi kualitatif yang digunakan untuk mempelajari makna budaya dan matematis secara menyeluruh. Empat jenis kue khas Banyuwangi: Bagiak, Klemben, Kucur Kemerdekaan, dan Pia Glenmore adalah subjek penelitian ini. Analisis dilakukan dengan mengamati bentuk fisik kue, pola hiasan, serta proses pembuatan yang mengandung unsur matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep geometri seperti volume bangun ruang (tabung dan setengah bola), bangun datar elips, jari-jari, dan diameter lingkaran diwakili di masing-masing kue. Penelitian ini menunjukkan bahwa kue tradisional dapat digunakan sebagai alat untuk belajar geometri yang berakar pada budaya lokal dan kontekstual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi Asrafiani Arafah, Sukriadi, S., & Auliaul Fitrah Samsuddin. (2023). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 358–366. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.946

Angraini, L. M., Susilawati, A., Noto, M. S., Wahyuni, R., & Andrian, D. (2024). Augmented Reality for Cultivating Computational Thinking Skills in Mathematics Completed with Literature Review, Bibliometrics, and Experiments for Students. Indonesian Journal of Science and Technology, 9(1), 225–260. https://doi.org/10.17509/ijost.v9i1.67258

Asmara, Y. (2019). Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna dengan Pendekatan Kontektual. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial-Humaniora, 2(2), 105–120.

Caffrey, C., Lee, H., Withorn, T., Clarke, M., Castañeda, A., Macomber, K., Jackson, K. M., Eslami, J., Haas, A., Philo, T., Galoozis, E., Vermeer, W., Andora, A., & Kohn, K. P. (2022). Library instruction and information literacy 2021. Reference Services Review, 50(3/4), 271–355. https://doi.org/10.1108/RSR-09-2022-0035

Chodariyah, D. E. N., Susanto, M. R., & Sukiyanto, S. (2024). Implementasi Multimedia Syair Lagu Daerah Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Dan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas 1 Sd Negeri Muntilan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(03), 812–824.

Colonnese, M. W. (2020). The development of instructional guidelines for elementary mathematical writing. School Science and Mathematics, 120(3), 129–143. https://doi.org/10.1111/ssm.12391

Davies, A., Veličković, P., Buesing, L., Blackwell, S., Zheng, D., Tomašev, N., Tanburn, R., Battaglia, P., Blundell, C., Juhász, A., Lackenby, M., Williamson, G., Hassabis, D., & Kohli, P. (2021). Advancing mathematics by guiding human intuition with AI. Nature, 600(7887), 70–74. https://doi.org/10.1038/s41586-021-04086-x

Fatimah, S., Fajriyah, R. Z., Zahra, F. F., & Prasetyo, S. P. (2024). Integrasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Berbasis Kesenian Tari Budaya Lampung. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(4), 1631–1640.

Fitriyani, R., & Pramudiani, P. (2021). Etnomatematika dalam pembelajaran matematika berbasis budaya lokal untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 135–144.

Heryanto, A. (2012). Budaya populer di indonesia. Yogyakarta: Jalasutra.

Lestari, F. P., Ahmadi, F., & Rochmad, R. (2021). The implementation of mathematics comic through contextual teaching and learning to improve critical thinking ability and character. European Journal of Educational Research, 10(1), 497–508. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.497

Machaba, F., & Dhlamini, J. (2021). Ethnomathematics as a Fundamental Teaching Approach (pp. 59–76). https://doi.org/10.1007/978-3-030-82723-6_5

Mania, S., & Alam, S. (2021a). Teachers’ perception toward the use of ethnomathematics approach in teaching math. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 9(2), 282–298. https://doi.org/10.46328/IJEMST.1551

Mania, S., & Alam, S. (2021b). Teachers’ perception toward the use of ethnomathematics approach in teaching math. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 9(2), 282–298. https://doi.org/10.46328/IJEMST.1551

Manoi, G., & Soesanto, R. H. (2022). Stimulus Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Media Interaktif Pada Pembelajaran Matematika Secara Daring [Stimulating the Activeness of Students Through the Implementation of Interactive Media in Online Mathematics Learning]. Johme: Journal of Holistic Mathematics Education, 6(1), 43. https://doi.org/10.19166/johme.v6i1.4602

Mar, A., Mamoh, O., & Amsikan, S. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada rumah adat manunis ka’umnais suku uim bibuika kecamatan botin leobele kabupaten malaka. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 155–162.

Muhrman, K. (2022). How can students in vocational education be motivated to learn mathematics? Nordic Journal of Vocational Education and Training, 12(3), 47–70. https://doi.org/10.3384/njvet.2242-458X.2212347

Muhtadin, A., Rizki, N. A., & Fendiyanto, P. (2023). Pendampingan Mendesain Soal Literasi Matematika Model PISA Dengan Pendekatan Etnomatematika (Konteks Sosial Budaya Masyarakat Kutai). Al-Khidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 18-25. https://doi.org/10.15575/jak.v6i1.17697

Nadhyva Maulida Farih, & Dya A’yun. (2024). Implikasi Aliran Esensialisme dalam Budaya Pendidikan Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 2(1), 12–26. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i1.629

Nasution, U. B., Yuliasih, M., Judijanto, L., Putra, S. D., Stj, R. C. M. A., & Setiyono, K. (2024). Bisnis Kuliner: Teori dan strategi pengembangan bisnis kuliner. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

N.K.V. Dwianjani, I.W.P. Astawa, & I.N. Sukajaya. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Brsd Berorientasi Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(2), 69–80. https://doi.org/10.23887/jppmi.v11i2.1447

Nur, A. S., Sukestiyarno, Y. L., & Junaedi, I. (2019). Etnomatematika dalam perspektif problematika pembelajaran matematika: Tantangan pada siswa indigenous. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2(1), 90–96.

Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145–6154. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3183

Oktaviani, R. N., Mumtaza, A. L., & Nur, D. M. M. (2025). Implementasi Media Pembelajaran Word Wall Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS. RUKASI: Jurnal Ilmiah Perkembangan Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(02), 59–66.

Oktavianti, D., Hakim, A. R., Hamid, A., Nurhayati, N., & Mulyatna, F. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Jakarta dan Kaitannya dengan Pembelajaran Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 29. https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14921

Orey, D. C., & Rosa, M. (2021). Ethnomodelling as a glocalization process of mathematical practices through cultural dynamism. The Mathematics Enthusiast, 18(3), 439–468. https://doi.org/10.54870/1551-3440.1533

Payadnya, I. P. A. A., Wulandari, I. G. A. P. A., Puspadewi, K. R., & Saelee, S. (2024). The significance of ethnomathematics learning: a cross-cultural perspectives between Indonesian and Thailand educators. Journal for Multicultural Education, 18(4), 508–522. https://doi.org/10.1108/JME-05-2024-0049

Putra, M. B. D., Bratayadnya, P. A., & Raharjo, A. (2025). Jajanan Khas Bali Dalam Fotografi Komersial. Retina Jurnal Fotografi, 5(1), 118–127.

Putri, L. I. (2017). Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1).

Putri, Syifa Muazizah, Ananda Mulyatna, F. (2025). Etnomatematika: Kesenian Tanjidor Di Kelurahan Cijantung Dan Kaitannya Dalam Penerapan Konsep Matematika. Multidisiplin Ilmu Akademik, 2(1), 13. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jmia.v2i1.3515

Roche, A., Gervasoni, A., & Kalogeropoulos, P. (2023). Factors that promote interest and engagement in learning mathematics for low-achieving primary students across three learning settings. Mathematics Education Research Journal, 35(3), 525–556. https://doi.org/10.1007/s13394-021-00402-w

Rosa, M., D’Ambrosio, U., Orey, D. C., Shirley, L., Alangui, W. V, Palhares, P., & Gavarrete, M. E. (2016). Current and future perspectives of ethnomathematics as a program. Springer Nature.

Rosa, M., & Orey, D. C. (2016). Ethnomathematics: A tool for the development of critical and reflective thinking. Springer.

Rosa, M., & Orey, D. C. (2021). Applying Ethnomodelling to Explore Glocal Mathematical Knowledge Systems. Acta Scientiae, 23(1). https://doi.org/10.17648/acta.scientiae.6241

Sari, M. A. R., Farida, F., Putra, R. W. Y., & Maulidin, S. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Gamifikasi Bernuansa Islami Dan Lingkungan Pada Materi Bangun Datar Tingkat Smp/Mts Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 4(3), 103–115. https://doi.org/10.51878/teacher.v4i3.4229

Shinta, R. (2025). Makna Simbolik Makanan Tradisional Pinyaram dalam Upacara Batagak Penghulu di Nagari Baringin Palembayan. Universitas Andalas.

Sri Ramadhani, & Siti Rahmadhani Siregar. (2022). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sd Swasta Pangeran Antasari Tahun Ajaran 2021/2022. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(2), 178–192. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i2.1188

Susanti, D., Rahmawati, I., & Sari, M. (2020). Makanan tradisional sebagai media pembelajaran matematika kontekstual di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 101–110.

Syamsuddin, A., Babo, R., Sulfasyah, & Rahman, S. (2021). Mathematics learning interest of students based on the difference in the implementation of model of thematic learning and character-integrated thematic learning. European Journal of Educational Research, 10(2), 581–591. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.2.581

Tahir, N. N., Ismail, S., Oroh, F. A., Zakaria, P., & Usman, K. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Penggunaan Multimedia Game Petualangan Dalam Limas Berbasis Mobile Learning di SMP Negeri 1 Tilango. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 10(1), 15–25. https://doi.org/10.34312/euler.v10i1.12936

Thamren, A. (2025a). Eksplorasi Konsep Geometri Pada Ikan Keturi Piring Dalam Tradisi Masyarakat Melayu Jangkang. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 97–109.

Thamren, A. (2025b). Eksplorasi Konsep Geometri Pada Ikan Keturi Piring Dalam Tradisi Masyarakat Melayu Jangkang. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 97–109.

Vuyk, A., Montania, M., & Barrios, L. (2024). Boredom and its perceived impact in adolescents with exceptional mathematical talent: a sequential mixed-methods study in Paraguay. Frontiers in Sociology, 9(May). https://doi.org/10.3389/fsoc.2024.1214878

Wulandari, I. G. A. P. A., Payadnya, I. P. A. A., Puspadewi, K. R., & Saelee, S. (2024). The Role of Ethnomathematics in South-East Asian Learning: A Perspective of Indonesian and Thailand Educators. Mathematics Teaching-Research Journal, 16(3), 101–119.

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Asnawi, M. H., Fitria, A., Maysaroh, S., Asnawi, F., & Nurrohmah, A. I. (2025). Eksplorasi Etnomatematika Konsep Geometri Pada Kue Tradisional Khas Banyuwangi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 5, 18–31. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/5519