Eksplorasi Etnomatemtika Berbasis Alat Kesenian Rebana Dalam Pembelajaran Matematika
Keywords:
Etnomatematika, Geometri, Rebana, Bangun Ruang, Kontekstual, Pembelajaran MatematikaAbstract
Etnomatematika merupakan pendekatan kontekstual yang mengintegrasikan nilai-nilai budaya ke dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi alat musik tradisional rebana sebagai media pembelajaran materi geometri bangun ruang pada jenjang SMA. Hasil hasil penelitian-penelitian terdahulu menunjukkan bahwa bentuk fisik rebana, seperti bass, terbangan, darbuka, keprak, dan tam, mencerminkan konsep bangun ruang seperti tabung dan kerucut. Melalui pemanfaatan objek budaya ini, siswa dapat mempelajari elemen-elemen geometri seperti tinggi, diameter, jari-jari, luas permukaan, dan volume secara lebih konkret. Pendekatan ini mendorong peserta didik untuk mengaitkan pengalaman budaya dengan konsep matematika yang bersifat abstrak, sehingga memperkuat pemahaman spasial, menumbuhkan daya pikir kritis, serta menanamkan nilai pelestarian budaya lokal. Oleh karena itu, penggunaan rebana dalam pembelajaran geometri direkomendasikan sebagai alternatif inovatif dalam meningkatkan kualitas dan relevansi pembelajaran matematika di sekolah menengah atas.
Downloads
References
Durand-Guerrier, V., Soury-Lavergne, S., & Arzarello, F. (n.d.). Proceedings of the Sixth Congress of the European Society for Research in Mathematics Education. www.inrp.fr/editions/cerme6
Linda, O., & Putri, I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana sebagai Sumber Belajar Matematika pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1, 12–21
Mu’asaroh, H. P., & Noor, N. L. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Bentuk Alat Musik Rebana. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 69. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.9908
Muhtadin, A., Rizki, N. A., & Fendiyanto, P. (2023). Pendampingan Mendesain Soal Literasi Matematika Model PISA Dengan Pendekatan Etnomatematika (Konteks Sosial Budaya Masyarakat Kutai). Al-Khidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 18-25. https://doi.org/10.15575/jak.v6i1.17697
Nurcahyono, N. A., & Novarina, E. (2020). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Berdasarkan Indikator Kemampuan Imajinasi Matematis Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 121–130.
Nusantara, D. S., Zulkardi, Z., & Putri, R. I. I. (2020). Designing PISA-like mathematics problem relating change and relationship using physical distancing context. Journal of Physics: Conference Series, 1663(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012004
Aslan, D. (2020). The Role of Ethnomathematics in Mathematics Education. International Journal of Scientific and Technological Research, 6(2), 123–129.
D’Ambrosio, U. (2001). What is Ethnomathematics and How Can It Help Children in Schools?Teaching Children Mathematics, 7(6), 308–310.
Gerdes, P. (1999). Geometry from Africa: Mathematical and Educational Explorations. The Mathematical Association of America.
Zaslavsky, C. (1999). Africa Counts: Number and Pattern in African Cultures. Chicago
Review Press. Zuhri, M. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Etnomatematika Rebana terhadap Kemampuan Berhitung. Skripsi. UIN Walisongo Semarang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nawal Ika Susanti, Aditia Ilham Imas Samporno, M. Nauval Jalil

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

