Eksplorasi Etnomatemtika Berbasis Alat Kesenian Rebana Dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Nawal Ika Susanti Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas KH Mukhtar Syafaat, Jawa Timur
  • Aditia Ilham Imas Samporno Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas KH Mukhtar Syafaat, Jawa Timur
  • M. Nauval Jalil Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas KH Mukhtar Syafaat, Jawa Timur

Keywords:

Etnomatematika, Geometri, Rebana, Bangun Ruang, Kontekstual, Pembelajaran Matematika

Abstract

Etnomatematika merupakan pendekatan kontekstual yang mengintegrasikan nilai-nilai budaya ke dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi alat musik tradisional rebana sebagai media pembelajaran materi geometri bangun ruang pada jenjang SMA. Hasil hasil penelitian-penelitian terdahulu menunjukkan bahwa bentuk fisik rebana, seperti bass, terbangan, darbuka, keprak, dan tam, mencerminkan konsep bangun ruang seperti tabung dan kerucut. Melalui pemanfaatan objek budaya ini, siswa dapat mempelajari elemen-elemen geometri seperti tinggi, diameter, jari-jari, luas permukaan, dan volume secara lebih konkret. Pendekatan ini mendorong peserta didik untuk mengaitkan pengalaman budaya dengan konsep matematika yang bersifat abstrak, sehingga memperkuat pemahaman spasial, menumbuhkan daya pikir kritis, serta menanamkan nilai pelestarian budaya lokal. Oleh karena itu, penggunaan rebana dalam pembelajaran geometri direkomendasikan sebagai alternatif inovatif dalam meningkatkan kualitas dan relevansi pembelajaran matematika di sekolah menengah atas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Durand-Guerrier, V., Soury-Lavergne, S., & Arzarello, F. (n.d.). Proceedings of the Sixth Congress of the European Society for Research in Mathematics Education. www.inrp.fr/editions/cerme6

Linda, O., & Putri, I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana sebagai Sumber Belajar Matematika pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1, 12–21

Mu’asaroh, H. P., & Noor, N. L. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Bentuk Alat Musik Rebana. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 69. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.9908

Muhtadin, A., Rizki, N. A., & Fendiyanto, P. (2023). Pendampingan Mendesain Soal Literasi Matematika Model PISA Dengan Pendekatan Etnomatematika (Konteks Sosial Budaya Masyarakat Kutai). Al-Khidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 18-25. https://doi.org/10.15575/jak.v6i1.17697

Nurcahyono, N. A., & Novarina, E. (2020). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Berdasarkan Indikator Kemampuan Imajinasi Matematis Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 121–130.

Nusantara, D. S., Zulkardi, Z., & Putri, R. I. I. (2020). Designing PISA-like mathematics problem relating change and relationship using physical distancing context. Journal of Physics: Conference Series, 1663(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012004

Aslan, D. (2020). The Role of Ethnomathematics in Mathematics Education. International Journal of Scientific and Technological Research, 6(2), 123–129.

D’Ambrosio, U. (2001). What is Ethnomathematics and How Can It Help Children in Schools?Teaching Children Mathematics, 7(6), 308–310.

Gerdes, P. (1999). Geometry from Africa: Mathematical and Educational Explorations. The Mathematical Association of America.

Zaslavsky, C. (1999). Africa Counts: Number and Pattern in African Cultures. Chicago

Review Press. Zuhri, M. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Etnomatematika Rebana terhadap Kemampuan Berhitung. Skripsi. UIN Walisongo Semarang.

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Susanti, N. I., Samporno, A. I. I., & Jalil, M. N. (2025). Eksplorasi Etnomatemtika Berbasis Alat Kesenian Rebana Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 5, 10–17. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/5518