Etnomatematika Dalam Tradisi Diba’an di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung

Authors

  • Muhammad Abdul Qohar Program Studi Tadris Matematika, Universitas KH.Mukhtar Syafa’at, Jawa Timur
  • Rikha Warda Aulia Program Studi Tadris Matematika, Universitas KH.Mukhtar Syafa’at, Jawa Timur
  • Lia Himmatul Ulya Program Studi Tadris Matematika, Universitas KH.Mukhtar Syafa’at, Jawa Timur
  • Ariyaningsih Program Studi Tadris Matematika, Universitas KH.Mukhtar Syafa’at, Jawa Timur

Keywords:

Etnomatematika, Tradisi Diba’an, Pondok Pesantren, Pola Matematis

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kebutuhan untuk mengungkap penerapan etnomatematika dalam sebuah tradisi yang sarat nilai dan konteks budaya lokal, khususnya di lingkungan pesantren. Salah satu tradisi yang belum banyak dikaji dari sudut pandang etnomatematika ialah Diba’an, yakni kegiatan pembacaan kitab yang telah tumbuh dan diwariskan secara turun‑temurun di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung. Walaupun selama ini Diba’an lebih dikenal sebagai bentuk kesenian dan ritual keagamaan, pelaksanaannya ternyata mengandung berbagai pola dan struktur matematis, mulai dari pola pembagian syair, pola pengulangan bacaan, penghitungan waktu pelaksanaan, hingga bentuk dan ukuran alat musik rebana yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan konsep‑konsep etnomatematika dalam pelaksanaan Diba’an. Metode yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari para santri, ustadz, dan pengelola pesantren yang aktif terlibat dalam pelaksanaan Diba’an. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa berbagai konsep matematis dapat diidentifikasi dalam pelaksanaan Diba’an, mulai dari penerapan aritmetika sosial (penghitungan dan pembagian jumlah peserta), rasio dan proporsi (distribusi kerja antar kelompok), pola pengulangan struktur syair, perhitungan waktu pelaksanaan, hingga penerapan konsep geometri (bentuk dan ukuran alat musik rebana). Dengan demikian, Diba’an tidak hanya dapat dipandang sebagai bentuk kesenian dan ritual agama semata, tetapi juga sebagai contoh nyata penerapan etnomatematika dalam konteks pesantren. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan bahwa etnomatematika dapat memperkaya pembelajaran matematika dengan nilai kerja sama, disiplin, struktur, dan keteraturan, sekaligus berkontribusi dalam pelestarian nilai‑nilai budaya dan agama yang tumbuh dan diwariskan dalam kehidupan pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antika, A. N., & Muyassaroh, S. (2025). Integrasi Islam Dan Sains di Pondok Pesantren: Upaya Mewujudkan Multidisipliner di Era Globalisasi: Study Kasus di Pondok Pesantren Mansyaul Ulum Ganjaran. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 358–374.

Bahroni, A., & Zulkarnain, Z. (2024). Studi Komparatif: Tinjauan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Sejarah di SMA. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 8(2), 195–211.

Faizah, F., & Hikmah, A. N. (2022). Jam’iyah Diba’iyah. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 14(2), 227–238. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v14i2.664

Habsari, N. T. (2015). Kontribusi Pendidikan Sejarah dalam Pengembangan Modal Sosial untuk Mewujudkan Nasionalisme. SEMINAR INTERNASIONAL 2015, 103.

Hafsa, D. S. A. (2023). Budaya Diba’an Sebagai Sumber Belajar Berbasis Etnomatematika Di Sekolah Dasar. Jpgsd, 11(9), 1936–1945.

Hildani, T., & Safitri, I. (2021). Implementasi pembelajaran matematika berbasis kurikulum jaringan sekolah islam terpadu (jsit) dalam membentuk karakter siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 591–606.

Jacob, P. (2024). Hakikat pengetahuan dan kebenaran. Filsafat Ilmu, 106.

Judijanto, L., Wibowo, G. A., Karimuddin, K., Samsuddin, H., Patahuddin, A., Anggraeni, A. F., Raharjo, R., & Simorangkir, F. M. A. (2024). Research Design: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Kurniawan, W., & Hidayati, T. (2020). Etnomatematika : Konsep dan eksistensinya. https://doi.org/10.31219/osf.io/72tw9

Kusumawati, I. (2024). Integrasi kurikulum pesantren dalam kurikulum nasional pada pondok pesantren modern. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 2(01), 1–7.

Masduki, P. N., & Malasari, P. N. (2023). Konsep Matematis Pada Proses Pembuatan Jenang Kudus: Studi Etnomatematika. Algoritma: Journal of Mathematics Education, 5(2), 164–179. https://doi.org/10.15408/ajme.v5i2.39488

Muhtadin, A., Rizki, N. A., & Fendiyanto, P. (2023). Pendampingan Mendesain Soal Literasi Matematika Model PISA Dengan Pendekatan Etnomatematika (Konteks Sosial Budaya Masyarakat Kutai). Al-Khidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 18-25. https://doi.org/10.15575/jak.v6i1.17697

Masngudah, M. (2024). Kontribusi Tradisi Khidmah Dalam Pengembangan Soft Skills Santri Di Pptq Baitul Abidin Darussalam Wonosobo. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Nisa’, I. L. A., & Malasari, P. N. (2024). Implementasi Etnomatematika Berbasis Alat Kesenian Rebana untuk Memfasilitasi Kemampuan Matematis Siswa: Systematic Literature Review. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 6(2), 63–71. https://doi.org/10.21580/square.2024.6.2.21968

Nuryami, N., & Apriosa, K. D. (2024). Eksplorasi etnomatematika batik Probolinggo sebagai sumber belajar matematika sekolah. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(1), 177–190.

Pidianti, A., Asmaul Husna, & Nailul Himmi Hasibuan. (2024). Ethnopyramid Terintegrasi Rumah Adat Limas Potong Batam Sebagai Pendukung Literasi Numerasi Siswa Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 12(1), 89–106. https://doi.org/10.25139/smj.v12i1.7663

Purnaningsih, N. (2021). Metode Al-Targhib Wa Al-Tarhib Dalam Peningkatkan Motivasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember. Thesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Institut Agama ….

Putri, L. I. (2017). Etnomatematika, Kesenian Tradisional Rebana, Pembelajaran Matematika Pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV(1), 21–31.

Rasyid, M. A., & Balqis, S. P. (2024). Ambil Kendali Belajarmu!: Learning Ownership dalam Menciptakan Pemelajar Sejati di Kelas. Nas Media Pustaka.

Rijanto, S., Prasetyo, D. A. B., & Ningsi, G. P. (2024). Analisis Etnomatematika pada Budaya Diba’an. Juring (Journal for Research …, 7(1), 79–88. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/27002%0Ahttps://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/download/27002/10448

Tahir, R., Kalis, M. C. I., Thamrin, S., Rosnani, T., Suharman, H., Purnamasari, D., Priyono, D., Laka, L., Komariah, A., & Indahyani, T. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif: Mengumpulkan Bukti, Menyusun Analisis, Mengkomunikasikan Dampak. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Wirayanti, W., Erna, E., Cherawati, C., & Khaerani, S. (2024). Metode Pendidikan Tradisional Pesantren dalam Membina Akhlak Santri (Studi Pesantren Nahdlatul Ulum Kabupaten Maros). Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(10), 424–437.

Yanrianti, W., & Umam, K. (2025). Musik pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Perspektif Hadratus Syaikh K.H. Hasyim Asy’ari dalam Kitab At-Tanbihat al-Wajibat Ditinjau dari Segi Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 4688–4698. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7817

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Qohar, M. A., Aulia, R. W., Ulya, L. H., & Ariyaningsih, A. (2025). Etnomatematika Dalam Tradisi Diba’an di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 5, 1–9. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/5517