Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Segiempat

  • Firjon Nurisna Hadi Al Haq Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang, Jawa Timur
  • M. Indra Riamizad Raicudu Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang, Jawa Timur
Keywords: Metode Deskriptif, Pemahaman Konsep, Segiempat

Abstract

Permasalahan yang seringkali dialami peserta didik adalah kesulitan dalam memberikan solusi persoalan berdasarkan konsep. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hasil jawaban dan pemahaman konsep peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pembelajaran terkait bangun datar segiempat (jajargenjang dan persegi panjang) diberikan pada jenjang SMP yaitu pada kelas VII semester genap. Materi bangun datar segiempat penting untuk dikuasai karena merupakan dasar untuk mempelajari materi tingkat lanjut. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VII G MTs Al-Hidayah Karangploso. Data diperoleh dengan memberikan tes tertulis terkait bangun jajargenjang dan persegi panjang. Bentuk soal pemahaman konsep yang diberikan yaitu 5 butir soal yang telah divalidasi. Hasil penelitian diperoleh rata-rata tes terkait pemahaman konsep peserta didik adalah 13,32 termasuk dalam kategori sedang. Hasil analisis per indikator pemahaman konsep yaitu peserta didik kurang dalam pengulangan konsep, peserta didik kurang dalam menyajikan permasalahan matematika dengan pengaplikasian konsep yang telah dipelajari, dan kurang dalam mengklasifikasikan berdasarkan objek-objek matematika sesuai konsep beserta langkah penyelesaiannya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Firjon Nurisna Hadi Al Haq, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang, Jawa Timur

 

 

M. Indra Riamizad Raicudu, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang, Jawa Timur

 

 

References

Aliah, S. N. (2020). Analisis kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah berbentuk cerita pada materi segitiga dan segiempat. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 111-118.
Altintaş, E., & Ilgün, S. (2017). Exploring the opinions about the concepts of formula and rule in mathematics. Educational Research and Reviews, 12(9), 956-966.
Amani, F., Pratiwi, D. D. & Anggoro, B. S. (2023). Penerapan Model Diskursus Multi Representasi: Dampaknya terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Self Efficacy. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 11(1), 19-32.
Amintoko, G. (2017). Model pembelajaran direct instruction dalam meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar definisi limit bagi mahapeserta didik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(1), 7-12.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan dan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Astiti, D. O., Farida, Pratiwi, D. D. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Matematis Dengan Menerapkan Model Pembelajaran CMI Dengan Bantuan Pendekatan RME. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 35-44.
Hutagaol, N. L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik pada Materi SPLDV di Kelas VIII SMP Swasta Kartika 1-4 Pematangsiantar TA 2022/2023. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 8(1), 193-200.
Mustamiin, M. Z., & Muzakkir. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Takaku terhadap Penguasaan Konsep Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar Kelas VI. FONDATIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 22-31.
Rahayu, Y., & Pujiastuti, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Smp Pada Materi Himpunan: study kasus di SMP Negeri 1 Cibadak. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3(2), 93-102.
Setiawan, Julrissani, & Savira, L. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 80-91.
Takalao, D., Regar, V. E., & Sulistyaningsih, M.. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Adiba: journal of education, 2(4), 589-601.
Utari, R. S., Andinasari, & Gustiningsi, T. (2021). Pemahaman Konsep Mahapeserta didik Materi Integral Lipat Dua Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 7(1), 1-20.
Yavuz, A., Aydin, B., & Avci, M. (2016). The Effect of the Success In Teaching Geometry of Basic Level Education Mathematics. European Journal Of Education Studies, 2(8), 59-71.
Published
2023-07-30
How to Cite
Haq, F. N. H. A., & Raicudu, M. I. R. (2023). Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Segiempat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 82-89. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2470