Analisis Buku Matematika Kurikulum 2013 Berdasarkan Kriteria Bell Materi Program Linier Kelas XI SMA

  • Sarah Azizah Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Samarinda, Kalimantan Timur
Keywords: Analisis Buku, Kriteria Bell, Buku Matematika Kelas XI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kesesuaian materi, kesesuaian metode penyajian materi, kesesuaian karakteristik fisik buku, dan kesesuaian petunjuk guru matematika kurikulum 2013 kelas XI SMA materi program linear berdasarkan kriteria Bell. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti mendeskripsikan kesesuaian antara buku matematika untuk siswa kelas XI SMA kurikulum 2013 dengan kriteria Bell pada materi program linear. Obyek penelitian ini adalah kesesuaian materi dan metode penyajian materi pada materi program linear pada buku Matematika untuk SMA kelas XI kurikulum 2013 berdasarkan kriteria Bell; subyek penelitian ini adalah buku Matematika untuk SMA/MA/SMK/MK Kelas XI karya Manullang, buku Matematika untuk SMA/MA Kelas XI Kelompok Wajib karya Wirodikromo, buku Perspektif Matematika untuk Kelas XI SMA dan MA Kelompok Wajib karya Rosihan Ari Yuana, dan buku Jelajah Matematika SMA Kelas XI Kelompok Wajib karya S. N. Sharma. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Miles dan Huberman. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik keabsahan teman sebaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kriteria kesesuaian materi terdapat kesalahan pada buku teks yang berkaitan dengan penyajian soal dan jawaban; pada kriteria metode penyajian materi terdapat kesalahan pada buku teks yang berkaitan dengan contoh soal dan ringkasan awal bab. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sarah Azizah, Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Samarinda, Kalimantan Timur

1 Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

2 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Samarinda, Kalimantan Timur

References

Afrizal. 2019. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Depok: Rajawali Press.
Ali, M. 2014. Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Bachri, B. S. 2010. Meyakinkan Validitas Data melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan vol. 10 (1): 46-62
Direktorat Tenaga Pendidikan. 2008. Pendekatan, Jenis dan Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Fajriatin, A. 2015. Analisis Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Kelas IX Bab Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Konten Pada Kriteria Bell. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015. 72
Hadi, S. 2017. Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta: Rajawali Pers
Haistin, Z. H. 2014. Analisis Buku Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester I Kurikulum 2013 Berdasarkan Kriteria Bell. Skripsi tidak diterbitkan. Jember: Jurusan Pendidikan MIPA Universitas Jember.
Rahma, N. 2013. Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi, 2, 1–10.
Rusdi, R. 2017. Kurikulum: Perencanaan, Implementasi, Evaluasi, Inovasi dan Riset. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Saebani, B. A. 2008. Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia
Sakiah, N. A. Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif berbasis PowerPoint Materi Aljabar pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika. VII (1): 39-48.
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.
Sugiyono, M. P. P. 2007. Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Penerbit Alfabeta
Siyoto, S. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing
Wahyuningrum, H. 2017. Analisis Materi dan Soal Matematika dalam Buku Tematik Kurikulum 2013 Siswa Sekolah Dasar Kelas V berdasarkan Taksonomi Timss. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya II Universitas Muhammadiyah Surakarta. 316.
Published
2022-07-31
How to Cite
Azizah, S. (2022). Analisis Buku Matematika Kurikulum 2013 Berdasarkan Kriteria Bell Materi Program Linier Kelas XI SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2(1), 103-112. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/1250