Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Takalar
Keywords:
self-regulated learning, hasil belajar matematikaAbstract
Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh self-regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Takalar. Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 96 siswa dari kelas VIII SMP Negeri 5 Takalar tahun ajaran 2020/2021 yang menggunakan teknik pengambilan sampel adalah keseluruhan popolasi atau sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket self-regulated learning dan tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-regulated learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Takalar dengan besar pengaruh yaitu 79,6%.
Downloads
References
Schunk, Daleh H., (2012). Teori-teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zimmerman, B.J., Martinez-Pons, Manuel. (1990). Student Differences in SelfRegulated Learning:Relating Grade, Sex, and Giftedness to Self-Efficacy and Strategy Use. Journal of Educational Psychology. 82(1), 51-59.
Baumeister, R.F., Vohs, K.D., & Tice, D.M. (2007). The Strength Model of Self Control. Psychological Science, 16(6): 351-355.
Solomon L. J & Rothblum. (1984). Academic procrastination: Frequency and cognitive-behavioural correlates. Journal of Counselling Psychology, 31(4): 503-509.