POLA ASUH ORANGTUA DALAM MEMBANGUN KARAKTER ANAK USIA DINI

  • Fatmawati Gaffar Universitas Negeri Makassar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Jurusan PLS
  • Muhammad Asri Universitas Negeri Makassar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Jurusan PLS
Keywords: Pola Asuh, Anak Usia Dini, Karakter Anak

Abstract

Pola Asuh Orangtua dalam MembangunKarakter Anak Usia Dini. Pola asuh yang diterapkan seperti pola asuh demokratis, otoriter dam permisif. Terdapat 3 keluarga yang menerapkan pola asuh demokratis dan otoriter yaitu 2 keluargatukangcuciharian dan 1 keluarga tukang cuci mingguan. Sedangkan 3 keluarga yang menggunakan menggunakan pola asuh demokratis dan permisif yaitu 1 keluarga tukang cuci harian dan 2 keluarga tukang cuci mingguan. Keluarga tukang cuci di Kelurahan Bontobiraeng Kecamatan Mamajang Kota Makassar mayoritas menggunakan pola asuh demokratis. Ditandai dengan adanya dorongan orangtua untuk anak, jika ada perbedaan pendapat dilakukan dengan jalan diskusi atau komunikasi antara orangtua dengan anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Friedman, M. 2010. Buku Ajar Keperawatan keluarga: Riset, Teori, dan Praktek. Edisi ke-5. Jakarta: EGC.
Gaffar, F. 2021. Hubungan Persepsi Mahasiswa dengan Keterampilan Dosen Dalam Mengelola Kelas dan Hasil Belajar. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Jurnal Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Mulawarman. Vol. 2 No. 1, Juni 2021. Hal: 58-68
Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Patmonodewo, Soemiarti. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini : Strategi Pembangunan Karakter Di Usia Emas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Published
2021-12-31
Section
Articles