Implementasi Inovasi Sosial Program Pertamina BETTER pada Pelestarian Lingkungan di Balikpapan

Studi Kasus pada Pertamina DPPU Sepinggan Balikpapan

  • Heri Ashari Operation Head PT Pertamina Patra Niaga DPPU Sepinggan Group
  • Nindya Puspaningtyas Comdev officer PT Pertamina Patra Niaga DPPU Sepinggan Group
  • Akhmad Taufiq Firaldy Comdev Officer PT Pertamina Patra Niaga DPPU Sepinggan Group
Keywords: Implementasi Program, Inovasi Sosial, Kota Balikpapan

Abstract

Penelitian ini melihat bagaimana implementasi Program Pertamina BETTER di Pertamina DPPU Sepinggan Balikpapan. Program Pertamina BETTER merupakan sistem inovasi sosial yang menintegrasikan proses pengelolaan sampah dari hulu, inti proses hingga ke hilir sebagai upaya pelestarian lingkungan di Kota Balikpapan dengan mengedepankan prinsip ekonomi sirkular. Kajian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif-deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka (desk study) dengan mempelajari berbagai sumber referensi terkait dengan topik yang diangkat dalam artikel. Kebaruan dari sistem inovasi sosial Program Pertamina BETTER berada pada adopsi sistem kolektif-sirkular dengan mengandalkan titik-titik lokasi pengumpulan sampah sebagai hulu dari sistem, titik sentra pengolahan sebagai inti proses pada sistem, serta didukung oleh kegiatan pemanfaatan hasil olahan sampah yang menjadi hilir dari sistem dengan diversifikasi pemanfaatan sampah untuk kegiatan yang berorientasi ekonomi dan sosial. Program Pertamina BETTER telah menghasilkan konfigurasi inovasi sosial yang dapat mengintegrasikan berbagai pihak dalam suatu sistem yang saling terkoneksi. Jangkauan dari sistem yang dikembangkan mencakup subsistem hulu, inti proses, dan hilir. Keterpaduan ketiga subsistem tersebut terjalin secara berkesinambungan sehingga terjadi pengelolaan berbasis ekonomi sirkular.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Caulier-grice, Mulgan, dan Murray. 2012. The Open Book of Social Innovations. Social Innovator Series: ways to design, develop and grow social innovations. The Young Foundation, 30 (8).
DLH Kota Balikpapan, 2018. Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Tahun 2018. Kota Balikapapan: Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan.
Elkington, J. 1997. Cannibals with forks – Triple bottom line of 21st century business. Stoney Creek, CT: New Society Publishers.
Mulasari, Surahma Asti. 2014. Kebijakan Pemerintah dalam Pengelolaan Sampah Domestik. Kesmas, Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional Vol. 8, No. 8, Mei 2014.
Santoso, M. B. (2014). Kompetensi Lokal Dalam Menanggulangi Kemiskinan Di Daerah Industri. Share: Social Work Journal. Vol. 4 No. 2 Hlm. 154-159.
Sholikin, A. (2018b). Otonomi Daerah dan Pengelolaan Sumber Daya Alam (Minyak Bumi) di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 15(1), 35–50.
Sholikin, A. (2019). Petroleum Fund Pada Pemerintahan Lokal (Study Kasus Inovasi Kebijakan “Dana Abadi Migas” di Bojonegoro). Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi. https://doi.org/10.31113/jia.v16i1.224
Soetomo. 2011. Pemberdayaan Masayarakat Mungkinkah Muncul Antitesisnya?. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yogiesti, Viradin.,dkk. 2010. Pengelolaan Sampah Terpadu Berbasis Masyarakat Kota Kendari. Jurnal Tata Kota dan Daerah Volume 2, Nomor 2, Desember 2010.
Published
2022-01-31
Section
Articles