STUDI TENTANG PROSES PEMBELAJARAN DALAM KURSUS TATA KECANTIKAN KERITING RAMBUT WANITA DI LPK DIAN FAMILY SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.30872/ls.v5i2.4779Keywords:
Pendidikan Vokasional, Tata Kecantikan Rambut, Pendidikan NonformalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan proses pembelajaran yang diterapkan dalam kursus tata kecantikan keriting rambut di LPK Dian Family. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah untuk memberikan pemahaman dasar, dilanjutkan dengan metode praktek yang lebih dominan untuk memberikan pengalaman langsung kepada peserta. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi metode ceramah dan praktek dalam kursus tata kecantikan rambut di LPK Dian Family efektif dalam membekali peserta dengan keterampilan teknis yang dapat diterapkan di dunia kerja. Proses pembelajaran terbagi menjadi tahapan pendahuluan berupa pengkondisian awal peserta dan apersepsi, kegiatan inti dilaksanakan dengan memberikan materi kepada peserta menggunakan metode pembelajaran, dan refleksi pembelajaran untuk mengetahui umpan balik yang dilaksanakan melalui diskusi bersama. Evaluasi dilakukan melalui ujian tulis dan praktek, dan peserta yang lulus mendapatkan sertifikat sebagai bukti kelulusan.
Downloads
References
Fatimatuzzahra, F., Riyadi, R., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan Masyarakat Melek Teknologi: Studi Penyelenggaraan Pelatihan Microsoft Office Di LKP Ghanesa Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 81–89.
Fauziah, A., Luthfiana, B. N., Aisyiya, P., Fahman, I. N., Ramadhani, K. S., & Mustangin, M. (2023). Pemberdayaan Perempuan Melalui Aksi Pelatihan Pembuatan Eco Enzyme Untuk Mengatasi Permasalahan Sampah Organik di Kelurahan Air Putih, Kota Samarinda. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 5(3), 157–163. https://doi.org/10.36722/jpm.v5i3.2138
Joko. (2021). Implementasi Keterampilan Vokasional dalam Upaya Menumbuhkan Jiwa Intrepreneurship Siswa MAN 1 Kota Kediri. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 1(1), 44–59. https://doi.org/10.62825/revorma.v1i1.5
Lestari, I. A., Singal, A. R., Wahyuni, S., Mustangin, M., & Lukman, A. I. (2022). Pemberdayaan Berbasis Pendidikan Keterampilan Membatik Untuk Peningkatan Kapasitas Perempuan di LKP At -Tigna. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian, Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 9(3), 1–10.
Masruroh, Z. (2016). Manajemen Pendidikan Keterampilan (Vocational Skill) di MAN Kembangsawit. Muslim Heritage, 1(2), 417–438. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/muslimheritage/article/view/607
Monika, D. R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Kursus Menjahit Di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Nanie Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 24–28. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ls/article/view/256
Mustangin, Akbar, M. F., & Sari, W. N. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal Bagi Anak Jalanan. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 234–241. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3
Mustangin, M. (2020). Analisis Proses Perencanaan Program Pendidikan Nonformal bagi Anak Jalanan di Klinik Jalanan Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(1), 1–9. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i1.656
Nihayati, N., Said, M., & Wahyuningsih, W. (2022). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Penerapan Apersepsi Visual Menggunakan Model Problem Based Learning. Journal LaGeografia, 20(3), 395. https://doi.org/10.35580/lageografia.v20i3.36063
Novitasari, N., Zulkarnain, & Listyaningrum, R. A. (2022). Proses Pembelajaran Andragogis dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik di Lembaga Kursus Menjahit. Jurnal Pendidikan Nonformal, 17(2), 86–96. https://doi.org/10.17977/um041vxxixx2021p86-96
Ocktavia, F. D. (2020). Mengelola Kegiatan Prapembelajaran Sebagai Upaya Menciptakan Proses Belajar yang Kondusif di Sekolah Dasar Negeri 3 Simpang Katis Bangka Belitung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 1–10.
Pakaya, Y. (2020). Peran Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Warga Belajar Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ) Kedondong Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 1–11.
Pasha, T. A., Khalisa, S. N., Zamima, R., Khairunnisa, R. T., & Mustangin, M. (2023). Sosialisasi kesehatan menstruasi bagi remaja perempuan di panti asuhan anak harapan kalimantan timur. Ta’awun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 163–170.
Sakung, N. T., Fitriana, A., Diawanto, F., & Wahidah, N. I. (2024). Penerapan Kegiatan Refleksi untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa terhadap Matakuliah Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(13), 1007–1011.
Saptadi, S. (2020). Peran Instruktur Dalam Layanan Pembelajaran Peserta Kursus Mengemudimobil Roda Empat di LKP Cendana Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 28–34. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.432
Saraka, S. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendidikan Non-Formal di Kampung Inggris Kediri. Lingua, 17(1), 79–94. https://doi.org/10.30957/lingua.v17i1.629
Saripah, I., & Shantini, Y. (2016). Implementasi model pembelajaran mandiri program pendidikan kecakapan hidup perempuan. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 176. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i2.11545
Satria, I., & Kusumah, R. G. T. (2019). Analisis Keterkaitan Motivasi Dan Apersepsi Terhadap Hasil Belajar IPS. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 114–123.
Siregar, H., & Darmawan, D. (2022). Program Pendidikan Keaksaraan Keluarga dalam Rangka Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Desa Kasemen Kec. Kasemen Serang Banten. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(3), 631–643. https://doi.org/10.30653/002.202273.102
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bandung (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suhartini, S., Mustangin, M., Lukman, A. I., & Winarti, H. T. (2022). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga dalam Pengolahan Keripik Ikan Bawis pada Industri Rumahan Abadi Rasa. Progress in Social Development, 3(2), 87–93. https://doi.org/10.30872/psd.v3i2.42
Taba, P., Mustangin, M., Lukman, A. I., & Alisalman, M. (2023). Analisis Penyelenggaraan Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati Bagi Binaan CSR PT. GBU Kabupaten Kutai Barat di Desa Jengan Danum. Kompetensi, 16(1), 66–74.
Widiastri, D. A. D. (2020). Program Pelatihan Sebagai Upaya Pemberdayaan Korban Pasca Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkoba di Rumah Damping Borneo BNN RI Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.255
Yunika, E., Dwiyono, Y., Winarti, H. T., Mustangin, M., & Alisalman, M. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Binaan CSR PT. Badak NGL Berbasis Pendidikan Pada Pengembangan Ekowisata Kampung Selangan Bontang. Jurnal Sosio Dialektika, 7(2), 181–197. https://doi.org/10.31942/sd.v7i2.6630
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ratna Pebriany, Saraka Saraka, Hepy Tri Winarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



