PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM PENYELESAIAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

  • Wahyuni Husnah Sekolah Tinggi iIlmu Kesejahteraan Sosial Tamalanrea Makassar
Keywords: Perilaku Prokrastinasi Akademik, Penggunaan Internet

Abstract

Perilaku prokrastinasi dikalangan mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi berkaitan dengan melakukan aktivitas lain yang lebih menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet terhadap perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa yang menyelesaikan skripsi di Universitas Negeri Makassar. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswaangkatan 2012-2013 dari beberapa fakultas di Universitas negeri makassar, sebanyak 50 mahasiswa dengan kriteria; (1) Sedang memprogram dan  mengerjakan skripsi; dan,(2) telah melewati masa studi normal kelulusan. Penelitian ini menggunakan teknik aksidental sampling.Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala prokrastinasi akademik(α= 0,679) dan skala penggunaan internet (α= 0,459). Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruhpenggunaan internet terhadap perilaku prokrastinasi akademik (p = 0,000 atau p < 0,05) dengan mean rata-rata (prokrastinasi akademik= 62,5, penggunaan internet = 45). Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan internet memiliki pengaruh terhadap perilaku prokrastinasi akademik.Mahasiswa di Universitas negeri makassar yang sedang mengerjakan skripsi diharapkan mampu mengontrol diri dalam penggunaan internet, karena mahasiswa dengan penggunaan internet yang tinggi cenderung akan melakukan prokrastinasi akademik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Catrunada, L. & Puspitawati, I. (2008). Prokrastinasi task differences on essay introvert and extrovert personality. (Skripsi tidak diterbitkan). Depok: Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.
Davis, R. A., Flett, G. L., & Besser, A. (2002). Validation of new scale for measuring problematic internet use: Implications for pre-employment screening. CyberPsychology & Behavior, 5, 331-345.
Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance: Theory, research, and treatment. New York: Plenum Press.
Ghufron, M. N., &Risnawita, S. R. (2010). Teori-teori psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hervani, S. G. (2016). Penggunaan sosial media dan dampak terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2013. Jurnal Bimbingan dan Konseling edisi 2 Tahun ke-5, 62-69.
Julyanti, M., & Aisyah, S. (2015). Hubungan antara kecanduan internet dengan prokrastinasi tugas sekolah pada remaja pengguna warnet di Kecamatan Medan Kota. Jurnal Diversita, I(2), 17-27.
Kasim, I. M. (2018). Pengaruh stres akademik dan kecanduan internet dengan kualitas tidur pada mahasiswa di kota Makassar. (Skripsi tidak diterbitkan). Makassar: FakultasPsikologi Universitas Negeri Makassar.
Kasmadi., & Sunariah, N. S. (2013). Panduan modern penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Kurniawan, D. E. (2017). Pengaruh intensitas bermain game online terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Konseling,3(1), 97-103.
Permatasari, D. (2015). Hubungan problematic internet use dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa pengguna media sosial di Jakarta. (Skripsi tidak diterbitkan) Jakarta: Universitas Bina Nusantara.
Pinheiro, T. A. (2012). The effects of compulsive internet use on academic procrastination. Westen Psychological Association Convention. San Francisco.
Soemanto, W. (2009). Pedoman teknik penulisan penulisan skripsi. Jakarta: Bumi Aksara.
Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic procrastination: Frequency and cognitive-behavioral correlates. Journal of Counseling Psychology, 31(4), 503-509.
Ursia, N. R., Siaputra, I. B., & Sutanto, N. (2013). Prokrastinasi akademik dan self-control pada mahasiswa skripsi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Makara Seri Sosial Humanior, 17(1), 1-18.
Utami, D. N. (2013). Prokrastinasi dan penggunaan internet bermasalah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(1), 1-18.
Wulan, D. A. N., & Abdullah, S. M. (2014). Prokrastinasi akademik dalam penyelesaian skripsi. Jurnal Sosio-Humaniora, 5(1), 55-74.
Young, K. S., & Rodgers, R. C. (1998). The relationship between depression and internet addiction. Paper published in Cyberpsychology & Behavior, 1(1),25-28.
Zulaicha, A., & Sugiasih, I. (2010). Hubungan kecanduan chatting dengan prokrastinasi akademik. Proyeksi, 4(2), 53-62.
.
Published
2022-12-30
Section
Articles