PEMANFAATAN BUAH KELAPA UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA MARUAT KECAMATAN LONGKALI KABUPATEN PASER

  • Syura Amiriyah Universitas Mulawarman
  • Martinus Nanang Universitas Mulawarman
Keywords: Pemanfaatan Buah Kelapa, Pemberdayaan Kelompok

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pemanfaatan buah kelapa untuk pemberdayaan kelompok Cahaya Mekar dan Batok Kriya serta kinerja setiap kelompok mulai dari proses pembuatan produk dari bahan mentah hingga barang jadi sehingga dapat memetik pelajaran dari upaya pemberdayaan kelompok. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik analisis interaktif serta penyajiannya menggunakan model Miles And Huberman. Penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan kelompok dimana dalam mencapai tujuan pemberdayaan menggunakan metode Schmidt (1974) yaitu memberikan pengalaman baru kepada masyarakat serta menata pengalaman lama dengan cara baru dalam memanfaatkan buah kelapa di Desa Maruat. Hasil penelitian ini didapat beberapa temuan bahwa pemanfaatan kelapa di Desa Maruat terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok Cahaya Mekar dan kelompok Batok Kriya dimana perbedaan kinerja kedua disebabkan oleh indikator pada kelompok Batok Kriya yaitu a) Tenaga Kerja, kelompok Batok Kriya tersisa satu orang sehingga kelompok tidak dapat berkembang. b)Teknologi Pemasaran, tidak menggunakan media sosial sebagai media promosi sehingga produk yang dihasilkan kurang dikenal khalayak luas. c)Jaringan Pemasaran, kerjasama dengan perusahaan dan toko sebagai distributor kepada konsumen yang kurang akan mempengaruhi perkembangan kelompok. d)Pendapatan Anggota, pendapatan yang tidak menentu berdampak pada konsistensi tenaga kerja untuk tetap mengolah batok kelapa menjadi kerajinan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Choironi, R. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Melalui Pengolahan Limbah Cangkang Kerang Di Pkbm Kridatama Desa Sendang Sikucing Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal. Bitkom Research, 63(2), 1–3.
Firmansyah, D. M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Perilaku konsumen). Jurnal Agora, 5 No.(september), 5299.https://www.academia.edu/37610 66/PERILAKU_KONSUMEN_PERILAKU _KONSUMEN_Mk KALAH_PERILAKU_KONSUMEN
Fitria. (2017). Kinerja. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689- 1699.
Hutagalung, A. (1967). Setyowati Subroto, dkk, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951 952., 5–24.
Mudiarta, K. G. (2017). Jaringan Sosial (Networks) dalam Pengembangan Sistem dan Usaha Agribisnis: Perspektif Teori dan Dinamika Studi Kapital Sosial. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 27(1), 1. https://doi.org/10.21082/fae.v27n1.2009 1-12
Setiyawan, A. (2020). ( Studi Empiris pada Usaha Mikro di Kabupaten Magelang ) SKRIPSI ( Studi Empiris Pada Usaha Mikro di Kabupaten Magelang ). Skripsi.
Sudantoko, Iqbal, G., & Inayah, S.H, M. . (2018). Tinjauan Tentang Bentuk dan Pelaksanaan Asuransi pada Pegawai Basarnas di Wilayah Kota Surakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58. http://eprints.ums.ac.id/67115/5/BAB II.pdf
Taqiyya, R. &, & Riyanto, S. (2020). Strategi Pemanfaatan Media sosial Facebook Dan WhatsApp Untuk Memperluas Jaringan Pemasaran Digital Benih Sayuran Oleh Wafipreneur Di Masa Pandemi Covid-19. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(10), 5–24.
Published
2022-12-30
Section
Articles