FENOMENA KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA DI DESA DELI TUA KECAMATAN NAMORAMBE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena remaja kecanduan game online yang terjadi di Desa Deli Tua, Kecamatan Namorambe, faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya fenomena remaja kecanduan game online di Desa Deli Tua, Kecamatan Namorambe, Bagaimana dampak yang ditimbulkan dari adanya fenomena remaja kecanduan game online di Desa Deli Tua, Kecamatan Namorambe. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa fenomena remaja kecanduan game online di Desa Deli Tua mencapai titik terparah saat pandemi covid-19 terjadi. Rata-rata yang kecanduan game online adalah anak usia sekolah, mulai dari usia 12-18 tahun. Banyak hal yang mempengaruhi dan menjadi penyebab mengapa fenomena tersebut terjadi. Mulai dari remaja itu sendiri, orangtua atau keluarga, faktor lingkungan, maupun proses pembelajaran yang diikuti oleh remaja di sekolah. Dampak yang ditimbulkan dari kecanduan game online ini berdampak pada aspek kehidupan remaja yang meliputi aspek kesehatan, psikologis, akademik, sosial, dan keuangan.
Downloads
References
Amaliah, F. N. (2020). Peran Pengelola Bank Ramah Lingkungan (Ramli) dalam Pemberdayaan Masyarakat di Perumahan Graha Indah Kota Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 18–22. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.430
Baniah, E. N. S., Riyadi, & Singal, A. R. (2021). Analisis Penyelenggaraan Pelatihan Keterampilan Menjahit Busana Wanita Bagi Peserta Pelatihan di LKP Rachma Kota Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 75–80. https://doi.org/10.30872/ls.v2i2.938
Chen, Y. C., Chen, P. S., Hwang, J. J., Korba, L., Song, R., & Yee, G. (2005). An analysis of online gaming crime characteristics. Internet Research, 15(3), 246–261. doi: 10.1108/1066224 0510602672
Dewi, R. V. K. (2020). Pemberdayaan Perempuan Peserta Pelatihan Tata Rias Pengantin di Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Vivi Kota Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 12–17. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.429
Fitri, F. (2020). Pelatihan Menjahit dalam Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Perempuan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tiara Dezzy Samarinda. Jurnal Bosaparis: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 11(2), 27–34. https://doi.org/10.23887/jjpkk.v11i2.23205
Hartanti, N. B. (2020). Pelatihan Kewirausahaan dalam Mengolah Rumput Laut menjadi Manisan dan Dodol pada Kelompok Belajar Sipatuo di LKP BBEC Bontang. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 23–27. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.43
King, D. L., & Delfabbro, P. H. (2018). Internet gaming disorder: Theory, assess-ment, treatment and prevention. New York: Academic Press.
Lee, I., Yu, C. Y., & Lin, H. (2007). Leaving a never ending game: Quitting MMORPGs and online gaming addiction. Proceedings of DiGRA Conference, 211–217.
Lukman, A. I. (2021a). Menumbuhkan Motivasi Warga Belajar Melalui Media Audio-Visual di SKB. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 192. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.39439
Lukman, A. I. (2021b). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendidikan Nonformal di PKBM Tiara Dezzy Samarinda. DIKLUS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 180–190. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i2.43669
Männikkö, N., Billieux, J., & Kääriäinen, M. (2015). Problematic digital gaming behavior and its relation to the psychological, social and physical Buletin Psikologi 157. Health of Finnish adolescents and young adults. Journal of Behavioral Addictions, 4(4), 281–288. doi: 10. 1556/2006.4.2015.040.
Marcovitz, H. (2012). Online gaming and entertainment. San Diego, CA: Reference Point Press.
Maulidah, A. (2020). Analisis Proses Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Tata Boga Membuat “Kue Pastry” bagi Warga Belajar Paket C Kelas XI IPS di SPNF SKB Kota Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(2), 72. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i2.1763
Monika, D. R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Kursus Menjahit Di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Nanie Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 24–28. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ls/article/view/256
Mustangin. (2020a). Local Resources Based Empowerment Through Non-Formal Education for Women Communities in Kampung Babakan Cianjur. Proceedings of the 1st International Conference on Lifelong Learning and Education for Sustainability (ICLLES 2019), 405, 107–111. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200217.022
Mustangin, M. (2020b). Analisis Proses Perencanaan Program Pendidikan Nonformal bagi Anak Jalanan di Klinik Jalanan Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(1), 1. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i1.656
Mustangin, Akbar, M. F., & Sari, W. N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pendidikan Nonformal Bagi Anak Jalanan. International Journal of Community Learning Service. 5 (3). 234-241. http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3
Mustangin, Iqbal, M. Buhari, M. R. (2021) Proses Perencanaan Pendidikan Nonformal Untuk Peningkatan Kapasitas Teknologi Pelaku UMKM. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 5 (3). 414-420. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38927
Octavia, A. (2020). Studi Tentang Kelompok Belajar Usaha Amplang Pada Rumah Produksi Usaha Anda Jaya Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 29–43. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.257
Pakaya, Y. (2020). Peran Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Warga Belajar Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ) Kedondong Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 1–11
Petrides, K. V., & Furnham, A. (2000). On the dimensional structure of emotional intelligence. Personality and Individual Differences, 29(2), 313–320. Retrieved from www.elsevier.com/locate/paid
Riyadi, R. (2020). Hubungan antara Hasil Pelatihan dengan Tingkat Penerapan Teknologi Padi Sawah. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.254
Safitri, D. (2020). Pelatihan Pembuatan Pie Buah Bagi Warga Belajar di UPTD. P2KUKM Provinsi Kalimantan Timur. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 44–49. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.258
Sandy, T. A., & Hidayat, W. N. (2019). Game mobile learning. Malang: Multi-media Edukasi.
Saptadi, S. (2020). Peran Instruktur Dalam Layanan Pembelajaran Peserta Kursus Mengemudi Mobil Roda Empat di LKP Cendana Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 28–34. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.432
Saraka, S. (2020). The Impact of Teaching Entrepreneurship Engangement on Teacher’s English Proficiency, Teaching Skills, Self-Regulations and Supply Chain for Indonesian EFL Students. International Journal of Supply Chain Management, 9(1), 784–793.
Saraka, S. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendidikan Non-Formal di Kampung Inggris Kediri. Lingua, 17(1), 79-94. https://doi.org/10.30957/lingua.v17i1.629
Triwinarti, H. (2020). Komunikasi Pelaksanaan Program Kesetaraan Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tiara Dezzy Samarinda. Kompetensi, 13(1), 16–23. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v13i1.32
Wahyuni, S. (2021). Peran Pamong Belajar: Studi Naturalistik terhadap Pamong Belajar dalam Melaksanakan Layanan Program Pendidikan Non Formal. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 17(2), 102–114. https://doi.org/10.35329/fkip.v17i2.1841
Wan & Chiou, (2006). Psychological motives and online games addiction: A test of flow theory and humanistic needs. Cyber Psychology & Behavior, 9(3), 317-324
Weni, T. (2020). Analisis Proses Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket B Berbasis Kurikulum 2013 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(2), 89–95. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i2.1765
Widiastri, D. A. D. (2020). Program Pelatihan Sebagai Upaya Pemberdayaan Korban Pasca Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkoba di Rumah Damping Borneo BNN RI Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.25
Williams, D. (2006). Groups and goblins: The social and covoc impact of an online game. Journal of Broadcasting & Electronic Media, 50(4), 651–670. doi: 10.1207/s15506878jobem5004_5
Copyright (c) 2022 Jubaidah Hasibuan, Aisyah Anggreni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.