ANALISIS PENYELENGGARAAN PELATIHAN DAN SIMULASI TANGGAP BENCANA KEBAKARAN BAGI GURU OLEH CSR PERTAMINA FUEL TERMINAL SAMARINDA

  • Erik Imam Kasmianto Pertamina Fuel Terminal Samarinda
  • Andry Fatryanto Pertamina Fuel Terminal Samarinda
  • Febrianti Soleha Pertamina Fuel Terminal Samarinda
Keywords: Manajemen Program Pendidikan, Pelatihan dan Simulasi, Kebakaran, Keterampilan Tanggap Bencana

Abstract

Kebakaran merupakan bencana yang disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya adalah kelalaian dan kurangnya pemahaman disertai kurangnya keterampilan dalam mengatasi permasalahan sehingga menimbulkan kerugian sehingga diperlukan kegiatan pendidikan berupa pelatihan dan simulasi. Penelitian ini mengkaji tentang penyelenggaraan pelatihan dan simulasi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi guru sekolah sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR). Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif karena sesuai dengan tujuan penelitian terkait dengan penyelenggaraan pelatihan dan simulasi bagi guru sekolah. Teknik pengumpulan data berupa teknik wawancara, teknik studi dokumen, dan observasi. Analisis penelitian ini diantaranya adalah reduksi data dengan memilah – milah data hasil penelitian di lapangan, selanjutnya penyajian data berupa narasi hasil penelitian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah penyelenggaraan pelatihan dilaksanakan melalui beberapa tahapan diantaranya tahapan perencanaan dimulai dari identifikasi kebutuhan  yang dilaksanakan melalui social mapping, selain itu juga ada focus group discussion (FGD) bersama dengan pihak sekolah. Selanjutnya adalah pengkondisian peserta pelatihan dan penyiapan narasumber. Pada tahapan pelaksanaan program dilaksanakan melalui penyampaian materi dan metode pelatihan. Tahapan berikutnya adalah evaluasi program untuk mengetahui keberhasilan program yang dijalankan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S. (2018). Perencanaan dalam Pendidikan. Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 715–731. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v7i1.314

Amaliah, F. N. (2020). Peran Pengelola Bank Ramah Lingkungan (Ramli) dalam Pemberdayaan Masyarakat di Perumahan Graha Indah Kota Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 18–22. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.430

Andini, F. N., Anggraeiny, R., & Susilowati, T. (2020). Upaya Dinas Pemadam Kebakaran Dalam Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran di Kecamatan Samaridan Ulu Kota Samarinda. Journal Administrasi Negara, 8(1), 8978–8990. https://www.portal.fisip-unmul.ac.id/site/?p=9415

Aryanti, T., Supriyono, & Ishaq M. (2015). Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan. Jurnal Pendidikan Nonformal, 10(5), 1–13. https://doi.org/10.17977/um041v10i1p1%20-%2013

Baniah, E. N. S., Riyadi, & Singal, A. R. (2021). Analisis Penyelenggaraan Pelatihan Keterampilan Menjahit Busana Wanita Bagi Peserta Pelatihan di LKP Rachma Kota Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 75–80. https://doi.org/10.30872/ls.v2i2.938

Dewi, R. V. K. (2020). Pemberdayaan Perempuan Peserta Pelatihan Tata Rias Pengantin di Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Vivi Kota Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 12–17. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.429

Ernawati, & Mulyono, S. E. (2017). Manajemen Pembelajaran Program Paket C Di PKBM Bangkit Kota Semarang. Journal of Nonformal Education, 3(1), 60–71. https://doi.org/10.15294/jne.v3i1.8915

Fatma, A. M. (2018). Peran Tutor dalam Mengembangkan Motivasi Berprestasi Warga Belajar Paket C di PKBM Dharma Bekti Kecamatan Cibinong Bogor. E-Plus: Eksistensi Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 193–204. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v3i2.4898

Hartanti, N. B. (2020). Pelatihan Kewirausahaan dalam Mengolah Rumput Laut menjadi Manisan dan Dodol pada Kelompok Belajar Sipatuo di LKP BBEC Bontang. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 23–27. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.431

Hidayat, D. (2020). Teknik Identifikasi Kebutuhan Belajar Berbasis Partisipasi Masyarakat dalam Pelatihan Kewirausahaan. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2), 156–166. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.4193

Lukman, A. I. (2021a). Menumbuhkan Motivasi Warga Belajar Melalui Media Audio-Visual di SKB. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 192. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.39439

Lukman, A. I. (2021b). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendidikan Nonformal di PKBM Tiara Dezzy Samarinda. DIKLUS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 180–190. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i2.43669

Maulidah, A. (2020). Analisis Proses Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Tata Boga Membuat “Kue Pastry” bagi Warga Belajar Paket C Kelas XI IPS di SPNF SKB Kota Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(2), 72. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i2.1763

Monika, D. R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Kursus Menjahit Di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Nanie Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 24–28. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ls/article/view/256

Muslim, T. W., Yoza, D., & Oktorini, Y. (2017). Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Dan Pencegahan Kebakaran Hutan Dan Lahan Gambut Di Kecamatan Kempas Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Online Mahasiswa, 4(2), 1–15.

Mustangin. (2020a). Local Resources Based Empowerment Through Non-Formal Education for Women Communities in Kampung Babakan Cianjur. Proceedings of the 1st International Conference on Lifelong Learning and Education for Sustainability (ICLLES 2019), 405, 107–111. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200217.022

Mustangin, Akbar, M. F., & Sari, W. N. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal Bagi Anak Jalanan. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 234–241. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3

Mustangin, M. (2020b). Analisis Proses Perencanaan Program Pendidikan Nonformal bagi Anak Jalanan di Klinik Jalanan Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(1), 1. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i1.656

Mustangin, M., Iqbal, M., & Buhari, M. R. (2021). Proses Perencanaan Pendidikan Nonformal untuk Peningkatan Kapasitas Teknologi Pelaku UMKM. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 414. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38927

Nuryati, R., Sulistyowati, L., Setiawan, I., & Noor, T. I. (2020). Pemetaan Sosial ( Social Mapping ) Masyarakat Dalam Upaya Mendukung Pengembangan Usahatani Polikultur Perkebunan Terintegrasi ( Utppt ) Social Maping Community Efforts To Support the Development. Jurnal Agristan, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.37058/ja.v2i1.2342

Octavia, A. (2020). Studi Tentang Kelompok Belajar Usaha Amplang Pada Rumah Produksi Usaha Anda Jaya Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 29–43. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.257

Pakaya, Y. (2020). Peran Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Warga Belajar Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ) Kedondong Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 1–11.

Riyadi, R. (2020). Hubungan antara Hasil Pelatihan dengan Tingkat Penerapan Teknologi Padi Sawah. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.254

Safitri, D. (2020). Pelatihan Pembuatan Pie Buah Bagi Warga Belajar di UPTD. P2KUKM Provinsi Kalimantan Timur. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 44–49. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.258

Salman, M. A. (2021). Peningkatan Kinerja Aparat Kampung Melalui Pelatihan Komputer di Kampung Semurut. DIKLUS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 61–73. https://doi.org//10.21831/diklus.v5i1.35338

Saptadi, S. (2020). Peran Instruktur Dalam Layanan Pembelajaran Peserta Kursus MengemudiMobil Roda Empat di LKP Cendana Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 28–34. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.432

Saraka, S. (2020a). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendidikan Non-Formal di Kampung Inggris Kediri. Lingua, 17(1), 79–94. https://doi.org/10.30957/lingua.v17i1.629

Saraka, S. (2020b). The Impact of Teaching Entrepreneurship Engangement on Teacher’s English Proficiency, Teaching Skills, Self-Regulations and Supply Chain for Indonesian EFL Students. International Journal of Supply Chain Management, 9(1), 784–793.

Sugiharto, E., R, G. O., Padli, M., Maimunah, S., & Wahyuni, S. (2021). Pemetaan Sosial (Social Mapping) di Desa Makarti sebagai Landasan Perencanaan Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan. SAHDU : Jurnal Sosial, Humaniora Dan Budaya, 1(1), 12–23. https://jurnal.lenterah.tech/index.php/sahdu

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bandung (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Penerbit Alfabeta.

Triwinarti, H. (2020). Komunikasi Pelaksanaan Program Kesetaraan Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tiara Dezzy Samarinda. Kompetensi, 13(1), 16–23. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v13i1.32

Wahyuni, S. (2021). Peran Pamong Belajar: Studi Naturalistik terhadap Pamong Belajar dalam Melaksanakan Layanan Program Pendidikan Non Formal. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 17(2), 102–114. https://doi.org/10.35329/fkip.v17i2.1841

Weni, T. (2020). Analisis Proses Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket B Berbasis Kurikulum 2013 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(2), 89–95. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i2.1765

Widiastri, D. A. D. (2020). Program Pelatihan Sebagai Upaya Pemberdayaan Korban Pasca Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkoba di Rumah Damping Borneo BNN RI Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.255

Yuliarti, I. (2019). Pemberdayaan Masyarakat melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Jawa Tengah. Jurnal Masyarakat Madani, 4(2), 1–12. https://doi.org/10.24014/jmm.v4i2.7734

Published
2022-07-10
Section
Articles