Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30872/langgong.v2i1.1826Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pada kelas VIII SMP Negeri 21 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Jenis penelitian Quasi experimental design, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Samarinda sebanyak 65 siswa yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa yaitu 32 orang dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa yaitu 33 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes untuk mengukur hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 25,92% dan nilai rata-rata untuk kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 20%. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh data nilai thitung sebesar 4,294 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,699 dengan nilai signifikansi 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh siginifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Samarinda.
Downloads
References
Saefuddin, A., dan Ika Berdiati. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV ALFABETA.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Trisianawati, E., Djudin, T., & Setiawan, R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi vektor di kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 51-60.