Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa

  • Kristiyani Mitan Keraf Universitas Mulawarman
  • Reza Reza Universitas Mulawarman
  • Ilham Abu Universitas Mulawarman
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Siswa

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pada kelas VIII SMP Negeri 21 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Jenis penelitian Quasi experimental design, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Samarinda sebanyak 65 siswa yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa yaitu 32 orang dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa yaitu 33 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes untuk mengukur hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 25,92% dan nilai rata-rata untuk kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 20%. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh data nilai thitung sebesar 4,294 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,699 dengan nilai signifikansi 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh siginifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Manalu, N. D. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA Valentine Medan Tahun Ajaran 2020/2021.

Saefuddin, A., dan Ika Berdiati. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV ALFABETA.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Trisianawati, E., Djudin, T., & Setiawan, R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi vektor di kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 51-60.
Published
2022-06-30
How to Cite
Keraf, K. M., Reza, R., & Abu, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa. Langgong: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 23-28. https://doi.org/10.30872/langgong.v2i1.1826
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>