Analisis Kesiapan Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 21 Samarinda

  • Wa Rapida Universitas Mulawarman
  • Kadori Haidar Universitas Mulawarman
  • Ilham Abu Universitas Mulawarman
Keywords: Kesiapan Belajar, Proses Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesiapan belajar siswa kelas IX di tinjau dari aspek kesiapan fisik, mental, materi dan emosional. Jenis penelitian ini adalah fenomenologi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 45 siswa kelas IX IPS dengan jumlah 18 siswa Lakilaki dan 27 siswa Perempuan di SMP Negeri 21 samarinda. Metode pengumpulan data pada penelitian ini di antaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa cukup dikatakan baik dari kesiapan fisik. Siswa juga sangat siap dalam mengikuti pembelajaran, sehingga siswa bisa memberikan pendapat atau argumen yang ditinjau dari kesiapan mental. Siswa juga dikatakan baik dari kesiapan materi yang mana siswa memiliki buku paket dan buku catatan yang dimana buku catatan tersebut digunakan untuk merangkum atau menulis materi yang sudah diberikan. Dikatehui bahwa siswa dapat mengatasi permasalahan serta mengikuti arahan ditinjau dari kesiapan emosional siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Ferdian, Siti Maryam, Nyoman Selamat. 2018. Analisis Kesiapan Belajar Siswa Kelas X Mipa dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia. V.2.N.1.2018.

Andi Rahndiyas Pratama. 2017. Analisis Kesiapan Belajar Siswa dalam Mengikuti Proses Pembelajaran Biologi pada Materi Sel Kelas XI SMA Negeri 5 Tanjungpinang. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Dwi Wahyuni. 2005. Pengaruh Kesiapan Belajar, Motivasi Belajar dan Pengulangan Materi Pelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas II MA Al Asror Gunung Pati Tahun Pelajaran 2004/2005. Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. 119 h

Muhammad Daut Siagiant, 2020. Analisis hubungan kesiapan belajar secara daring diera pandemi covid-19 terhadap hasil belajar statistika, Journal of Didactic Mathematics.Vol.1,No.3,138-143:

Nasution, 2011. Faktor kesiapan belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Novi, S., 2014. Analisis kesiapan belajar siswa pada proses pembelajaran. Universitas Jambi.

Pratama, A. R. 2017. Analisis kesiapan belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran biologi pada materi sel kelas XI SMA Negeri 5 Tanjungpinang. Education journal 2(1),1-12.

Rahmiati, 2016. Analisis kesiapan belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi kelas VIII SMP Negeri 1 Hulu Gurung. Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Rohmah, F. 2016. Analisis Kesiapan Sekolah Terhadap Penerapan Pembelajaran Online (E-Learning) Di SMA Negeri 1 Kutowinangun. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Soemanto, 2013. Kesiapan belajar. Bandung: Alfabeta.

Sudarman . 2018. metodologi penelitian pendidikan mulawarman. samarindah: university press

Sugiyono. 2019. metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif kualitatif, dan R&D. bandung: alfabeta.

Sujarweni, A. N.2019. metode penelitian. Diambil kembali dari BAB 3 metodologi penelitian 3.1: http://dspace.ac.id
Published
2022-06-30
How to Cite
Rapida, W., Haidar, K., & Abu, I. (2022). Analisis Kesiapan Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 21 Samarinda. Langgong: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 14-22. https://doi.org/10.30872/langgong.v2i1.1825
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>