Pelatihan Desain Digital Dan Sablon Totebag Sebagai Media Sosialisasi Kesehatan Mental Di SMPN 11 Samarinda

Authors

  • Muhammad Fahmi Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Usfandi Haryaka Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
  • Arsuni SMPN 11 Samarinda, Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.30872/jpmpg.v2i2.5884

Keywords:

Kesehatan Mental, Pelatihan Desain Digital, Sablon Totebag

Abstract

Kesehatan mental merupakan aspek penting dalam perkembangan remaja, namun masih sering diabaikan di kalangan pelajar SMP akibat kurangnya pemahaman dan metode penyampaian yang menarik. Kegiatan pelatihan desain digital dan sablon totebag sebagai media sosialisasi kesehatan mental di SMPN 11 Samarinda bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya kesehatan mental sekaligus mengembangkan kreativitas melalui media digital. Metode pelaksanaan meliputi ceramah, tanya jawab, praktik desain digital menggunakan aplikasi Canva, serta proses sablon totebag. Peserta kegiatan berjumlah 10 siswa kelas VII dan VIII yang dipilih oleh pihak sekolah. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada aspek pengetahuan (dari rata-rata 2,2 menjadi 4,1) dan niat perilaku positif terhadap kesehatan mental (dari 2,5 menjadi 4,3). Selain itu, seluruh peserta berhasil menghasilkan desain dan totebag bertema kesehatan mental dengan baik, serta menunjukkan antusiasme tinggi selama kegiatan. Refleksi mentor juga memperlihatkan peningkatan pada aspek komunikasi, etos kerja, dan inisiatif panitia. Secara keseluruhan, kegiatan ini terbukti efektif dalam mengintegrasikan edukasi kesehatan mental dengan pengembangan keterampilan kreatif berbasis teknologi. Program ini dapat dijadikan model inovatif untuk meningkatkan literasi kesehatan mental dan kreativitas siswa di lingkungan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adventinawati, M. K. (2025). Pencegahan Kesehatan Mental dalam Upaya Mengurangi Stigma Kesehatan Mental di Masyarakat. Hukum Inovatif : Jurnal Ilmu Hukum Sosial Dan Humaniora, 2(1), 110–116. https://doi.org/10.62383/humif.v2i1.1010

Anugrafianto, T. R. (2025). Desain Komunikasi Visual dalam Strategi Branding di Era Digital: Pendekatan Media dan Komunikasi. Jurnal KomunikArt, 1(1), 1–11.

Ariyanti, K. S., Herliawati, P. A., Dewi, T. P., & Wisnawa, I. N. D. (2025). Survey Kesadaran dan Akses Informasi Tentang Kesehatan Mental Pada Remaja di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas III Denpasar Utara. Jurnal Ners, 9(1), 780–786. https://doi.org/10.31004/jn.v9i1.33512

Avianti, F., & Pertiwi, A. B. (2025). Edukasi Kesehatan Mental Remaja melalui Desain Kampanye Digital PT Bio Farma. Jurnal Visual Ideas, 5(2), 125–133. https://doi.org/10.33197/visualideas.vol5.iss2.2025.3093

Claudya, S. E. (2025). Strategic Communication in The Digital Age: Navigating the Intersection of Technological Advancements, Organizational Development, and Public Perception in Educational Institutions. MediaKom : Jurnal Ilmiah Komunikasi, 15(1). http://dx.doi.org/10.22441/mediakom.v15i1.30784

Dini, Harahap, F. S. D., Syahuri, F., Almayda, P., & Divani, D. A. (2022). Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Jebus. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 13(1). https://doi.org/10.23887/jibk.v13i1.43679

Isnawijayani, Rianawati, D., Muflih, T., & Lexianingrum, S. R. P. (2025). Analysis of Digital Transformation and Information Democratization for the Community Information Community (KIM) of Musi Banyuasin Regency (Muba), South Sumatra. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 10(2), 1261–1282. https://doi.org/10.31851/1sqvkk73

Laely, N., Wicaksono, A. S., & Puspitaningrum, N. S. E. (2022). Pengaruh Kecemasan Akademik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surabaya. Psikosains (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 17(1), 64–72. https://doi.org/10.30587/psikosains.v17i1.4566

Nubakti, K. D. A. A. (2025). Meningkatkan Kesehatan Mental Siswa Melalui Peran Pendidikan Seni dalam Pengembangan Emosional dan Psikologis. Widya Sundaram : Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.53977/jws.v3i1.2391

Prayogo, R. G. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Desain Digital Sebagai Wadah Pembelajaran Seni Rupa Di Sekolah. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 10(6), 21–30. https://doi.org/10.9644/sindoro.v10i6.9151

Reza, R., Fikri, Khairul, Wawan, & Nurdin. (2024). Pemanfaatan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Kreativitas Di Lingkungan Pendidikan Dan Kewirausahaan. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(3S1). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3S1.5471

Savita, S., & Juhana, A. (2025). Seni Post-Internet dan Pengaruhnya terhadap Persepsi Kesehatan Mental Remaja. Realisasi : Ilmu Pendidikan, Seni Rupa Dan Desain, 2(1), 142–154. https://doi.org/10.62383/realisasi.v2i1.492

Downloads

Published

2025-12-02

How to Cite

Fahmi, M., Haryaka, U., & Arsuni, A. (2025). Pelatihan Desain Digital Dan Sablon Totebag Sebagai Media Sosialisasi Kesehatan Mental Di SMPN 11 Samarinda. Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru, 2(2), 146–154. https://doi.org/10.30872/jpmpg.v2i2.5884

Issue

Section

Articles