Pendampingan Pembentukan Komunitas Belajar Di MTs DDI Baru-Baru Tanga, Kabupaten Pangkep
DOI:
https://doi.org/10.30872/jpmpg.v2i2.4786Keywords:
Komunitas Belajar, Pendampingan Guru, Pengembangan Profesional GuruAbstract
Program pendampingan dalam pembentukan komunitas belajar "Cendekia" di MTS DDI Baru-Baru Tanga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kolaborasi aktif antara guru dan siswa. Melalui serangkaian kegiatan seperti penyuluhan, pelatihan, workshop, dan pendampingan langsung, program ini berhasil mendorong partisipasi aktif siswa serta meningkatkan keterampilan pedagogik guru, khususnya dalam pemanfaatan teknologi digital dan kecerdasan buatan (AI) dalam proses pembelajaran. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan: 85% guru memahami teknologi pembelajaran digital (dari sebelumnya 45%), 78% guru merasa percaya diri menggunakan AI (dari 30%), serta kenaikan minat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran digital sebesar 76%. Temuan ini menunjukkan bahwa komunitas belajar dapat menjadi strategi efektif dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang inklusif, adaptif, dan berkelanjutan. Implikasi dari program ini membuka peluang untuk replikasi di satuan pendidikan lain dengan dukungan lintas pihak, termasuk masyarakat dan orang tua.
Downloads
References
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Cahya, M. D., Priantari, I., Pamungkas, Y., Utami, N. S. A., & Hernowo, B. (2023). Improving Collaboration and Cognitive Learning Outcomes of Biology Students using PBL through Lesson Study. International Social Sciences and Humanities, 2(2), 386–393. https://doi.org/10.32528/issh.v2i2.268
Kemendikbud. (2020). Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024.
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey | Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248
Ngura, E. T., Fono, Y. M., & Woga, M. T. (2024). Pendampingan Penyusunan Kurikulum Merdeka Di PAUD Perpadu Citra Bakti. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 5(2), 535-547. https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i2.2430
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I and II) - Country Notes: Indonesia. Organisation for Economic Cooperation and Development. https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-results-volume-i-and-ii-country-notes_ed6fbcc5-en/indonesia_c2e1ae0e-en.html
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Suparyati, A., Tamrin, & Cahyono, B. T. (2024). Implementasi Metaverse untuk Optimalisasi Pembelajaran di Era Kurikulum Merdeka. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1928–1934. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3286
Wahira, Tolla, I., & Hasan. (2023). Pelatihan Strategi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Guru SMK Polewali Mandar Sulawesi Barat. Intisari: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75–80. https://doi.org/10.58227/intisari.v1i2.98
Wati, D. S. S., Aziz, A., & Fitri, A. Z. (2023). Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. Journal of Education Research, 4(3), 1021-1030. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.248
Wijaya, A., Alfarisi, S., Islam, S., & Rofiqi, A. (2024). Pelatihan Penguatan Kapasitas Guru PAUD Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka: Training to Strengthen the Capacity of Early Childhood Teachers in Implementing the Independent Curriculum. Nusantara Journal of Community Engagement and Empowerment, 2(1), 35-40. https://doi.org/10.36564/njcee.v2i1.22
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Munawir Saharuddin, Samsinur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









