Pendampingan Pembentukan Komunitas Belajar Di MTs DDI Baru-Baru Tanga, Kabupaten Pangkep

Authors

  • Munawir Saharuddin Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhamadiyah Parepare
  • Samsinur SMP Negeri 3 Pangkajene, Sulawesi Selatan

DOI:

https://doi.org/10.30872/jpmpg.v2i2.4786

Keywords:

Komunitas Belajar, Pendampingan Guru, Pengembangan Profesional Guru

Abstract

Program pendampingan dalam pembentukan komunitas belajar "Cendekia" di MTS DDI Baru-Baru Tanga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kolaborasi aktif antara guru dan siswa. Melalui serangkaian kegiatan seperti penyuluhan, pelatihan, workshop, dan pendampingan langsung, program ini berhasil mendorong partisipasi aktif siswa serta meningkatkan keterampilan pedagogik guru, khususnya dalam pemanfaatan teknologi digital dan kecerdasan buatan (AI) dalam proses pembelajaran. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan: 85% guru memahami teknologi pembelajaran digital (dari sebelumnya 45%), 78% guru merasa percaya diri menggunakan AI (dari 30%), serta kenaikan minat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran digital sebesar 76%. Temuan ini menunjukkan bahwa komunitas belajar dapat menjadi strategi efektif dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang inklusif, adaptif, dan berkelanjutan. Implikasi dari program ini membuka peluang untuk replikasi di satuan pendidikan lain dengan dukungan lintas pihak, termasuk masyarakat dan orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Cahya, M. D., Priantari, I., Pamungkas, Y., Utami, N. S. A., & Hernowo, B. (2023). Improving Collaboration and Cognitive Learning Outcomes of Biology Students using PBL through Lesson Study. International Social Sciences and Humanities, 2(2), 386–393. https://doi.org/10.32528/issh.v2i2.268

Kemendikbud. (2020). Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024.

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey | Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248

Ngura, E. T., Fono, Y. M., & Woga, M. T. (2024). Pendampingan Penyusunan Kurikulum Merdeka Di PAUD Perpadu Citra Bakti. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 5(2), 535-547. https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i2.2430

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I and II) - Country Notes: Indonesia. Organisation for Economic Cooperation and Development. https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-results-volume-i-and-ii-country-notes_ed6fbcc5-en/indonesia_c2e1ae0e-en.html

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Suparyati, A., Tamrin, & Cahyono, B. T. (2024). Implementasi Metaverse untuk Optimalisasi Pembelajaran di Era Kurikulum Merdeka. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1928–1934. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3286

Wahira, Tolla, I., & Hasan. (2023). Pelatihan Strategi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Guru SMK Polewali Mandar Sulawesi Barat. Intisari: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75–80. https://doi.org/10.58227/intisari.v1i2.98

Wati, D. S. S., Aziz, A., & Fitri, A. Z. (2023). Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. Journal of Education Research, 4(3), 1021-1030. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.248

Wijaya, A., Alfarisi, S., Islam, S., & Rofiqi, A. (2024). Pelatihan Penguatan Kapasitas Guru PAUD Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka: Training to Strengthen the Capacity of Early Childhood Teachers in Implementing the Independent Curriculum. Nusantara Journal of Community Engagement and Empowerment, 2(1), 35-40. https://doi.org/10.36564/njcee.v2i1.22

Downloads

Published

2025-12-02

How to Cite

Saharuddin, M., & Samsinur, S. (2025). Pendampingan Pembentukan Komunitas Belajar Di MTs DDI Baru-Baru Tanga, Kabupaten Pangkep. Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru, 2(2), 84–98. https://doi.org/10.30872/jpmpg.v2i2.4786

Issue

Section

Articles