Peningkatan Keterampilan Pembelajaran IPA Guru SD se-Kecamatan Long Mesangat, Kabupaten Kutai Timur
DOI:
https://doi.org/10.30872/jpmpg.v2i1.4368Keywords:
Pelatihan Guru, Pembelajaran IPA, Pengabdian MasyarakatAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pembelajaran guru Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Long Mesangat, Kabupaten Kutai Timur, dalam mengajar mata pelajaran IPA melalui eksperimen sederhana. Masalah utama yang dihadapi adalah minimnya metode pembelajaran berbasis eksperimen yang menyebabkan pembelajaran IPA cenderung teoretis dan kurang menarik. Pelatihan diikuti oleh 25 guru SD, menggunakan metode penyampaian materi teoretis, demonstrasi, dan praktik eksperimen sederhana, seperti percobaan replikasi angin, konsep katrol, rangkaian listrik seri dan paralel, perambatan bunyi, siklus air, dan pembiasan cahaya. Evaluasi melalui kuesioner dan uji tes proporsional menunjukkan bahwa 80% peserta mengalami peningkatan kemampuan yang signifikan pada taraf signifikansi 0,05. Kegiatan ini diharapkan memberikan dampak jangka panjang dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di daerah terpencil melalui pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik.
Downloads
References
Alfath, A., Azizah, F. N., & Setiabudi, D. I. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(2), 42–50. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Depdiknas. (2013). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Depdiknas.
Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Fitriawati. (2024). Pentingnya Pelatihan Kompetensi Guru dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Masa Kini. JPT : Jurnal Pendidikan Tematik, 5(3), 258-265.
Kartikasari, N., Rahman, S., & Ahyan, S. (2023). Model Project-Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Kegiatan Lesson Study. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 289-298. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1344
Kemendikbud. (2016). Permendikbud No. 22 Tahun 2016. http://peraturan.bpk.go.id/Details/224242/permendikbud-no-22-tahun-2016
Khoiri, N. (2021). Efektivitas Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Sikap Ilmiah dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(1), 72–77. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i1.8313
Kurniawan, O. F., Roshayanti, F., & Hayat, S. (2023). Pengembangan Pembelajaran Biologi Berorientasi ESD Melalui Pengolahan Sampah Untuk Meningkatkan Kemampuan Dasar Bekerja Ilmiah Siswa SMA Negeri 3 Pemalang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(4), 1349-1358. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1709
Nurfaidah, S. S., Praja, A. L., Fazriyah, N., & Mamad, A. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas VI SDN 033 Asmi Kota Bandung. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 5(2), 164-174. https://doi.org/10.36989/didaktik.v5i2.100
Panjaitan, M., Margiat, & Halidjah, S. (2015). Penggunaan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(7), 1-15. https://doi.org/10.26418/jppk.v4i7.10750
Rustaman, N. (2011). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Universitas Pendidikan Indonesia Press.
Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Prestasi Pustakarya.
Yamin, M., & Ansari, B. (2015). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Gaung Persada Press.
Zainuddin & Triyanto. (2020). Pendekatan Inovatif dalam Pembelajaran IPA. Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Riskan Qadar, Saphira Devina Widya Putri Farida, Shelly Efwinda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









