Sosialisasi Sertifikasi Halal Dalam Upaya Membangun Pemahaman Bisnis Kuliner Halal

  • Puardmi Damayanti Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman
  • Laili Komariyah Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman
  • Shelly Efwinda Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman
  • Nurdiani Afrilia Halal Corner
  • Akmal Raiky Aryaputra Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman
  • Muttaqin Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mulawarman
Keywords: Sertifikasi Halal, Pemahaman, Bisnis Kuliner Halal, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

Abstract

Tujuan kegiatan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya sertifikat halal dan memberikan wawasan dalam membangun bisnis kuliner halal bagi pelaku usaha di sekitar lingkungan kampus Universitas Mulawarman dan masyarakat umum yang berjiwa wirausaha. Metode yang digunakan meliputi beberapa langkah yaitu desain webinar, pemilihan narasumber, pengembangan materi, pelaksanaan dan evaluasi berupa kuisioner, dengan jumlah peserta 78 orang. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan sosialisasi ini bermanfaat di dalam menambah pemahaman mereka. Namun perlu ada langkah-langkah lanjutan untuk memastikan dampak berkelanjutan, seperti: tindak lanjut terhadap pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang terlibat diharapkan dapat memastikan implementasi panduan praktis Sertifikat Halal di dalam praktik bisnis mereka. Selain itu, perlu adanya upaya yang dilakukan untuk memperluas pemahaman bisnis kuliner halal kepada seluruh masyarakat, terutama konsumen Muslim di sekitar lingkungan kampus. Hal ini mencerminkan bahwa pembangunan ekosistem bisnis kuliner halal tidak hanya bergantung pada tim pengabdi, tetapi melibatkan kerjasama dari berbagai pihak, termasuk UMKM, pemerintah, lembaga sertifikasi halal, dan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahyar, M. K., & Abdullah, A. (2020). Membangun Bisnis dengan Ekosistem Halal. Jurnal Pasar Modal Dan Bisnis, 2(2), 167–182. https://doi.org/10.37194/jpmb.v2i2.46

Dinar Standard. (2021). State of the Global Islamic Economy Report 2021/22. Diakses pada tanggal 2 Januari 2024, https://www.salaamgateway.com/story/state-of-the-global-islamic-economy-report-2021-22

Efendy, D. K., Yuniardi, D., & Amanda, F. (2022). Sosialisasi Dan Pendampingan Sertifikasi Halal Menggunakan Aplikasi SiHalal Pada Pelaku UMKM Di Desa Salo Palai. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1106–1114. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/481

Hapsari, D. P., Andari, A., & Hasanah, A. N. (2017). Model Pembukuan Sederhana Bagi Usaha Mikro di Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang. Jurnal Akuntansi, 4(2), 36–47. https://doi.org/10.30656/jak.v4i2.249.

Hassan, S., Shafie, M. F., & Rahman, A. A. (2017). The impact of halal certification towards performance of food industry in Malaysia. International Journal of Economic Research, 14(17), 451-463.

Indonesia. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia No. 33 Tahun 2014, Tentang Jaminan Kehalalan Produk.

LPPOM MUI. Tentang Produk Halal. Diakses pada tanggal 3 Juni 2024, https://halalmui.org/tentang-produk-halal/.

Pambudi, B. G. (2018). Pengaruh Kesadaran Halal dan Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Produk Mie Instan (Studi Pada Pemuda Muslim Bandar Lampung), Skripsi Sarjana - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.

Prasetyo, A. D., Taufik, M., & Yahya, I. (2020). Sosialisasi Kriteria Sistem Jaminan Halal Pada Pedagang Warung Makan Sekitar Kampus Iain Surakarta. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(2), 143–148. https://doi.org/10.32699/ppkm.v7i2.893

Pratama, A., Pratiwi, H., Aprizal, Y. Z., & R. Muhammad. (2024). Pendampingan Proses Produk Halal Pada Kelompok Usaha Mikro Dalam Mendukung Halal Value Chain kota Jambi. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 4, 207–213. https://doi.org/10.37373/bemas.v4i2.746

Sari, M. K. (2020). Kesadaran Hukum Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Berkaitan Kepemilikan Sertifikat Halal Pada Produk Olahan Pangan. Novum : Jurnal Hukum, 7(1), 35–42. https://doi.org/10.2674/novum.v7i1.31103

Sulistyowati, S., & Baehaqi, B. (2022). Peran Mediasi Sikap Pada Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Persepsi Kuliner Halal (Studi Pada Mahasiswa dan Dosen Institut Islam Mamba’ul ’Ulum Surakarta). Mamba’ul ’Ulum, 18(1), 100–109. https://doi.org/10.54090/mu.60

Ulfin, I., Rahadiantino, L., Harmami, H., Ni’mah, Y. L., & Juwono, H. (2022). Sosialisasi Halal dan Pendampingan Sertifikasi Halal untuk UMKM Kelurahan Simokerto. Sewagati, 6(1), 10–17. https://doi.org/10.12962/j26139960.v6i1.14

Widada, H., & Orbayinah, S. (2019). Jajanan Halal-Thoyyib Di Kantin Boga Dan Sekitar Kampus UMY; Pemberdayaan Usaha Mikro Dan Perlindungan Konsumen. Prosiding Seminar Nasional, 1242–1252.

World Population Review, Muslim Population by Country 2024. Diakses pada tanggal 2 Januari 2024, https://worldpopulationreview.com/country-rankings/muslim-population-by-country.

Published
2024-06-13
How to Cite
Damayanti, P., Komariyah, L., Efwinda, S., Afrilia, N., Aryaputra, A. R., & Muttaqin. (2024). Sosialisasi Sertifikasi Halal Dalam Upaya Membangun Pemahaman Bisnis Kuliner Halal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru, 1(1), 17-30. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/jpmpg/article/view/3428
Section
Articles