PENGARUH PERSEPSI SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA SISWA KELAS X SMK KESEHATAN SAMARINDA

Main Article Content

Panca Wijayanti S.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar Sejarah Indonesia kelas X SMK Kesehatan Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian ex post facto dan teknik analisis regresi. Jumlah sampel penelitian adalah 99 siswa yang terdiri dari kelas X Asisten Keperawatan 1, X Asisten Keperawatan 2, X Teknologi Labotarium Medik 1, X Teknologi Labotarium Medik 2, dan X Teknik Komputer dan Jaringan. Mereka dipilih dengan menggunakan stratified proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket persepsi siswa sebagai variabel bebas pertama (X1) dan angket motivasi belajar siswa sebagai variabel bebas kedua (X2), dan hasil belajar Sejarah Indonesia sebagai variabel terikat (Y). Validasi ketiga variabel dianalisis dengan menggunakan Kolmogorov Smirnov sedangkan reliabilitas dianalisis dengan melihat skor Cronbach Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nampaknya terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar Sejarah Indonesia siswa dengan kontribusi sebesar 32,7 %, nampaknya terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar Sejarah Indonesia siswa dengan kontribusi sebesar 32,1 %, dan secara simultan persepsi siswa dan motivasi belajar siswa nampaknya terdapat pengaruh yang signifikan dengan kontribusi sebesar 39,6 %.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wijayanti S., P. (2021). PENGARUH PERSEPSI SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA SISWA KELAS X SMK KESEHATAN SAMARINDA. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 1(2), 9-20. https://doi.org/10.30872/jimpian.v1i2.849
Section
Articles