Merangkul Revolusi Digital: Peran Kepemimpinan Transformasional dalam Membangun Smart Campus

Authors

  • Mikael Emi Bernadus Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif (IFTK) Ledalero & Universitas Negeri Jakarta
  • Rugaiyah Rugaiyah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30872/jimpian.v5i2.5763

Keywords:

revolusi digital, kepemimpinan transformasional, smart campus

Abstract

Revolusi digital mengutamakan manusia sebagai sumber inovasi dan tidak dapat dipisahkan dari teknologi. Hal tersebut telah mengubah paradigma dalam kehidupan manusia, termasuk dalam dunia pendidikan tinggi. Pendidikan tinggi dituntut untuk beradaptasi dengan revolusi digital agar mampu bertahan, relevan, dan menghasilkan lulusan yang mampu bersaing secara global. Berkaitan dengan hal tersebut, konsep smart campus, hadir untuk menjawab tuntutan perubahan tersebut. Namun, diperlukan pemimpin yang inovatif dan transformatif untuk mewujudkan smart campus yang bermutu. Dengan demikian, artikel memfokuskan kajiannya pada kepemimpinan transformasional sebagai strategi kunci dalam mewujudkan smart campus di era digital. Penulisan artikel ini menggunakan Systematic Literature Review (SLR), dengan menelaah secara sistematis berbagai publikasi ilmiah yang membahas kepemimpinan transformasional di perguruan tinggi, khususnya dalam konteks pengembangan smart campus pada era revolusi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional menjadi salah satu solusi untuk mewujudkan konsep smart campus karena model kepemimpinan ini mampu membawa perubahan yang signifikan. Pemimpin transformasional mempunyai visi yang jelas, inspiratif, dan memotivasi sehingga mampu membangkitkan semangat civitas akademika dalam mewujudkan smart campus yang bermutu. Karena itu, artikel berkontribusi untuk kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia, terutama dalam pengembangan transformasi digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mikael Emi Bernadus, Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif (IFTK) Ledalero & Universitas Negeri Jakarta

Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif (IFTK) Ledalero, Maumere, Indonesia
Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia
Email: purekmichy@gmail.com

Rugaiyah Rugaiyah, Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia
Email: rugaiyah@unj.ac.id

References

Amos, V., & Papalangi, N. (2023). Identify smart campus’ features and factors which affect student satisfaction in using its services. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(3), 763–775. https://doi.org/10.24815/jr.v6i3.22462

Ausat, A. M. A., Suherlan, S., Peirisal, T., & Hirawan, Z. (2022). The effect of transformational leadership on organizational commitment and work performance. Journal of Leadership in Organizations, 4(1), 61–82. https://doi.org/10.22146/jlo.71846

Azhar, N. (2024). Transformasi digital: Peran teknologi dalam era globalisasi. IDS Digital College.

Bass, B. M. (1985). Leadership and performance beyond expectations. The Free Press A Division of Macmillan Inc. https://books.google.co.id/books/about/Leadership_and_Performance_Beyond_Expect.html?hl=id&id=NCd-QgAACAAJ&redir_esc=y

Bass, B. M., & Avolio, B. J. (1994). Improving organizational effectiveness through transformational leadership. Sage Publications. https://www.scribd.com/document/849774439/Bass-Avolio-Improving-Organizational-Effectiveness-Through-Transformational-Leadership

Daniel. (2024). Kepemimpinan transformasional: Membangun tim yang kuat dan berdaya saing. Ekonomi Manajemen.Com.

Hasnida, S. S., Ridho, A., & Siagian, N. A. (2023). Tranformasi pendidikan di era digital. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 110–116. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i1.2488

Hidayat, W., Hendayun, M., Sastrosubroto, A. S., Hidayat, R., & Haris, S. (2021). Developing smart campus readiness instrument based on Pagliaro’s smart campus model and Smart City Council’s readiness framework. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012051

Loonam, J., Eaves, S., Kumar, V., & Parry, G. (2018). Towards digital transformation: Lessons learned from traditional organizations. Strategic Change, 27(2), 83–180.

Min-Allah, N., & Alrashed, S. (2020). Smart campus—A sketch. Sustainable Cities and Society, 59, 1–15. https://doi.org/10.1016/j.scs.2020.102231

Muhaimin, H. (2023). Kepemimpinan transformatif: Berbasis kearifan lokal menjawab tantangan global (Pertama). Penerbit Adab.

Mukhtar. (2017). Metode praktis penelitian deskriptif kualitatif. GP Press Group.

Musa, M., Ismail, N., Farhan, M., & Fudzee, M. (2021). Survey on smart campus implementation in Malaysia. INTERNATIONAL JOURNAL ON INFORMATICS VISUALIZATION, 5(1), 51–56. www.joiv.org/index.php/joiv

Musfah, J. (2012). Analisis kebijakan pendidikan. Pendidikan di Era Revolusi Industri 4,0 (Pertama). Penerbit Kencana. https://books.google.co.id/books?id=ViwzEAAAQBAJ&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false

Nasution, D. N. (2023). Implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah di UPT SPF SD Negeri 101776 Sampali. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(2), 133–139. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3485104&val=30425&title=Implementasi%20Kepemimpinan%20Transformasional%20Kepala%20Sekolah%20Dalam%20Meningkatkan%20Mutu%20Sekolah%20Di%20UPT%20SPF%20SD%20Negeri%20101776%20Sampali

Polin, K., Yigitcanlar, T., Limb, M., & Washington, T. (2023). The making of smart campus: A review and conceptual framework. Buildings, 13(4). https://doi.org/10.3390/buildings13040891

Prasetyo, Y. T., Ong, A. K. S., Concepcion, G. K. F., Navata, F. M. B., Robles, R. A. V., Tomagos, I. J. T., Young, M. N., Diaz, J. F. T., Nadlifatin, R., & Redi, A. A. N. P. (2021). Determining factors affecting acceptance of e-learning platforms during the Covid-19 pandemic: Integrating extended technology acceptance model and Delone & Mclean IS success model. Sustainability (Switzerland), 13(15). https://doi.org/10.3390/su13158365

Purwanto, E. (2024). Mengenal Smart Campus: Konsep, manfaat, dan implementasinya.

Raza, S. A., Qazi, W., Khan, K. A., & Salam, J. (2021). Social isolation and acceptance of the Learning Management System (LMS) in the time of Covid-19 pandemic: An expansion of the UTAUT model. Journal of Educational Computing Research, 59(2), 183–208. https://doi.org/10.1177/0735633120960421

Rajeshwari, & Puttegowda. (2021). Modeling a functional engine for the opinion mining as a service using compounded score computation and machine learning. IJACSA) International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 12(3), 150–155. www.address.com

Rothwell, W. J., Stavros, J. M., & Sullivan, R. L. (2015). Practicing organization development. In Practicing organization development (Fourt). Wiley. https://doi.org/10.1002/9781119176626.fmatter

Royyana, A. (2020). Strategi transformasi digital pada PT. Kimia Farma (PERSERO) Tbk. Journal of Information Systems for Public Health, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jisph.34179

Sarmawa, I. W. G. (2019). Gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional serta hubungannya dengan kinerja karyawan (tinjauan teoritis dan empiris). Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 4(2), 61–67. https://doi.org/DOI:10.38043/jimb.v2i2.2335

Suwatno. (2019). Manajemen sumber daya manusia. Erlangga.

Vial, G. (2019). Understanding digital transformation: A review and a research agenda. The Journal of Strategic Information Systems, 28(2), 118–144.

Zaky, M. (2022). Analisis pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasional dan kinerja karyawan. KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen, 3(1), 2022. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jim.v3i1.25251

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan (Kedua). Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2025-12-04

How to Cite

Bernadus, M. E., & Rugaiyah, R. (2025). Merangkul Revolusi Digital: Peran Kepemimpinan Transformasional dalam Membangun Smart Campus. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 5(2), 137–146. https://doi.org/10.30872/jimpian.v5i2.5763

Issue

Section

Articles