Pengaruh Sepervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Kinerja Guru

Main Article Content

Anis Zohriah
Atang Suryana
Intan Rahman Pandidin

Abstract

Kegiatan supervisi akademik merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kinerja guru di sekolah. Supervisi dilaksanakan dalam rangka pembimbingan, pengarahan, dan pembinaan menuju peningkatan mutu pendidikan yang lebih optimal. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh supervisi akademik yang dilakukan oleh Kepala Sekolah terhadap peningkatan kinerja guru di SMP Swasta Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Adapun tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk memahami seberapa besar pengaruh supervisi akademik yang dilakukan oleh Kepala Sekolah terhadap peningkatan kinerja guru di SMP Swasta Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif menggunakan analisis korelasional dan regresi. Adapun populasi berjumlah 41 guru, 3 kepala sekolah, dan 1 orang pengawas dengan total keseluruhan berjumlah 45 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kegiatan supervisi akademik oleh kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru, dengan kontribusinya sebesar 88%. Sisanya sebesar 12 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Zohriah, A., Suryana, A., & Pandidin, I. R. (2022). Pengaruh Sepervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 15-22. https://doi.org/10.30872/jimpian.v2i1.574
Section
Articles

References

Mulyasa, E. (2006). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2017). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.
Priansa, D. J., & Setiana, S. S. (2018). Manajemen dan Supervisi Pendidikan. Pustaka Setia.
Priansa, D. J., & Somad, R. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Alfabeta.
Sagala, S. (2012). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta.
Wahyudi. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organiasi Pembelajaran. Alfabeta.