Penguatan Pendidikan Karakter dan Kesadaran Berbudaya melalui Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bertema Kearifan Lokal

Authors

  • Laurensia Claudia Pratomo Universitas Jenderal Soedirman
  • Rinny Apriliany Zakaria Universitas Jenderal Soedirman
  • Dian Isnawati Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jimpian.v5i1.5034

Keywords:

kurikulum merdeka, proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5), kearifan lokal, penguatan pendidikan karakter, kesadaran berbudaya

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan implementasi kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertema kearifan lokal melalui pertunjukan kesenian sebagai upaya penguatan pendidikan karakter dan kesadaran berbudaya peserta didik pada fase E. Kegiatan terdiri dari tahap perencanaan proyek, pelaksanaan proyek, pertunjukan kesenian, serta evaluasi dan refleksi. Dimensi yang digunakan dalam proyek ini adalah berkebinekaan global, kreatif, dan gotong royong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data melalui tahapan reduksi data yang digunakan untuk menyajikan data penelitian serta dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan.  Data yang dikumpulkan bersumber dari dokumen perencanaan kegiatan, proses observasi, serta dokumentasi digunakan sebagai dasar penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) memberikan pengalaman belajar langsung dalam mempraktikkan budaya dan tradisi lokal sehingga mampu menguatkan karakter dan kesadaran berbudaya peserta didik melalui profil pelajar Pancasila. Diharapkan penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi dampak kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terhadap perkembangan peserta didik dalam jangka waktu yang lebih lama dan juga lebih fokus pada permasalahan implementasi P5 bagi peserta didik berkebutuhan khusus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

‘Azah, N., Sholeh, M. I., Aziz, A. A., Al-Fatih, M., Pratiwi, E. Y. R., & Masruroh, L. (2024). Implementation of the Pancasila Student Profile Strengthening Project for preserving local traditions at MTsN 17 Jombang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 1069–1082. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.700

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek. (2022). Dimensi elemen dan subelemen profil pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Cahyanto, B., & Fuady, A. (2025). Pelatihan pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila pada kurikulum merdeka di kota Probolinggo. DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.46773/djce.v4i1.1734

Chiang, T.-H., & Zhou, Q. (2019). Can cultural localization protect national identity in the era of globalization? Educational Philosophy and Theory, 51(6), 541–545. https://doi.org/10.1080/00131857.2018.1442307

Haetami, H. (2024). Local wisdom-based education management: Building identity in the midst of globalization. Gestion Educativa, 1(2), 9–17. https://doi.org/10.62872/vnsx0t45

Ibrahim, F., & Sundawa, D. (2023). Instilling national values through local culture-based character education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), Article 1. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v15i1.2114

Jagielska-Burduk, A., Pszczyński, M., & Stec, P. (2021). Cultural heritage education in UNESCO cultural conventions. Sustainability, 13(6), 3548. https://doi.org/10.3390/su13063548

Jumari, J., Juliangkary, E., Pujilestari, P., & Sriartha, I. P. (2024). National identity crisis of Indonesian education in the global era. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.35723/ajie.v8i3.528

Kholidah, L. N., Winaryo, I., & Inriyani, Y. (2022). Evaluasi program kegiatan P5 kearifan lokal fase D di sekolah menengah pertama. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7569–7577. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4177

Latifah, U., Raharjo, T. J., & Yuwono, A. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kurikulum merdeka tema kearifan lokal dalam penguatan karakter peserta didik di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9.

Lenga, K. M., Pristiwati, R., & Subyantoro, S. (2024). Implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila tema kearifan lokal di SMAN 1 Ile Ape Kabupaten Lembata. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 6(1), 161–173. https://doi.org/10.26555/jg.v6i1.9189

Lestari, I. S., Adi, P. N., Saragih, S. Z., & Hubi, Z. B. (2025). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam perspektif kearifan lokal. 4(1).

Mufid, M. (2024). Penguatan budaya lokal dalam implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di MI Maulana Maghribi Bantul Yogyakarta. Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 11(2), 145–164. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v11i2.11170

Mustari, M., Sukmawati, S., & Mustaring, M. (2023). Implementasi profil pelajar Pancasila dalam pembinaan karakter di sekolah. SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya, 18(1), 179. https://doi.org/10.26858/supremasi.v18i1.45657

Nofrita, M., Nazurty, N., Fitrah, Y., Karim, M., & Hendri, M. (2023). Strengthening character education in schools through the Strengthening Pancasila Profile Project (P5). PPSDP International Journal of Education, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.59175/pijed.v2i2.130

Nurhakiki, S., & Fitriyeni, F. (2024). Perencanaan dan pelaksanaan program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema Bhinneka Tunggal Ika di SD. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 374–385. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i2.671

Prasetiyo, N. T., Sariyani, S., & Haq, M. D. (2024). Implementation of the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) in enhancing student character. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(11), 13170–13177.

Pratomo, L. C. (2022). Projek penguatan profil pelajar Pancasila sebagai upaya meningkatkan kemampuan gotong royong dan integritas kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Salingdidik, 9.

Pratomo, L. C., Isnawati, D., & Komalasari, F. P. (2025). Pengembangan modul proyek penguatan profil pelajar Pancasila pada fase F untuk meningkatkan pemahaman budaya membatik pada peserta didik. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 21(1), Article 1. https://doi.org/10.19166/pji.v21i1.8931

Putri, J. A., Arasy, A., & Nelwati, S. (2023). Indonesia challenges in maintaining national identity in the era of globalisation. Hakamain: Journal of Sharia and Law Studies, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.57255/hakamain.v2i1.318

Qulyubi, M., & Komara, E. (2024). Exploration of the Project to Strengthen the Profile of Pancasila Students in Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 16(2), Article 2. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v16i2.5540

Restu, N. K. (2022). Pendidikan berbasis budaya di era globalisasi. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(3), Article 3. https://doi.org/10.22460/collase.v5i3.10798

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar Pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://doi.org/10.29210/30032075000

Suratmi, S., Hartono, H., & Diana. (2024). Literacy character education planning to strengthen the Pancasila Student Profile through local culture in early childhood education. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.14421/jga.2024.91-13

Tim Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMA Katolik Karitas III Surabaya. (2024). Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tema kearifan lokal. SMA Katolik Karitas III Surabaya.

Tofa, Z. (2024). Implementation of the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) in the independent curriculum at Umbulsari Senior High School, Jember Regency. Proceeding of International Conference on Education and Sharia, 1, 284–293. https://doi.org/10.62097/ices.v124.51

Downloads

Published

2025-07-22

How to Cite

Pratomo, L. C., Zakaria, R. A., & Isnawati, D. (2025). Penguatan Pendidikan Karakter dan Kesadaran Berbudaya melalui Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bertema Kearifan Lokal . Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 5(1), 85–94. https://doi.org/10.30872/jimpian.v5i1.5034

Issue

Section

Articles