Kepemimpinan Digital Kepala Sekolah dalam Transformasi Literasi: Studi Inovasi “Si Pesawat Literasi (SiPeLi)” di SD Angkasa Lanud Silas Papare

Authors

  • Desy Anita Karolina Sembiring Universitas Cenderawasih
  • Abel Febriyanti Simanungkalit Universitas Cenderawasih
  • Rizky Zulfikar Ramadhan Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.30872/jimpian.v5i1.4991

Keywords:

kepemimpinan digital, literasi digital, SiPeLi, transformasi pendidikan, sekolah angkasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di era digital, mengevaluasi efektivitas program transformasi literasi berbasis teknologi digital, mengkaji implementasi inovasi "Si Pesawat Literasi (SiPeLi)", dan merumuskan model kepemimpinan digital untuk sekolah berbasis militer. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus tunggal di SD Angkasa Lanud Silas Papare. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles & Huberman. Temuan menunjukkan kepala sekolah menerapkan gaya kepemimpinan instruksional-partisipatif yang disesuaikan dengan tingkat kesiapan guru. Program transformasi literasi melalui media sosial dan inovasi SiPeLi meningkatkan partisipasi dan antusiasme siswa terhadap literasi. Penelitian menghasilkan model kepemimpinan digital terintegrasi dengan empat dimensi: Digital Leadership Competency, Collaborative Decision Making, Instructional Excellence, dan Innovation Culture. Model kepemimpinan digital terintegrasi terbukti efektif dalam mentransformasi budaya literasi di sekolah berbasis militer, dengan prestasi tingkat kabupaten dan nasional sebagai indikator keberhasilan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andari, Y., Rambe, M., & Maryadi. (2024). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Yayasan Pendidikan Jaya Penggalian Kabupaten Serdang Bedagai. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 52–59.

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Papua. (2023). Analisis hasil asesmen nasional 2023 Provinsi Papua: Evaluasi capaian literasi dan numerasi. BPMP Papua.

Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational leadership (2nd ed.). Psychology Press.

Burns, J. M. (2020). Leadership (2nd ed.). Harper & Row.

Cahyaningrum, E. N., Nabillah, V., Pradita, E., Sabila, T. A., Anjarwati, N., & Muhtarom, T. (2024). Analisis model experiential learning di SDIT Alam Nurul Islam dalam menumbuhkan karakter disiplin dan mandiri siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 112–128.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2022). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (6th ed.). SAGE Publications.

Darwis, A. A., Helmina, & Azainil. (2024). Dampak digitalisasi pendidikan terhadap kepemimpinan kepala sekolah. Journal on Education, 7(1), 4698–4706.

Devisa, M., Matin, M., & Ahmad, M. (2022). Kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi literasi digital guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 4, 417–422. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/826

Dewey, J. (2015). Experience and education. Lian Jing/Tsai Fong Books.

Dewi, Z. R., & Sunarni, S. (2024). Pemanfaatan teknologi digital dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 78–89.

Fullan, M. (2021). Leading in a culture of change (2nd ed.). Jossey-Bass.

Hallinger, P., & Chen, J. (2015). Review of research on educational leadership and management in Asia: A comparative analysis of research topics and methods, 1995-2012. Educational Management Administration & Leadership, 43(1), 5–27. https://doi.org/10.1177/1741143214535744

Hersey, P., Blanchard, K. H., & Johnson, D. E. (2013). Management of organizational behavior: Leading human resources (10th ed.). Pearson.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2024). Laporan hasil asesmen nasional 2024: Capaian kompetensi literasi dan numerasi peserta didik. Kemendikbudristek.

Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Prentice Hall.

Kusuma, A. (2022). Karakteristik kepemimpinan sekolah berbasis militer di era digital. Jurnal Pendidikan Militer, 8(1), 45–62.

Leithwood, K., Sun, J., & Schumacker, R. E. (2019). How school leadership influences student learning: A test of "the four paths model". Educational Administration Quarterly, 56(4), 570–599. https://doi.org/10.1177/0013161x19878772

Martini, E., Nugraha, A. N., & Beladona, P. A. (2022). Internalisasi karakter disiplin peserta didik melalui ekstrakurikuler polisi taruna (POLTAR). Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 3(4), 80–95. https://doi.org/10.59059/tarim.v3i4.38

Martinez, N., Sowcik, M. J., & Bunch, J. C. (2020). The impact of leadership education and co-curricular involvement on the development of socially responsible leadership outcomes in undergraduate students an exploratory study. Journal of Leadership Education, 19(3), 32–43. https://doi.org/10.12806/v19/i3/r3

Martono, W. C., Heni, & Karolin, L. A. (2024). Pelaksanaan model pembelajaran experiential learning sebagai program sekolah ramah anak di Homy School Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 156–172.

Metiadini, A., Deksino, G. R., & Marnani, C. S. (2021). Pembentukan karakter siswa SMA dalam mendukung sumber daya manusia pertahanan: Studi tentang pembentukan karakter di SMA Taruna Nusantara melalui pendidikan berbasis kurikulum khusus. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 7(2), 45–62.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.

Mutholib, A., Hanim, Z., & Azainil, A. (2021). Efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMA Negeri 1 Muara Wahau. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.30872/jimpian.v1i1.457

Northouse, P. G. (2021). Leadership: Theory and practice (9th ed.). SAGE Publications.

Praditya, R. A. (2022). Kepemimpinan transformasional, transaksional dan digital pada universitas: A mini review article. International Journal of Social, Policy and Law, 3(1), 19–23. https://doi.org/10.8888/ijospl.v3i1.95

Prayuda, R. Z. (2022). Kepemimpinan digital kepala sekolah pada era digital: A mini review article. International Journal of Social, Policy and Law, 3(1), 13–18. https://www.ijospl.org/index.php/ijospl/article/download/94/56

Richardson, W., & Mancabelli, R. (2020). Personal learning networks: Using the power of connections to transform education. Solution Tree Press.

Robinson, V. M. J., Lloyd, C. A., & Rowe, K. J. (2013). The impact of leadership on student outcomes: An analysis of the differential effects of leadership types. Dalam Leading professional practice in education (hal. 47–61). SAGE Publications Ltd.

Sembiring, D. A. K., & Aryesam, A. (2024). Principal contribution in the implementation of the Merdeka Belajar curriculum at SMK Negeri 2 Management and Business Jayapura. Improvement: Jurnal Ilmiah untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 11(2), 143–153. https://doi.org/10.21009/improvement.v11i2.48337

Sheninger, E. (2019). Digital leadership: Changing paradigms for changing times (2nd ed.). Corwin Press.

Sogalrey, F., Safitri, F., Tijow, M., Sembiring, D., & Risamasu, P. (2024). Digital literacy research in education: Trends and insights. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, 10(3), 1169–1180. https://doi.org/10.33394/jk.v10i3.12490

Suratmin, Soegeng Ysh, A. Y., & Kusumaningsih, W. (2025). Pengaruh kepemimpinan instruksional terhadap kualitas pembelajaran Sekolah Penggerak SMA Negeri Kota Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 6(3), 2322–2328. https://doi.org/10.38035/jmpis.v6i3.4701

Tijow, M., Sembiring, D., Aryesam, A., & Risamasu, P. (2022). Edukasi gerakan literasi sekolah menuju program merdeka belajar. Abdimas Galuh, 4(2), 1006–1015. http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.7989

Yustinus, Y. (2023). Strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan berbasis kurikulum merdeka. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 3(SE), 11–24. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3iSE.2902

Downloads

Published

2025-07-22

How to Cite

Sembiring, D. A. K., Simanungkalit, A. F., & Ramadhan, R. Z. (2025). Kepemimpinan Digital Kepala Sekolah dalam Transformasi Literasi: Studi Inovasi “Si Pesawat Literasi (SiPeLi)” di SD Angkasa Lanud Silas Papare. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 5(1), 75–84. https://doi.org/10.30872/jimpian.v5i1.4991

Issue

Section

Articles