Perencanaan Kepemimpinan Pendidikan Nonformal dalam Penguatan Karakter tentang Etika dan Moralitas Masyarakat Kutai Kartanegara

Authors

  • Zaenab Hanim Universitas Mulawarman
  • Sumitro Sumitro Universitas Mulawarman
  • Yudo Dwiyono Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jimpian.v5i1.4795

Keywords:

pendidikan nonformal, kepemimpinan, penguatan karakter, etika dan moralitas masyarakat, Kutai Kartanegara

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kepemimpinan pendidikan nonformal dalam penguatan karakter tentang etika dan moralitas masyarakat di wilayah Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi untuk menggali makna mendalam dari pengalaman subjek. Data dikumpulkan melalui tiga teknik utama, yaitu observasi langsung, wawancara mendalam dan studi dokumen. Temuan dari penelitian mengungkapkan bahwa, pertama, perencanaan kepemimpinan pendidikan nonformal di Kutai Kartanegara melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk mengidentifikasi kebutuhan peserta didik, penyusunan kurikulum berbasis karakter, dan evaluasi berkala. Kedua, pelaksanaan program dilakukan melalui sosialisasi, pelatihan, lokakarya dan keterlibatan komunitas lokal yang bertujuan untuk memastikan keselarasan program dengan nilai moral dan budaya setempat. Ketiga, pengawasan pendidikan nonformal dilaksanakan sesuai dengan kebijakan dan regulasi yang telah ditetapkan, dengan meningkatkan kompetensi pengawas, mengoptimalkan sumber daya, serta menjalin kolaborasi antara lembaga pendidikan, pemerintah dan masyarakat. Evaluasi program dilakukan secara berkala untuk menilai efektivitas dan memberikan rekomendasi perbaikan dimasa mendatang. Temuan penelitian ini menegaskan pendidikan nonformal memiliki peran penting dalam memperkuat karakter masyarakat serta mempersiapkan generasi yang lebih beretika dan bermoral di tengah tantangan globalisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Zaenab Hanim, Universitas Mulawarman

Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
Email: zaenab.hanim@fkip.unmul.ac.id

Sumitro Sumitro, Universitas Mulawarman

Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
Email: mitro1312@gmail.com

Yudo Dwiyono, Universitas Mulawarman

Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
Email: yudodwiyono@gmail.com

References

Batlle, I. C. (2019). Non-formal education, personhood and the corrosive power of neoliberalism. Cambridge Journal of Education, 49(4), 417–434. https://doi.org/10.1080/0305764X.2018.1552658

Benawa, A., Lusia, E., Alwino, A., Irawan, I., & Witono, P. H. (2023). The effect of Pancasila education, civic education, and religion education on value education for the students during COVID 19 pandemic. E3S Web of Conferences, 388. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202338804008

Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250

Hanim, Z., Anita, A., Gede Mulawarman, W., & Sudadi, S. (2023). The interaction of the effect of principal’s leadership and educational financing on junior high school teachers’ performance. Jurnal Basicedu, 7(1), 975–983. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4774

Ismail Lukman, Sukapti, Sanjaya, A., & Wijaya, A. O. (2022). Pendidikan nonformal sebagai solusi pemecahan masalah sosial di Gang Rawa Jaya 1 Kota Samarinda. International Journal of Community Service Learning, 6(3), 286–292. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i3.50187

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage Publications.

Nasution, W. N. (2015). Kepemimpinan pendidikan di sekolah. Journal Tarbiyah, 22(1).

Nurrisa, F., Hermina, D., & Norlaila. (2025). Pendekatan kualitatif dalam penelitian: Strategi, tahapan, dan analisis data. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 2(3), 793–800. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/article/download/581/546/1655

Pamungkas, A. H. (2023). Problems, challenges, dynamics and supervision innovation on nonformal education in Indonesia. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11, 1–12. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v11i2

Pamuji, S. (2024). Urgensi pendidikan karakter dalam mengatasi krisis moral. https://doi.org/https://doi.org/10.62872/08pbgk95

Silverman, D. (2020). Qualitative research. SAGE Publications.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Hanim, Z., Sumitro, S., & Dwiyono, Y. (2025). Perencanaan Kepemimpinan Pendidikan Nonformal dalam Penguatan Karakter tentang Etika dan Moralitas Masyarakat Kutai Kartanegara. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 5(1), 29–36. https://doi.org/10.30872/jimpian.v5i1.4795

Issue

Section

Articles