Efektivitas Kebijakan Link and Match dalam Pendidikan Vokasi: Menakar Kesiapan Lulusan Memasuki Dunia Kerja

Authors

  • Mercylia Ningrum Akademi Bisnis Martha Tilaar

DOI:

https://doi.org/10.30872/jimpian.v5i1.4729

Keywords:

pendidikan vokasi, kebijakan link and match, kesiapan kerja, kolaborasi industri, kurikulum adaptif

Abstract

Pelatihan vokasional berperan strategis dalam menyiapkan SDM kompeten dan siap kerja. Untuk menjawab kesenjangan antara kompetensi lulusan dan kebutuhan industri, pemerintah menerapkan kebijakan Link and Match melalui kurikulum berbasis industri, magang, sertifikasi, dan kolaborasi dengan DUDI. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif berbasis studi literatur dan analisis kebijakan. Hasil menunjukkan bahwa meski kebijakan telah diterapkan luas, tingkat pengangguran lulusan SMK masih tinggi, mencerminkan ketidaksesuaian kompetensi. Kendala utama meliputi kurikulum yang belum adaptif, minimnya partisipasi industri, dan disparitas mutu antar wilayah. Namun, praktik baik seperti Teaching Factory dan magang proyek nyata menunjukkan potensi kebijakan ini. Diperlukan kemitraan strategis, peningkatan kompetensi guru, dan kurikulum yang dinamis untuk mengoptimalkan Link and Match dalam meningkatkan daya saing lulusan vokasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mercylia Ningrum, Akademi Bisnis Martha Tilaar

Akademi Bisnis Martha Tilaar, Jakarta, Indonesia
Email: mercylianingrum.mn@gmail.com

References

ADB. (2021). Technical and vocational education and training in Southeast Asia. Asian Development Bank. https://www.adb.org/publications/technical-vocational-education-training-southeast-asia

Badan Pusat Statistik. (2023). Tingkat pengangguran terbuka menurut pendidikan. https://www.bps.go.id/indicator/6/1276/1/tingkat-pengangguran-terbuka-menurut-pendidikan.html

Bappenas. (2021). Rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020–2024. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas. https://perencanaan.bappenas.go.id/

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Darmawan, H. (2020). Evaluasi kurikulum SMK dalam perspektif kebutuhan dunia industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 26(1), 34–47.

Dunn, W. N. (2018). Public policy analysis: An integrated approach (6th ed.). Routledge.

Hadiyanto, & Yustika, F. (2021). Analisis kesiapan kerja lulusan pendidikan vokasi. Jurnal Ilmiah Vokasi Indonesia, 5(2), 112–123.

International Labour Organization (ILO). (2020). Skills for employment and productivity. https://www.ilo.org/skills/

Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. (2023). Laporan tahunan ketenagakerjaan. https://kemnaker.go.id/

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). (2022). Panduan implementasi Link and Match 8+i dalam pendidikan vokasi. https://vokasi.kemdikbud.go.id/

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). (2023). Laporan evaluasi SMK Pusat Keunggulan. https://vokasi.kemdikbud.go.id/

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin). (2022). Laporan kinerja Politeknik Industri Kemenperin. https://kemenperin.go.id/

Krippendorff, K. (2013). Content analysis: An introduction to its methodology (3rd ed.). SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). (2021a). Future of education and skills: OECD education 2030. https://www.oecd.org/education/2030-project/

Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). (2021b). Skills for jobs database. https://www.oecd.org/skills/skills-for-jobs/

Politeknik Negeri Batam (Polibatam). (2022). Laporan magang industri Polibatam. https://www.polibatam.ac.id/

Simamora, D. A., & Samosir, R. T. (2021). Evaluasi implementasi program Link and Match di SMK Pusat Keunggulan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 26(1), 34–46.

Suhartono, A. (2022). Kesiapan lulusan SMK terhadap dunia kerja dalam perspektif Link and Match. Jurnal Pendidikan Vokasi Indonesia, 10(2), 115–127.

World Bank. (2021). Developing skills for employability in Indonesia. https://www.worldbank.org/en/country/indonesia/publication/developing-skills-for-employability-in-indonesia

Downloads

Published

2025-06-18

How to Cite

Ningrum, M. (2025). Efektivitas Kebijakan Link and Match dalam Pendidikan Vokasi: Menakar Kesiapan Lulusan Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 5(1), 51–58. https://doi.org/10.30872/jimpian.v5i1.4729

Issue

Section

Articles